THR PNS CAIR PENUH H-10 SEBELUM IDUL FITRI TAHUN 2024

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

THR PNS CAIR PENUH H-10 SEBELUM IDUL FITRI TAHUN 2024

Rabu, 13 Maret 2024

Jakarta.- Londa Post.- Dikutip "CNN Indonesia." Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan tunjangan hari raya (THR) pegawai negeri sipil (PNS) akan dicairkan mulai H-10 sebelum Idulfitri 2024. Ia menyatakan pencairan THR PNS ini sedang dalam tahap penggodokan rancangan peraturan pemerintah (RPP).


"Jadi untuk proses penyusunan RPP-nya dan supaya bisa dieksekusi pada biasanya 10 hari sebelum lebaran. Persiapannya mulai dilakukan sekarang. Jadi tadi dilaporkan pada bapak presiden," kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin baru lalu.


Tahun ini, THR bagi PNS diberikan secara penuh 100 persen setelah sejak 2020 diberikan tidak utuh lantaran tunjangan kinerja (tukin) dibayar separuh, bahkan pernah tidak dibayarkan."THR-nya Bapak Presiden (Jokowi) menetapkan 100 persen. Berita baik ya," kata Sri Mulyani.


Dengan pencairan 100 persen ini, nantinya para abdi negara dapat menerima THR dengan komponen berupa gaji pokok, tunjangan melekat, dan tukin.


Namun, besaran THR yang diterima masing-masing abdi negara ini akan berbeda antara satu dengan lainnya. Pasalnya, jumlah THR ini sangat bergantung dari golongan, nilai tunjangan, hingga instansi tempat mereka bekerja.


Tahun lalu, besaran THR yang diberikan kepada PNS menggunakan perhitungan gaji pokok, tunjangan melekat, serta tukin sebesar 50 persen. Pemerintah juga memberikan THR spesial pada guru dan dosen pada tahun lalu. Guru dan dosen yang tidak mendapatkan tukin atau tambahan penghasilan, diberikan tunjangan profesi sebesar 50 persen.


Sebagai catatan, THR PNS yang diterima full pada tahun ini akan mencakup gaji pokok, tunjangan kinerja, tunjangan melekat a.l. tunjangan anak dan tunjangan suami/istri, serta tunjangan makan. (Jev Londa Nex).