6 BULAN MENJABAT, PJ WALIKOTA BIMA BELUM TERLIHAT INOVASI KEMAJUAN DI SUGUHKAN PADA RAKYAT DI HUT KOTA BIMA KE- 22

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

6 BULAN MENJABAT, PJ WALIKOTA BIMA BELUM TERLIHAT INOVASI KEMAJUAN DI SUGUHKAN PADA RAKYAT DI HUT KOTA BIMA KE- 22

Minggu, 07 April 2024

 


Kota Bima. Londa Post.- Sebelum kita bahas apa torehan Sang Pj Walikota Bima untuk kemajuan daerah. seyogyanya kita sambut " SELAMAT HUT KOTA BIMA KE-22 Tanggal 10 APRIL 2024 , SEMOGA TERUS MAJU DAN SUKSES." 

Memasuki 6 bulan Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum mengendalikan roda Pemerintah daerah Kota Bima ini, belum terlihat kemajuan atau torehan dari Inovasinya bagi kemajuan daerah. Sementara diberbagai daerah tidak sedikit kiprah seorang Penjabat kepala daerah yang meraih sederet prestasi pada hitungan waktu setengah tahun menjabat.

Lantas apa saja Rencana strategis inovasi Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum selama 6 Bulan atau Triwulan ke II 2024 sejak dilantik Pj Walikota Bima tanggal 26 September 2023 lalu. Ada tugas pokok yang menjadi tanggungjawab mutlak sebagai Pj Kepala daerah sesuai amanat dan arahan Presiden RI Joko widodo. Arahan tersebut disampaikan Presiden dalam pertemuan dengan para penjabat kepala daerah se-Indonesia, Senin (30/10/2023), di Jakarta lalu.

Pertama, Presiden meminta kepala daerah untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di daerah masing-masing. Kedua, Presiden meminta para penjabat kepala daerah untuk tetap waspada terhadap dampak dari fenomena super el nino, terutama terhadap penurunan produksi komoditas.

Ketiga, terkait reformasi birokrasi, Presiden mendorong penyederhanaan prosedur dan tata kelola khususnya dalam hal pelayanan perizinan bagi investor. Presiden menekankan bahwa investasi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Keempat, Kepala Negara juga mendorong pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. Menurut Presiden, pemberian bantuan tersebut  akan sangat membantu masyarakat.

Kelima, Presiden mendorong pemerintah daerah untuk memberikan dukungan terhadap program prioritas pemerintah. Penurunan kemiskinan ekstrem, pemberantasan stunting, hilirisasi industri, berikan dukungan penuh kepada program-program pemerintah.

Ke- enam, Presiden menekankan peran kepala daerah dalam mendukung kesuksesan agenda nasional Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024. Kepala Negara meminta agar para kepala daerah terus memberikan dukungan kepada KPUD dan Bawaslu tanpa melakukan intervensi apapun, serta memastikan netralitas ASN terjaga.



Dok. Londa Post. Kegiatan evaluasi kinerja Pj walikota Bima yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri Triwulan pertama Senin 15 Januari 2024 di Gedung Inspektorat Jenderal Kemendagri Jakarta


Diberitakan Media Londa Post sebelumnya edisi selasa 16 januari 2024, Pj Walikota Bima  Ir.H.Mohammad Rum,MT, menghadiri langsung rangkaian kegiatan evaluasi kinerja penjabat kepala daerah yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk triwulan pertama. Evaluasi kinerja ini digelar di Gedung Inspektorat Jenderal Kemendagri Jakarta, pada Senin 15 Januari 2024.

Evaluasi kinerja ini merupakan keharusan yang dilakukan tim Inspektorat Jenderal (Itjen) dari Kemendagri pada setiap tiga bulan (triwulan) bagi seluruh penjabat kepala daerah di Indonesia.

Dijelaskanya bahwa dalam evaluasi kinerja ini, ada beberapa hal yang disampaikan kepada tim penilai sesuai dengan arahan Presiden RI maupun Mendagri kepada pj Walikota Bima. Baik terkait penanganan inflasi, stunting, bagaimana menjaga mandatory spending bidang kesehatan dan peningkatan mutu pendidikan, dan beberapa hal lainnya. 

Ada 10 indikator utama arahan presiden RI, Mendagri dan 106 indikator yang dipaparkan Pj Walikota Bima secara keseluruhan harus bersesuaian dengan 3 aspek yaitu aspek Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan. Dalam hal Penanganan Stunting, inflasi, kemiskinan ekstrim dan pengamanan Pemilu serta Netralitas ASN.

Untuk Pemkot Bima memiliki 4 BUMD  dari 4 BUMD ada 3 BUMD yang operasionalnya kolaborasi saham dengn Propinsi hanya ada 1 BUMD murni yaitu BUMD Aneka Bima yang dibekukan melalui perwali selama 2 tahun. Pada item ini, Tim evaluator kementerian hanya menyarankan penjelasan sajian informasi yang jelas apa penyebab pembekuan BUMD tersebut.

INILAH YANG PATUT DIPERTANYAKAN. KENAPA PIHAK PEMKOT BIMA melalui Dinas Kominfotik tidak merilis berita evaluasi kinerja pj walikota Bima di Jakarta, atau MEDIA-MEDIA PILIHAN KERJASAMA PEMKOT BIMA semuanya tidak merillis kegiatan ini, kecuali media LONDA POST itupun terkonfirmasi dengan kabag Tatapem Setda Kota Via HP usai kegiatan evaluasi saat Kabag di jakarta 15 januari 2024 lalu.

Paparan 10 indikator prioritas yang menjadi program prioritas pemerintah Kota Bima, HARUSNYA patut rakyat ketahui apa yang telah berjalan dan mengalami kemajuan dan merupakan kegiatan unggulan lainya, agar rakyat se-antero Kota Bima bisa melihat dan menilai Kinerja PJ Walikota Bima pada evaluasi Kinerjanya pada Triwulan ke-II Mei 2024 mendatang.

Diberitakan sejumlah media daerah ini pada 30 September 2023 atau 4 hari setelah pelantik HM.Rum Pj Walikota Bima 26 September 2023. Ada sejumlah program prioritas yang di Patok Pj Walikota Bima untuk memajukan daerah ini yang merupakan rencana gebrakan Strategi Inovasinya yaitu; 

(1). Mengatasi krisis air bersih sebagai urat nadi kelangsungan hidup rskyat dengan membangun UPTD pengelola dan penanganan khusus air bersih. (2). Kebersihan Kota agar terlihat rapi dan Indah, dengan melibatkan pengamanan agar sampah-sampah tidak berserakan diberbagai sudut kota. (3). Pembangunan Jogging Track disekitar kawasan pantai Amahami.

(4). Lebih jauh lagi Pj Walikota Bima dengan Konsep hebatnya berupaya mengembangkan ekonomi daerah dengan mendatangkan Investor luar di Kota Bima untuk mendirikan Pabrik pengolahan bawang.

Dan untuk peningkatan PAD, Pj Walikota Bima merencanakan pembangunan fasilitas Docking kapal di pelabuhan Bima untuk mempermudah arus logistik antar daerah khususnya menuju dan atau masuk di pelabuhan Bima.

Rupanya ke-4 point program prioritas unggulan diluar Program prioritas arahan Presiden dan Mendagri yang di rencanakan Pj Walikota Bima tersebut diatas, satupun belum dapat dilihat oleh publik sebagai satu torehan yang bisa diandalkan untuk disuguhkan pada rakyat di HUT KOTA BIMA KE-22 April 2024. Lantas apa yang bisa di-evaluasi publik pada Triwulan ke-2 Kinerja Pj Walikota Bima ini ?. Kita tunggu Evaluasi menyeluruh oleh Irjen kemendagri RI kinerja Pj Walikota Bima Mei-Juni 2024 mendatang. (Jev londa).