PJ WALIKOTA BIMA SANGAT OPTIMIS, SEDERET PRESTASI DI RAIHNYA BAKAL DI APRESIASI MENDAGRI SAAT EVALUASI KINERJANYA TRIWULAN PERTAMA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PJ WALIKOTA BIMA SANGAT OPTIMIS, SEDERET PRESTASI DI RAIHNYA BAKAL DI APRESIASI MENDAGRI SAAT EVALUASI KINERJANYA TRIWULAN PERTAMA

Rabu, 03 Januari 2024

Kota Bima- NTB.- Londa Post.- Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT menghadiri simulasi dan validasi bahan presentasi atau dokumen capaian kinerja triwulan I periode Oktober sampai dengan Desember 2023, selama dirinya menjabat Pj Walikota Bima sejak 26 September 2023 lalu bertempat di Aula Kantor Wali Kota, pada Rabu, 03 Januari 2024.


Evaluasi capaian kinerja Penjabat Wali Kota Bima dilakukan untuk menilai sejauh mana Penjabat Wali Kota Bima telah memenuhi 7 indikator target kinerja yang telah ditetapkan. Evaluasi ini juga dilakukan untuk memberikan umpan balik kepada Penjabat Wali Kota Bima agar dapat meningkatkan kinerjanya.


Seperti diketahui, berdasarkan pasal 20 Permendagri Nomor 4 tahun 2023, bahwa Menteri Dalam Negeri melakukan evaluasi kinerja pejabat kepala daerah di seluruh Indonesia berdasarkan hasil pembinaan, pengawasan dan laporan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh Pj Bupati dan Pj Walikota. Evaluasi tersebut meliputi aspek pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Seluruh proses dalam pelaksanaan evaluasi ini juga dilaksanakan secara transparan dan akuntabel serta tidak melakukan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) dalam pelaksanaannya.


Sementara hasil evaluasi capaian kinerja Penjabat Wali Kota Bima ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi Menteri Dalam Negeri dalam menentukan langkah-langkah pembinaan dan pengawasan terhadap Penjabat Wali Kota Bima yang dilaksanakan pada 15 Januari 2024 bersama 5 kabupaten/kota se Indonesia. (sumber rillis kominfotik Kota Bima 3 Januari 2024).


Berikut Deretan Keberhasilan Pj Walikota Bima Ir.H.Muhammad Rum yang menjadi Catatan Media Londa Post dan mendapat Apresiasi Publik sebagai Berikut: (1). Pada acara Apel Gabungan minggu pertama Senin 6 Nopember 2023. Pj Walikota Bima mengakhiri dinamika  pelantikan JPT dan puluhan ASN tanggal 25 September 2023 oleh walikota Bima sebelumnya (HH.Lutfi,SE mantan Walikota Bima), yang menjadi kontroversi ditengah masyarakat terutama dijajaran ASN Pemerintah Kota Bima. 


Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum,MT mengambil langkah-langkah konkrik melakukan mengumumkan pembatalan pelantikan 39 ASN Jajaran Pemkot Bima yang digelar tanggal 25 September 2023 baru lalu, sesuai perintah KASN.


2. Penjabat Wali Kota Bima, Mohammad Rum sukses membuat Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) baru untuk mengatasi krisis air bersih berkepanjangan di Kota Bima. Selain karena ada masalah ketersediaan air, tetapi pengadaan air bersih juga merupakan program prioritas Pemkot Bima, bersamaan dengan solusi persampahan.


3. Pj Walikota Bima, sukses mewujudkan Pembangunan fisik Kampus IAIN Bima yang sekian tahun menjadi Teka-teki publik. Dan saat sekarang Lokasi sementara Kampus IAIN Bima berada di SMPN 1 Kota Bima sambil jalan menunggu SK rekom Presiden RI, sekretariat IAIN Bima mulai menerima Mahasiswa baru awal Pebruari atau Maret 2024, yang keberadaanya dibawah kendali Kementerian Agama RI.


4. Sementara untuk Bidang Kamtibmas serta kesuksesan penyelenggaran pemilu 2024 mendatang, Pj Walikota Bima atas nama Pemkot Bima, semaksimal meng- intervensi terhadap penyediaan dana hibah bagi KPU dan Bawaslu serta dana hibah kepada TNI/Polri untuk memastikan pemilu 2024 berjalan lancar.


5. Pj. Wali Kota Bima telah tuntas menyerahakan bantuan Peralatan Catering Bagi RW se-Kota Bima. Hal ini sebagai langkah Pemerintah Kota Bima dalam mensejahterakan masyarakat terbukti dengan banyaknya program dan pemberdayaan salah satunya adalah memberikan bantuan kegiatan kewirausahaan serta meningkatkan usaha ekonomi produktif perempuan.


BEEIKUT CATATAN YANG BELUM OPTIMAL:

- PADA saat awal pemerintahan Pj Walikota Bima. Tidak ada pembatasan publikasi Capaian Penurunan Inflasi dan Penurunan Stunting  Pemkot Bima. Baik rillis Dinas Kominfotik Kota Bima hingga rillis media masa daerah ini, berapa persentase Inflasi saat Walikota sebelumnya hingga bisa diketahui selama Pemerintahan Pj Walikota Bima persentase penurunannya.


Untuk Item Stunting Kota Bima. Catatan dan Pantau Londa Post dari Dinas Kesehatan Dan DPPKB Kota Bima. PERKEMBANGAN STUNTING SEPTEMBER 2023 BERADA DI-ANGKA 11,52 %. SEMENTARA PERKEMBANGAN TERAKHIR OKTOBER-NOPEMBER-DESEMBER 2023 BERTAHAN PADA ANGKA 11,32% (Konfirmasi Londa Post dengan Kadiskes Kota Bima). Artinya PENANGANAN STUNTING PEMKOT BIMA HINGGA SAAT SEKARANG DINILAI BELUM MAKSIMAL. Semoga pada Triwulan ke-2 Pemkot Bima dibawah kendali Pj Walikota H.M.Rum untuk Stunting Kota Bima dapat ditekan Signifikan. (Jev londa).