PULUHAN JANJI PJ WALIKOTA BIMA MENGGANTUNG DI LANGIT, SATUPUN BELUM ADA YANG TURUN KE BUMI

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PULUHAN JANJI PJ WALIKOTA BIMA MENGGANTUNG DI LANGIT, SATUPUN BELUM ADA YANG TURUN KE BUMI

Selasa, 30 April 2024

          Pj.Walikota Bima NTB, Ir.HM.Rum

Kota Bima. Londa Post.- Itulah kiasan disampaikan sejumlah Tokoh Bima dari apa yang di-ikrarkan Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum (HM.RUM) diberbagai kesempatan dan dipublikasi sejumlah media Lokal maupun regional Propinsi NTB ini. Puluhan janji sudah dipaparkan untuk kemaslahatan Rakyat dan kemajuan Kota Bima, namun satupun belum dapat di wujudkan.

SIMAK SEDERET PAPARAN JANJI HM.RUM dirangkum "Media Londa Post" sejak pelantikanya selaku Pj Walikota Bima 26 September 2023 atau 6 (enam bulan) masa kepemimpinanya. Dan komentar sejumlah Tokoh Bima " JANJI YANG BISA DITERIMA LOGIKA MASYARAKAT NAMUN SATUPUN BELUM DIWUJUDKAN.

(1).- Satu jam usai pelantikan di tanggal 26 September 2023, HM.Rum bertemu secara ekslusif di studio Tribunlombok memaparkan program awalnya untuk 3 bulan dengan dana APBD Perubahan Kota Bima 2023, ingin membangun Galangan Kapal di pelabuhan bima dan mewujudkan Kota Bima yang bersih dengan menata kebersihan di pojok-pojok kota dan perbaikan drainase yang se-irama dengan JARGONYA " KOTA BIMA GEMILANG." ??? Ini belum terwujud.

(2). iNewsLombok.id (9/10-2023)- memberitakan Pj Walikota Bima Tuntaskan krisis air bersih melalui, kerjasama dengan Negara Korea untuk pemanfaatan teknologi penyulingan air laut. "Berdasarkan rekom dari Pj Gubernur, kami akan membantu membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Air Minum di bawah Dinas PUPR," ucap Rum. ???? Item Pembangunan Kantor UPTD air bersih dan jaringan perpipaan hingga saat ini belum diwujudkan, lagipula infrastruktur dn aset operasional air bersih di kota bima saat ini masih milik PDAM Kabupaten Bima.

(3). Pj. Walikota Bima berjanji akan Membangun Jogging Track And Sea Viewing Deck  di Taman Wisata Amahami. Program ini menggarap destinasi pariwisata sebagai salah satu pemasukan daerah yang menjanjikan. Juga akan menghadirkan industrialisasi bawang goreng di Kota Bima. 
Tapi apa yang terjadi ???, tidak terwujud di APBDP 2023.

(4). Pj Walikota Bima berjanji Ganti rugi bangunan masyarakat di bantaran sungai Padolo Kota Bima tahun 2023. Ini belum mampu direalisasikan Pemkot Bima hingga tahun 2024. Akhirnya saat ini, seluruh warga yang bermukim dikawasan sepanjang Sungai Padolo Kota Bima merasa kecewa. Dikutip Pemberitaan (Media Online Obor Bima 5 Des 2023).

(5). Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum, memimpin Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Camat dan Lurah se-Kota Bima di Aula Kantor Wali Kota Bima, Kamis, 23 November 2023. " Kita siapkan reward hadiah umroh gratis bagi kelurahan dengan kategori kelurahan bersih dan kelurahan yang terjaga keamananya, dan setiap kebaikan yang dilakukan maka Allah akan berikan kebaikan dan kemudahan bagi umatnya." Demikian Kutipan LONDA POST Statemen Pj walikota Bima. Hingga saat ini Janji tersebut belum terwujud.

(6). Pj Wali Kota Bima, H. M. Rum, Senin, 27 November 2023, menandatangani MoU Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). MoU itu berisi Komitmen Pemanfaatan Bank Sampah Induk (BSI) dan Optimalisasi Program Pengurangan Sampah di Kota Bima. Penandatanganan MoU difasiltasi Anggota Komisi IV DPRI, DR HM Syafrudin ST.,MM. Ini juga belum terwujud di tahun 2024 ini.

(7) Diawal-awal kehadirannya, Pj Walikota Bima HM.Rum, gencar Program sholat subuh berjamaah dengan harapan “Reformasi Mental” yang bernuansa Agamais dalam menerapkan pola kepemimpinannya. Namun apa yang terjadi diawal Triwulan ke-II kepemimpinannya ?..Untuk Safari Ramadhan 2024 baru lalu, bisa dihitung jari Pj Walikota Bima hanya menyentuh beberapa kelurahan di 5 Kecamatan untuk SAFARI RAMADHAN Keliling. Apalagi Solat subuh berjamaah. Semua ini menjadi tanda tanya besar rakyat daerah ini komitmen Reformasi mental bernuansa agama HM.Rum ini sudah tidak terlihat lagi di mata publik.

Ketua Komisi 1 DPRD Kota Bima, Taufik H.Abd.Karim,SH kepada Londa Post mengatakan; Pihaknya membenarkan belum satupun rencana program pj walikota Bima terwujud selama 6 bulan menjabat. " Saya justru mempertanyakan sederet rencana program kerja Pj walikota bima belum tuntas satupun diluar Program prioritas Pemerintah pusat, jikapun sudah direncanakan pada APBDP 2023, tentu diawal tahun 2024 ini sudah harus ada yang terrealisasi." Ucapnya.

Menurut Taufik, pihaknya tidak masuk dalam tim panggar legislatif."  walau Ketua Komisi bidang Anggaran, saya kurang begitu mengetahui apakah Eksekutif mengusulkan program kerja APBDP 2023 pada Panggar legislatif atau tidak, agar bisa dibahas oleh Tim panggar, dan tidak bisa pihak eksekutif merencanakan sendiri apalagi merubah Postur APBDP yang sudah di ketok dewan, kecuali di-usulkan eksekutif dan disepakati bersama melalui Panggar dewan." Ucap Taufik.

Sekedar Info Publik. Sehebatnya seorang Pemimpin, adalah yang mampu menjaga kewibawaan dan martabatnya. Maka sosok pemimpin harus berkata jujur apa adanya pada rakyat yang dipimpinya, konsistensi menjaga amanah dan melayani masyarakat. Salah satunya dengan mewujudkan janji-janji yang diikrarkan dihadapan rakyatnya. Jika Tidak ????..Maka tidak ada harapan bisa MENDAPAT SIMPATI RAKYAT. (Jev Londa).