KERJASAMA DEWAN PENDIDIKAN DAN BNN, GELAR SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA DAN KENAKALAN REMAJA TINGKAT SMPN SE- KOTA BIMA 2024

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

KERJASAMA DEWAN PENDIDIKAN DAN BNN, GELAR SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA DAN KENAKALAN REMAJA TINGKAT SMPN SE- KOTA BIMA 2024

Rabu, 22 Mei 2024

Kota Bima.- Londa Post.- Dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Lingkungan Pendidikan Kota Bima, Dewan Pendidikan Kota Bima bekerjasama denfan BNN Bima menggelar Sosialisasi Cegah Bahaya Narkoba  tingkat SMPN se- Kota Bima aula SMAN 1 Kota Bima 22 Mei 2024 Rabu pagi tadi.


Kegiatan sosialisasi cegah bahaya narkoba di kalangan remaja merupakan bentuk kerjasama antar pihak sekolah, Dewan pendidikan dengan BNN Bima untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dari segala bentuk penyalahgunaan narkoba.


Acara yang dihadiri seluruh Pengurus Dewan Pendidikan Kota Bima, Kadis Dikpora Kota Bima Drs. Supratman, M. Ap dan ratusan Siswa SMPN dengan guru pendamping se- kota bima ini, dibuka secara resmi oleh Pj.Walikota Bima Ir.HMohammad.Rum.

Dalam sambutannya, H Mohammad Rum menekankan pentingnya peran pendidikan dan lingkungan keluarga dalam mencegah penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja. Pihaknya menyampaikan bahwa sinergi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan generasi muda.


"Kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan anak-anak kita tumbuh dalam lingkungan yang sehat dan positif. Edukasi tentang bahaya narkoba dan kenakalan remaja harus terus digencarkan, karena mereka adalah aset berharga bangsa ini yang akan memimpin Indonesia di masa depan," ujar HM Rum

Acara sosialisasi tingkat SMP se-Kota Bima ini menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan psikolog anak, yang memberikan materi mengenai dampak negatif narkoba dan berbagai strategi efektif untuk mencegah kenakalan remaja.


Tak hanya itu, Pj Wali Kota Bima menghimbau kepada seluruh siswa yang mengikuti sosialisasi untuk selalu berhati-hati dengan adanya barang narkotika dan jangan sampai mengenal yang namanya narkoba.

"Bila ada oknum yang mengajak dan menghasut anak-anak sekalian untuk mencoba maka laporkan segera pada guru-guru, biar guru yang menindak lanjutinya karena ini sangat berbahaya," tandas HM Rum

Penjabat Wali Kota Bima juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam mendukung program-program pencegahan narkoba dan pembinaan remaja, serta terus memberikan perhatian dan bimbingan yang konsisten kepada anak-anak.


Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan Kota Bima dapat mencetak Generasi Emas 2024 yang bebas dari narkoba dan kenakalan remaja, serta siap bersaing dalam kancah nasional dan internasional.


Dilain pihak, Kepala BNNK Bima Fery Priyanto S.Sos M.M, dalam sambutanya mengatakan, langkah positif ini untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan kesadaran yang diperlukan dalam menghadapi tantangan di masa remaja.


"Pencegahan penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja harus dimulai sejak dini. Edukasi yang kita berikan hari ini bertujuan untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan dan kesadaran akan bahaya narkoba, sehingga mereka bisa membuat keputusan yang bijak dan menjaga masa depan mereka," tutur Kepala BNN.

Lebih jauh Kepala BNNK katakan, Penyalahgunaan Narkoba di kalangan generasi muda kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Generasi muda semakin hari semakin rapuh di grogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf yang menyebabkan generasi pemuda tidak dapat berpikir jernih. Sehingga, generasi penerus bangsa yang berkualitas akan digrogoti oleh narkoba. Bahaya narkoba selalu mengincar generasi penerus bangsa kapan saja," Kepala BNNK dalam pemaparannya. 


Kepala Dinas Pendidikan pemuda dan Olah raga Kota Bima, Drs. Supratman, M. Ap mengatakan kegiatan ini sangat positif. “Kami di Dikpora sangat apresiasi kegiatan-kegiatan positif Dewan Pendidikan Kota Bima, dengan adanya sosialisasi penyuluhan bahaya narkoba di tingkat SMP se-Kota bima ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pelajar tentang Narkotika dan Obat-obatan terlarang lainnya tentang bahaya dan risiko yang terjadi, serta hal ini dapat menjadi Penggiat Anti Narkoba di lingkungannya. Ujar kadis.

Menurut Supratman, sosialisasi bahaya narkoba bagi pelajar, penting sekali dilakukan agar tidak terjebak dalam bahaya penggunaan narkoba dan zat adiktif lainnya demi masa depan. Sehingga diharapkan, pelajar SMP ini, sebagai generasi penerus dan tulang punggung bangsa, harus mempunyai komitmen menolak keras pemakaian narkoba.

 “Tujuannya adalah agar terwujudnya pelajar dan pemuda yang beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas dan menambah wawasan serta pengetahuan bagi para pelajar dan pemuda tentang narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya untuk selanjutnya menjadi Duta Anti Narkoba di lingkungannya,” Tutur kadis.

Dalam kegiatan ini juga, pihak BNN
menyerahkan Doorprize merupakan hadiah yang diberikan BNN kepada siswa dan guru pendamping yang mengajukan pertanyaan, serta kegiatan tes urin bagi siswa oleh BNN. Sukses dan lancarnya kegiatan ini, berkat kolaborasi dan kerjasama pengurus Dewan pendidikan Kota Bima, terutama peranan Ibu Bendahara Dewan Pendidikan kota Bima Sudiarty, Spd. (Jev londa).