PJ WALIKOTA BIMA UNDUR DIRI ??.. INI BAKAL PENGGANTINYA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PJ WALIKOTA BIMA UNDUR DIRI ??.. INI BAKAL PENGGANTINYA

Sabtu, 04 Mei 2024

 



Kota Bima. Londa Post.- Simpang siur informasi dan Teka-teki Publik terhadap Ke-ikutsertaan Pj Walikota Bima Ir.H.M.Rum untuk mengikuti Calon Walikota Bima Pilkada serentak Nopember 2024 mendatang, akhirnya terjawab sudah.

Dikutip-Jurnalntb jumat 3 mei 2024 kemarin, H.Mohammad Rum dengan tegas siap bertarung di Pilkada Kota Bima Nopember 2024 mendatang. Hal ini dengan sejumlah pertimbangan disamping akan memasuki usia purna tugas sebagai ASN tahun 2026, juga keinginan masyarakat dan keluarganya untuk tampil merebut kursi EA1daerah ini.

Ketegasan H.Rum tampil sebagai Calon Walikota dibuktikan dirinya sudah melakukan komonikasi elok dengan berbagai Parpol yang bakal mengusung sambil melihat perkembangan barometer survei guna memperkuat tekadnya mengajukan surat pengunduran diri dari Pj Walikota Bima ke Mendagri RI sekaligus mundur dari ASN (baca jurnal ntb 3 mei 2024).

Lantas siapa yang akan mengganti Pj Walikota Bima Ir.H.M.Rum menduduki sementara kursi EA1 daerah ini selama kurang lebih 1 (satu) tahun kedepan ?..

Sesuai surat yang diusulkan Gubernur NTB Zulkieflimansyah ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri)  melalui surat No.120/424/Pem dan OTDA/2023 tanggal 7 Agustus 2023, Gubernur Zulkieflimansyah telah mengajukan masing-masing tiga nama calon Penjabat Bupati Lotim dan Penjabat Wali Kota Bima.

Untuk calon Penjabat Wali Kota Bima saat itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah juga mengusulkan tiga nama. Antara lain: 1. Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti 2. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Muslim 3. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB, Mohammad Rum.

Sedangkan tiga nama calon Penjabat Wali Kota Bima yang diusulkan DPRD Kota Bima, yaitu: 1. Pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Edy Suharmanto 2. Kepala Dinas PUPR NTB, Mohammad Rum. 3. Sekda Kota Bima, Drs. Muhtar Landa.

Ditilik dari pengambilan keputusan kemendagri Ri yang menunjuk Pj Walikota Ir.H.Mohammad Rum, yang merupakan 3 nama usulan DPRD Kota Bima, maka besar kemungkinan juga Kemendagri akan menarik 1(satu) nama yang tersisa sebagai Pengganti Pj Walikota Bima H.M.Rum yang mengundurkan diri dan juga nama Edy Suharmanto sudah ditunjuk Mendagri menjadi Pj Bupati Bombana yang tersisa yaitu: Drs.H.Muhtar Landa yang saat ini menjabat sebagai Sekda Kota Bima, bakal menggantikan HM.Rum.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi NTB Ir. Lalu Hamdi, M.Si. selaku pejabat berwenang dalam memberikan informasi publik khusus penempatan Penjabat kepala Daerah dijajaran Pemprov NTB dikonfirmasi Londa Post sekitar pukul 08,25 tanggal 4 Mei 2024 Sabtu pagi tadi mengatakan. Pihaknya belum menerima surat pengunduran diri Pj Walikota Bima perihal keikut sertaanya sebagai calon Pilkada kota Bima tahun 2024 ini.

" Kami dari pihak Pemprov NTB belum terima surat pengunduran diri Pj Walikota Bima. Karena belum ada petunjuk lebih lanjut dari pusat terkait mekanisme pergantian pj yang mengundurkan diri, maka pihak pemprof tetap mengacu pada Permendagri no.4 tahun 2023 yaitu pengusulan kembali sejumlah nama ke-mendagri."ucapnya.

Namun demikian, pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari pusat apakah pusat meminta nama-nama calon pj walikota Bima pengganti antar waktu, sebagaimana mekanisme aturan yang telah ada ke pemprov atau ditunjuk nama yang tersisa yang diusulkan terdahulu, yang pasti dengan tersisa waktu yang masih lama kurang lebih satu tahun kedepan." Jabatan Pj Walikota Bima pengganti antar waktu masih berjalan hingga pebruari-maret 2025, tentunya harus digelar pelantikan." Jelas Ka.Biro. (jev londa).