KM. VISION GLOBAL TENGGELAM, SEJUMLAH KRU SELAMAT SAMPAI DI PELABUHAN BIMA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

KM. VISION GLOBAL TENGGELAM, SEJUMLAH KRU SELAMAT SAMPAI DI PELABUHAN BIMA

Kamis, 21 Desember 2023

 


Bima-NTB Londa Post.- Kru Kapal KM Vison Global yang tenggelam di perairan dengan posisi sekitar 25 mil selatan Pulau Karamian Kabupaten Sumenep Jatim di posisi 07-28.38 S / 115-44.73 E, dengan kondisi cuaca arah angin dari barat, tinggi gelombang 4 sampai 5 meter dengan arah arus dari timur laut ke barat daya.


Berdasarkan keterangan dari Mulaim III Kapal KM. VISION GLOBAL sdr. CROSS VIETORY SIRIDAENG bahwa Kapal KM. VISION GLOBAL star dari Pelabuhan Tuban menuju Pelabuhan Maumere bermuatan Semen namun ditengah perjalanan pada hari Senen tgl 18 Desember 2023,sekitar pkl. 23.30 Wib Kapal mengalami gangguan teknis sehingga tenggelam.


Adapun Stackholder Pelabuhan Bima dan instansi lain yang menunggu kedatangan Korban selamat Kapal tenggelam KM. VISION GLOBAL untuk di evakuasi yang di muat oleh Kapal KM. NIKI MILA UTAMA antara lain : Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Bima, bersama Personil, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Bima (KSOP), General Manager PT PELINDO Bima, Kepala Cabang PT PELNI Bima, Polairud Polres Bima Kota, Basarnas Bima, Kepala Kantor beserta Tim Kesehatan Pelabuhan Wilker Bima, Kepala Stasion Radio Operasional Pantai (SROP) Bima dan Angkatan Laut Pos Bima.


Kronologis Kejadian berdasarkan Keterangan dari Nahkoda Kapal KM. NIKI MILA UTAMA atas nama RIJAL NURFARDIANSYAH, bahwa Kapal KM. VISION GLOBAL tenggelam di posisi sekitar 25 mil selatan pulau Sepanjang di posisi 07-28.38 S / 115-44.73 E, dengan kondisi cuaca arah angin dari barat, tinggi gelombang 4 sampai 5 meter dengan arah arus dari timur laut ke barat daya.


Pada saat itu bertepatan dengan Kapal KM. NIKI MILA UTAMA yang melintas dari arah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya  menuju Pelabuhan Bima melihat ada sinyal Minta tolong/ bantuan sehingga Kapal KM. NIKI MILA menuju ke arah sinyal tersebut proses pencarian dimulai tgl 19 Desember 2023, pukul 21.50 Wib dan Life raft di temukan pukul 22.51 wib.


 Melihat ada beberapa crew yang terombang ambing dilautan kemudian langsung menyelamatkan para crew kapal KM. VISION GLOBAL sebanyak 13 orang setelah itu melanjutkan untuk melakukan pencaharian terhadap sisa crew Kapal KM.  VISION GLOBAL yang tenggelam tersebut sebanyak 8 orang namun hingga tgl 20 Desember 2023 Pkl. 07.00 Wib Kapal KM. NIKI MILA UTAMA tidak menemukan sisa 8 orang crew Kapal KM. VISION GLOBAL kemudian seluruh crew Kapal KM.  NIKI MILA UTAMA bersama Crew Kapal KM.  VISION GLOBAL yang selamat bersepakat untuk melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Bima.


Adapun korban Crew Kapal KM. VISION GLOBAL yang tenggelam yang sempat di selamatkan oleh Kapal KM. NIKI MILA UTAMA sebanyak 13 orang antara lain :  CROSS VIETORY SIRIDAENG, ANESIA DERMAWAN EKA, ALFIAN YUSUF, MUHAMAD SOLIHAN, MARCELO CHRISTIAN MANUEL, M. FAJAR EKUARDI, HOLILAROHMAN, BINTANG FAJAR, TEGAR WICAKSONO, WISNU ARDI WARDANA, HASAN IBRAHIM, AHMAD JUHAIRI SEPTIAN, MUHAMAD TAUFIK.


Sementara untuk korban yang belum ditemukan masih ada 8 orang antara lain : MUSNAWIH (KAPTEN KAPAL), MUSLIADIN (CO), WIRA (SECAND), HARYONO (KKM), SUGENG (BAS 2), FAISAL (KOKI), YODI APRIADI (KADET DEK), DELVI (OPERATOR GENSET).


Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Bima, IPTU I Made Dwi Putrayasa, SH menyatakan bahwa seluruh kru yang selamat tersebut sebagian besar cukup baik walaupun ada beberapa yang merasa lemas karena kelelahan perjalan jauh, ungkapnya.


General Manager Pelindo Bima, Andry Wijaya Tamonob menyampaikan bahwa “seluruh awak kapal yang selamat tersebut di bawa oleh Tim Basarnas Bima dan Ambulance Kesehatan Pelabuhan Bima menuju Hotel LILA GRAHA Bima untuk istrhat guna menunggu kedatangan dari Owner Kapal KM. VISION GLOBAL yang rencana akan datang hari Kamis tgl 21 Desember 2023” Imbuhnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Kepala KSOP Kelas IV Pelabuhan Bima, M. Junaidi J, SE., MM “proses evakuasi korban selamat berjalan lancar dan aman dan semoga kabar baik juga datang dari kru yang belum di temukan." (Jev londa).