KINERJA PJ WALIKOTA BIMA HARI INI DIEVALUASI MENDAGRI, AKANKAH DINILAI RENDAH SEPERTI EVALUASI TRIWULAN PERTAMA ?

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

KINERJA PJ WALIKOTA BIMA HARI INI DIEVALUASI MENDAGRI, AKANKAH DINILAI RENDAH SEPERTI EVALUASI TRIWULAN PERTAMA ?

Rabu, 24 April 2024

 


KOTA BIMA NTB, LONDA POST,COOM – Banyak kegiatan-kegiatan di jajaran Pemkot Bima pekan ini yang harus di-pimpin Sekda Kota Bima H.Muhtar Landa,MH dikarenakan Pj Walikota Bima H.M.Rum sedang Fokus menghadapi persiapan Evaluasi kinerjanya selaku Penjabat Walikota Bima oleh Tim Irjen Kemendagri RI. 


Kegiatan Penting yang dipimpin Sekda Pantauan Media LONDA POST di Pemkot Bima Pekan ini diantaranya: Rapat Koordinasi Pemantapan Persiapan Pawai Rimpu Mantika Kota Bima Tahun 2024 Sebagai Rangkaian Kalender Event Nasional 19 April 2024, Vicon Rapat Pengendalian Inflasi bersama Kemendagri RI Senin, 22 April 2024 dipimpin Sekda, Guidelines Pawai Festival Rimpu Mantika Tahun 2024 tgl 23 April 2024 dipimpin Sekda hingga Asisten I Buka Seminar Membangun Ekosistem Industri Halal di Kota Bima tanggal 18 April 2024.


Fakta ini dikarenakan hasil evaluasi Penilaian Tim Irjen Kemendari terhadap Kinerja Pj Walikota Bima pada Triwulan ke- 1 (pertama) Januari 2024 baru lalu dikabarkan rendah dibawah standar, karena ada 11 item dari 10 indikator utama dan 106 indikator tambahan penilaian mendapat catatan khusus Tim, yang harus dijawab dan dituntaskan oleh Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum pada Triwulan ke-II sekarang ini.


Diberitakan Media Londa Post sebelumnya, seluruh Penjabat (pj) kepala Daerah yang di-evaluasi kemendagri RI Triwulan 1 (pertama) pertengahan januari 2024 lalu, semuanya mengespose (rillis) transparan ke ruang publik melalui Dinas Kominfotik masing-masing atau Mitra media masa di daerahnya. Namun hasil evaluasi Kinerja Pj Walikota Bima di Kemendagri RI baru lalu cukup tertutup dari pandangan publik hingga saat ini.


Umum telah mengetahui, bahwa dalam evaluasi kinerja ini, ada beberapa hal yang disampaikan kepada tim penilai sesuai dengan arahan Presiden RI maupun Mendagri kepada pj Walikota Bima. Dan dilaporkan apa yang telah di kerjakan selama tiga bulan di lapangan. Baik terkait penanganan inflasi, stunting, bagaimana menjaga mandatory spending bidang kesehatan dan peningkatan mutu pendidikan, apa saja capaianya dan apa catatan tim penilai.


Pihak Kadis Kominfo Kota Bima Drs.H.Mahfud,M,Pd dikonfirmasi Londa Post terkait alasan tidak merillis ke publik hasil evaluasi kinerja Pj Walikota Bima mengatakan; Pihaknya mengaku tidak merillis berita kegiatan evaluasi kinerja Pj Walikota Bima oleh mendagri RI Triwulan 1 saat itu.


 " Saat kegiatan evaluasi Pj memang Kominfo tidak dilibatkan, semua berada ditangan Tatapem, juga kami saat itu tidak pernah terima catatan hasil kegiatan evaluasi Pj Walikota Bima dari Bagian Tatapem makanya pihak kominfo tidak merilis ke publik." Jelas H.Mahfud Via Hp Londa Post 8 April 2024 Senin siang lalu.


Belakangan Media Londa Post baru mengetahui ternyata ada 11 point yang menjadi catatan penting dari Tim evaluasi Kemendagri RI yang tidak bisa dijawab oleh Pj Walikota Bima dari 10 indikator utama dan 106 indikator tambahan, yang akan dibenahi oleh Pj walikota Bima pada tahapan evaluasi kinerjanya Triwulan ke-II 24 April 2024 Rabu Siang hari ini.


Pantauan jarak jauh Radar LONDA POST hari ini bahwa ada puluhan Kepala OPD terkait yang hadir mendampingi Pj Walikota Bima dalam evaluasi Tim Irjen Kemendagri Rabu hari ini (sore) 24 April 2024. Termasuk Kadis Kominfo dan peliput kegiatan. 11 item koreksi kekurangan menjadi catatan Tim harus dituntaskan oleh Pj Walikota Bima terutama kaitan Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrim serta penurunan Inflasi di daerah.


Kabag Tatapem setda Kota Bima Ahsanu Rahman ,SH.MH dikonfirmasi Londa Post membenarkan jadwal evaluasi Kinerja Pj Walikota Bima Triwulan ke-II oleh Irjen Kemendagri hari ini Rabu Sore 24 April 2024. " Sekitar jam 2 sore nanti dijadwalkan evaluasi Pj Walikota Bima, sejumlah pimpinan OPD terkait dihadirkan untuk mendampingi pj walikota saat gelar evaluasi nanti, termasuk kita undang 2 dari Dinas Kominfo termasuk Kadis kominfo." Ucap kabag.


Ditanya sederet catatan koreksi Tim pada Pj Walikota Bima pada evaluasi Triwulan Pertama dituntas pada Triwulan ke-II ini, pihaknya Optimis bisa terjawab semua nanti. Pada prinsipnya sebelum hari ini digelar evaluasi, pihak pemkot Bima dengan pelibatan sejumlah Pimpinan OPD terkait sudah mengantensi item koreksi itu." InsaAllah semua sudah tuntas dan yang selaras dengan 3 Point penting Tupoksi Pj Walikota yaitu Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan, serta 10 indikator utama dan 106 indikator tambahan penilaian." Jelas Kabag.


Kita Tunggu apa hasil evaluasi kinerja Pj Walikota Bima Triwulan ke-II oleh Kemendagri RI. Jika tidak bisa menjawab 11 point yang menjadi PR di Triwulan 1, bisa jadi PJ WALIKOTA BIMA IR.HM.RUM ditarik dan tidak diperpanjang masa jabatan jadi Pj Walikota Bima oleh Mendagri. (Jev londa).