MENANTI SELEKSI JPT, 4 PEJABAT ESELON II PEMKOT BIMA RANGKAP JABATAN

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

MENANTI SELEKSI JPT, 4 PEJABAT ESELON II PEMKOT BIMA RANGKAP JABATAN

Sabtu, 30 Desember 2023

 



Kota Bima. Londa Post.- Setidaknya ada sekitar 8 (Delapan) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Kota Bima NTB saat ini yang belum ada pejabat devinitif dan dijabat Oleh pelaksana tugas (Plt). Dari 7 OPD tersebut, ada 4 OPD dijabat Rangkap oleh Pejabat Eselon II yang ada, dan 1 jabatan staf ahli Kosong.


8 (Delapan) OPD saat ini di pimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) yaitu: Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dijabat oleh Jamaluddin yang merangkap Sekretaris DKP. Sementara Plt Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Hj.Dewi Triyani, S.Sos.M.Si, OPD Disnakertrasn Kota Bima Plt Abdul Haris,SE, M.Si, Staf Ahli Bidang Perekonomian keuangan, saat ini Kosong. Yang sebelumya dijabat Ahmad Mufrad, S.Sos yang telah dibatalkan oleh KASN baru lalu. Sementara Satpol PP dijabat rangkap asisten 1 selaku Plt.


Sementara Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) dikendali Adhi Aqwam, ST, M.Eng, M.Sc, kini ditunjuk Plt dari Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Drs. M. Nor A. Masjid. Hal ini dikarenakan Adhi aqwam,ST sudah terlalu lama menduduki jabatan Plt merangkap sekretaris pada OPD setempat. 2 OPD Jabatan lowong diakhir tahun 2023 karena pejabat setempat Purna tugas 31 Desember 2023, diisi oleh 2 pejabat eselon 2 rangkap jabatan yaitu: 


Sekwan DPRD Kota Bima dan Asisten II. Untuk Plt Sekwan yaitu dijabat rangkap Oleh staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bima, Sukarno,SH, sementara untuk menduduki Plt Asisten II di Rangkap Oleh Asisten III yaitu Drs. M.Saleh. Satuan Polisi Pamong Praja (satpol pp) dijabat rangkap Asisten 1 Drs.H.Alwi Yasin,M,Si.


Pernyataan Kepala BKPSDM Kota Bima Drs.Abd.Wahid Seperti diberitakan media ini sebelumnya, ke-tiga Pejabat Eselon II ini, memulai melaksanakan tugas dengan surat tugas tanggal 2 Januari 2024 Selasa esok.



Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum,MT melalui Kepala BKPSDM Kota Bima Drs. A. Wahid Kepada Londa Post mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang menunggu izin dari Mendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) guna dimulainya seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama tersebut." Ada 8 JPT setingkat eselon II yang dijabat pelaksana tugas (Plt) dari 6 lowong ditambah 2 Purna tugas 31 Desember 2023." Ucapnya.


Ia menyatakan, bahwa kepala daerah yang dijabat oleh Pj Walikota tidak bisa serta merta mengangkat pejabat eselon II, harus terlebih dahulu melalui KASN, BKN dan Persetujuan Mendagri. Namun, lanjut dia, saat disinggung kapan perkiraan akan melakukan gelar JPT pejabat eselon II, pihaknya mentargetkan bulan Januari-Pebruari 2024. Sebab harus melalui proses menunggu Izin dari Mendagri." Ucapnya.


Menurut Abd.Wahid, bahan usulan Seleksi JPT Pemkot Bima saat ini masih di- Propinsi (Gubernur), seleksi Jpt Pemkot Bima saat ini beda dengan alur Proses Seleksi JPT saat Kepala Daerah Devinitif." Seleksi Jpt bagi daerah yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Walikota harus lewat Gubernur dan se-ijin Mendagri, sementara Daerah dijabat Walikota Devinitif cukup Langsung Rekom KASN. Jelas Wahid 31 Desember 2023 Sabtu pagi tadi.


Melalui Media Londa Post. Publik berharap kepada Pj Walikota Bima, Sekretaris Daerah Kota Bima selaku Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama daerah ini, agar 7 formasi yang kosong tersebut perlu segera diisi agar pengelolaan organisasi perangkat daerah (OPD) berjalan optimal. Apalagi bertepatan dengan dimulainya pelaksanaan APBD 2024. Pj Gubernur NTB sangat pula diharapkan rakyat Kota Bima ini, mempercepat proses 
Rekruitmen Jpt untuk Jajaran Pemkot Bima awal tahun 2024 ini. (Jev londa).