DIPERTANYAKAN HASIL EVALUASI KINERJA PJ WALIKOTA BIMA MENINGKAT TRIWULAN KE-II..APA SAJA ??

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

DIPERTANYAKAN HASIL EVALUASI KINERJA PJ WALIKOTA BIMA MENINGKAT TRIWULAN KE-II..APA SAJA ??

Kamis, 25 April 2024

 


Kota Bima- Londa Post.Coom.- Dikutip rillis Kadis Kominfotik Kota Bima Kamis 25 April 2024 pagi tadi " Evaluasi Kinerja Triwulan II, Kinerja Pj. Wali Kota Bima Meningkat."


Tanpak foto bersama sejumlah Pejabat Pimpinan OPD Pendamping Pj Walikota Bima saat evalusi kinerja Pj Walikota Bima di kemendagri Ri 24 April 2024 Rabu kemari.


Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima H. Mahfud dalam rillisnya menerangkan secara substansial, capaian kinerja Pj. Wali Kota Bima Triwulan II terlihat adanya peningkatan dibandingkan dengan evaluasi kinerja pada Triwulan I.

Hal tersebut disampaikan H. Mahfud karena dirinya ikut mendampingi Pj. Wali Kota Bima bersama kepala perangkat daerah lainnya pada acara evaluasi kinerja Pj. Wali Kota Bima Triwulan II, di gedung Itjend Kementerian Dalam Negeri, Jakarta. Kamis, 25 April 2024 kemarin.

Namun Kadis Kominfotik Kota Bima tidak menjelaskan secara detail dan rinci apa saja kemajuan dan atau peningkatan Kinerja Pj Walikota Bima di Triwulan ke-II sebagai perbandingan indikator kinerja Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum,MT dari penurunan kinerja pj pada Triwulan ke-I.

Bahkan pada salah satu alinea rillis Kadis Kominfotik Kota Bima menjelaskan; ada beberapa catatan penting dari Tim Evaluator Itjend Kemendagri yang harus ditindaklanjuti secara serius oleh perangkat daerah kota Bima sebagai penyelenggara urusan di daerah.

Mahfud menjelaskan beberapa catatan penting hasil evaluasi pada triwulan II meliputi, pertama, terkait penanganan inflasi dengan titik fokusnya diminta untuk meningkatkan kinerja penyelesaian inflasi dan dibuatkan prognosa neraca pangan.

Kemudian, kedua, terkait pelaksanaan anggaran meliputi, peningkatan Pendapatan Asli Daerah sektor PBB dan BPHTB agar terus di update, pajak penerangan jalan perlu ditingkatkan dan realisasi anggaran secara digital perlu diperluas.

Ketiga, terkait Asesmen penyederhanaan Birokrasi yang meliputi Perda perubahan perangkat daerah perlu di harmonisasikan kembali, Peraturan Walikota tentang SOTK dan Sistem Kerja penyederhanaan Birokrasi segera ditetapkan.

Keempat, terkait realisasi dana hibah untuk pemilu serentak agar dibuatkan Berita Acara pembahasan TAPD dan serah terima dana Pemilu. Kemudian terakhir beberapa dokumen atau data yang di upload melalui google form harus dipastikan selaras dengan yang ada di Template Power Poin.

"Pak Wali berharap dan meminta kepada kita semua perangkat daerah untuk bergerak cepat dalam rangka pelaksanaan tupoksi, meningkatkan pelayanan masyarakat serta beberapa catatan hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri untuk segera ditindaklanjuti," ucap H. Mahfud.

Atas pernyataan Kadis Kominfotik Kota Bima dipertanyakan banyak pihak di daerah ini. Apa saja keberhasilan kinerja Pj Walikota Bima Ir.HM.Rum yang dikatakan meningkat pada Triwulan ke-II kinerja mantan kadis PUPR NTB ini.

Casman,SH, salah seorang Praktisi Hukum Kota Bima mempertanyakan rillis Kominfotik atas hasil evaluasi kinerja Pj.Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum oleh Irjen Kemendagri yang tidak menjelaskan secara rinci apa saja capaian kinerja Pj walikota Bima yang dikatakan meningkat di Triwulan ke-II.

" Mestinya Kadis Kominfo menyuguhkan informasi yang akurat dari hasil evaluasi Mendagri atas kinerja Pj Walikota Bima, kalau meningkat dibidang apa dari 10 Indikator utama dan 111 indikator tambahan yang dinilai termasuk pengelolaan BUMD juga tidak dijelaskan." Ucapnya.

Menurut Casman, perlunya kejelasan capaian kinerja Pj Walikota agar rakyat mengetahui, apa saja program prioritas Pj Walikota Bima yang sudah ter-realisasi untuk kemaslahatan rakyat selama 6 bulan ini, persentase penanganan Stunting, inflasi, kemiskinan ekstrim dan bagaimana kondisi rill pengawalan pj walikota Bima saat pemilu kemarin." Jangan hanya laporan paparan formalitas saja dihadapan Tim evaluator Kemendagri apalagi hanya 20 menit, sedang kondisi rill Kota Bima saat ini tidak ada perubahan signifikan." Ucapnya.

Lebih jauh ia katakan, kondisi Kota Bima saat ini tengah dihadapkan dengan masalah kegelisahan petani  anjloknya harga jagung dan apa langkah pj walikota Bima, terkait penyakit sosial, masih banyak kafe-kafe liar dan apakah masih berlaku Perda penertiban kafe liar, ternak masih dijumpai berkeliaran di jalan-jalan protokol, PKL masih terlihat di sepadan jalan lintas umum yang belum ditertibkan hingga saat ini.

" Termasuk perkembangan kinerja pegawai, realisasi PAD seperti apa peningkatanya selama hadirnya Pj walikota Bima harus dijelaskan, dan  hal yang tidak masuk akal paparan Pj Walikota Bima atau satkernya didepan tim evaluator hanya 20 menit lantas di apresiasi dan memuaskan Tim evaluator, hendaknya jangan terbiasa menyuguhkan yang muluk-muluk sebuah info publik yang faktanya tidak berbanding lurus kondisi lapangan." Ucap Casman.

Sebagai Tugas Pengawasan dan Mitra sejajar eksekutif di daerah, Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan, S.Adm dikonfirmasi, tidak begitu banyak komentar. " Harusnya dijelaskan secara rinci apa saja bidang-bidang yang sudah dinilai sukses dan meningkat atas kinerja Pj Walikota Bima agar rakyat mengetahuinya, apapun kekurangan bisa dibenahi asal jelas dan terang dihadapan publik." Jelas ketua Dewan.

Kadis Kominfo Kota Bima Drs.H.Mahfud,M,pd dikonfirmasi balik terkait Rillis evaluasi Pj Walikota Bima dinilai kontroversi banyak pihak di Kota Bima terutama waktu " 20 menit paparan " Pj walikota Bima dan satker pendampingnya dihadapan tim evaluator. Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan. ( jev londa).