PJ WALIKOTA BIMA SERING KELUAR DAERAH KARENA RANGKAP JABATAN, MINTA MENDAGRI GANTI TAK FOKUS URUS RAKYAT

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PJ WALIKOTA BIMA SERING KELUAR DAERAH KARENA RANGKAP JABATAN, MINTA MENDAGRI GANTI TAK FOKUS URUS RAKYAT

Senin, 29 April 2024

 


Kota Bima. Londa Post- Online.- Sulit diterima logika umum, seorang Pj Kepala daerah bisa fokus urus rakyat jika dipundaknya ada 2 (dua) jabatan yang di-emban. Di satu sisi devinitif Pimpinan Organisasi Perangkat daerah, di lain tempat sebagai Penjabat (pj) kepala daerah. Itulah kondisi rill bagi sosok H.Mohammad Rum Pj Walikota Bima saat ini yang juga Kadis PUPR Propinsi NTB. Sementara Tugas sehari-hari pengendali Dinas PUPR Prop NTB saat ini dijabat Pelaksana harian (Plh).

Seperti diberitakan MEDIA LONDA POST sebelumnya membuka Tabir Misteri apa dibalik ketidakhadiran Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum,MT disetiap Upacara Hari-hari besar Nasional dan HUT NTB dijajaran Pemkot Bima ini.

Pasalnya; Selama Pelantikan dan serah terima pucuk pimpinan pengendali Roda Pemerintahan Kota Bima tanggal 26 September 2023 lalu, selalu saja berada diluar daerah disaat hari-hari penting yang sangat dibutuhkan jajaranya untuk memimpin Upacara di Halaman kantor Walikota Bima.

Berikut deretan hari-hari besar Nasional yang satu kalipun tidak pernah dihadiri Ir.HM.Rum selaku Pj Walikota Bima diakibatkan tengah berada diluar daerah YANG KONON serangkaian tugas dinasnya. Sungguh ini mengundang teka-teki publik Misteri apa gerangan Betapa PJ WALIKOTA BIMA SELALU TEPAT JADWAL SELAMA INI TUGAS LUAR DAERAH DISAAT HARI-HARI PENTING.

Rangkuman Catatan Media Londa Post ketidak hadiran Pj walikota Bima disaat hari besar nasional diantaranya; HUT Sumpah Pemuda 28 oktober 2023, pj walikota Bima ada diluar daerah dan yang memimpin upacara diwakilkan asisten 1. Demikian juga Hari pahlawan 10 nopember 2023 dan HUT PGRI 25 Nopember 2023 diwakilkan Sekda selaku inspektur upacara. Dan Rabu 29 Nopembet 2023, HUT korpri sama sekali tidak dilaksanakan dikarenakan Pj Walikota Bima sedang berada diluar daerah.

Lagi dan lagi-lagi di tanggal 17 Desember 2023 HUT NTB tidak dihadiri Pj Walikota Bima. Upacara HUT NTB dihalaman Pemkot Bima Minggu jam 08.00 pagi, upacara dipimpin oleh Asisten 1 Drs. H.Alwi Yasin,M,si dan berjalan Hikmat dan lancar kendali tidak begitu banyak Pegawai yang hadir. Jadi ada 5 kali hari-hari penting selama keberadaan Pj Walikota Bima, tidak satupun dihadiri Pj Walikota Bima.

Tadi pagi Senin 29 april 2024, saat ada Aksi elemen Mahasiswa dihalaman kantor Pemkot Bima meminta respon dan langkah Pj Walikota Bima terhadap anjloknya harga jagung petani daerah ini, justru Asisten 1 Setda Kota Bima yang menghadapi elemen masyarakat yang berharap bertemu Pj Walikota Bima. " Pak Pj pesawat pagi tadi menuju Jakarta karena ada tugas Penting." Jelas Asisten 1 Drs.H.Alwi Yasin,M.Si dikonfrontir Londa Post Via Hp 29 April Senin sore tadi.

Salah seorang Praktisi Hukum Bima Casman,SH kepada Londa Post mengatakan; Pihaknya tidak heran selama ini H.M.Rum Pj Walikota Bima sering keluar daerah dikarenakan Rangkap jabatan." Yah beliau H.Rum saat ini masih menduduki jabatan Kadis Devinitif pada Dinas PUPR Pemprof NTB, sementara Dinas PUPR Prov NTB dijabat sementara Plh, tentu saja tidak bisa fokus urus daerah apalagi ada waktu luang turun ditengah masyarakat." Ucapnya.

Menurut dia, 2 (dua) kali evaluasi Kinerja Pj Walikota Bima Triwulan 1 dan ke II oleh Irjen kemendagri RI, selalu saja nilai rendah alias tidak memuaskan tim evaluator kinerja pj Walikota Bima dibuktikan ada 11 catatan koreksi jadi PR untuk ditingkatkan kinerja Pj Walikota Bima pada evaluasi Triwulan 1 dan ada 4 item penting Catatan serius tim evaluator kemendagri di Triwulan ke II yaitu Penanganan Stunting, kemiskinan ekstrim, reformasi birokrasi dan Penanganan Inflasi daerah.

" Saya dan kami di daerah minta pada Kemendagri RI agar, Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum segera ditarik saja menduduki jabatan Devinitifnya selaku kadis PUPR Prov NTB, apalagi tersiar info terkini Pak Pj H.M.Rum ini dikabarkan akan mengikuti Peserta Cawali di Pilkada Kota Bima Nop 2024 mendatang, tentunya Fokus kendalikan Roda Pemerintah menjadi terganggu dan dinilai tidak independen." Ucap Kasman via Hp Londa Post 29 april 2024 senin pagi tadi.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi NTB Ir. Lalu Hamdi, M.Si. selaku pejabat berwenang dalam memberikan informasi publik penempatan Penjabat kepala Daerah dijajaran Pemprov NTB dikonfirmasi Londa Post 29 April 2024 Selasa Sore tadi mengatakan. Pihaknya mengakui Posisi Pimpinan sementara Dinas PUPR Pemprov NTB dijabat Plh. " Ya, ada tugas yg tercantum dlm SKnya, boleh menghendele tugas rutin, namun tidak boleh ambil keputusan strategis dan masa berlaku 3 bulan Plh dapat diperpanjang. " jelas Karo Tatapem NTB.

SEKEDAR INFO PUBLIK.
Tugas Pelaksana Harian, atau istilah Plh dalam administrasi negara adalah pejabat yang menempati jabatan yang bersifat sementara dikarenakan pejabat yang menempati jabatan sebelumnya berhalangan, sehingga tidak dapat menjalankan tugas dari posisi jabatannya. Ini sejalan dengan Pasal 14 ayat (2) huruf a UU 30/2014, yang menyatakan Plh adalah pejabat yang melaksanakan tugas rutin dari pejabat definitif yang berhalangan sementara. Disinilah Posisi Pj.Walikota Bima. HM.Rum rangkap Jabatan dan jangan heran sering keluar daerah. Tugas Pemerintahan, Pembangunan, dan Kemasyarakatan tidak bisa Fokus.  (Jev londa).