PJ WALIKOTA BIMA TIDAK KONSISTEN MEMAJUKAN DAERAH, SEDERET PERSOALAN TERBENGKALAI, DAN SERING KELUAR DAERAH

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PJ WALIKOTA BIMA TIDAK KONSISTEN MEMAJUKAN DAERAH, SEDERET PERSOALAN TERBENGKALAI, DAN SERING KELUAR DAERAH

Sabtu, 25 November 2023

 


Kota Bima. Londa Post.- Beginilah jadinya jika Lembaga rakyat angkat bicara jika melihat kondisi Kota Bima saat ini yang dinilai kehilangan Kewibawaan. Penjabat (pj) Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum,MT yang sejak dilantik tanggal 26 September 2023 atau memasuki 2 bulan mengendalikan Roda Pemerintahan Kota Bima, belum terlihat Gebrakan yang signifikan.


Rakyat kota Bima sangat berharap DPRD memainkan senjata Pamungkasnya yaitu: Fungsi pengawasan diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah (Perwali), pelaksanaan peraturan perundang-undangan lain yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah. " Kami rakyat minta DPRD agar mengingatkan Pj Walikota Bima untuk tidak terus menerus tiap minggu keluar daerah, harus turun ditengah masyarakat, di Lokasi pertanian, cek bendungan rusak, hingga intervensi langsung operasi pasar." Jelas HM.Supra tokoh masyarakt kota Bima.


Kondisi keberadaan Pj Walikota Bima yang sering keluar daerah, ditandai fakta bahwa Pj Walikota Bima Ir.HM.Rum tidak pernah sekalipun memimpin upacara hari-hari besar nasional selama 2 bulan menjabat Pj Kepala Daerah ini. " Kami menyesalkan tidak hadirnya Pj Walikota Bima memimpin upacara Hari Guru ke-78 Sabtu 25 Nopember 2023, karena kami seluruh guru kebetulan sekaligus ingin melihat dan silaturrahmi langsung dengan Pj Walikota, dan anehnya tidak ada satupun OPD yang ikut hadir kecuali beberapa Kepala Dinas" Ucap Ketua PGRI Kota Bima Suryadin,Spd,M,Si penuh sesal.


Sementara Ketua Komisi 1 DPRD Kota Bima Yogi Prima Ramadhan, SE dikonfirmasi Londa Post mengatakan; Pihaknya menyesalkan langkah Pj Walikota Bima yang tidak fokus mengurus hal-hal yang lebih urgensil," Pembinaan aparatur harusnya diprioritaskan, benahi dulu didepan mata apalagi jelang tahun pemilu sebagai Ketua Komisi bidang Pemerintahan Aparatur, tentunya menyesalkan kurangnya kehadiran Pj walikota memimpin upacara penting sebagai bentuk Pengenalan diri Pj walikota Bima dengan sejumlah elemen masyarakat sekaligus menyamakan presepsi dalam menghadapi Pemilu yang aman didaerah ini. " ucapnya.


Demikian halnya pernyataan Taufik H.Akarim,SH ketua Komisi II DPRD Kota Bima. Pihaknya belum melihat gebrakan Pj Walikota Bima untuk turun bersama kami DPRD dilokasi-lokasi pemicu arus banjir masuk Kota Bima ini." Harusnya Titik lokasi kawasan Timur Kota Bima seperti, Kelurahan Dodu, Lelamase, Nungga, Lampe dan Kendo, perlu di survei bersama sebelum curah hujan diakhir tahun ini, agar diperoleh masukan rakyat dan solusinya." Jelas Taufik pada Londa Post 25 Nopember 2023 Sabtu pagi tadi.


Ketua DPRD Kota Bima Alfian Idrawirawan,S.Adm dimintai tanggapan mengatakan." Sebagai Ketua Legislatif daerah ini, saya menilai Pj.Walikota Bima tidak konsisten membenahi persoalan di daerah apalagi mengarah pada kemajuan daerah." Ucapnya.


Menurut Dae Pawan sapaan akrabnya, mestinya hal-hal urgen yang wajib didahulukan, seperti sidak berbagai OPD untuk langkah pembinaan Aparatur, intervensi terus operasi pasar, dan juga jangan anggap sepele kehadiran Kepala Daerah memimpin upacara dihari -hari besar nasional. Karena pada saat itulah momen silaturrahmi menyeluruh antara pimpinan Daerah dengan berbagai elemen masyarakatnya, terutama strategi arahan langsung menuju kesuksesan dan keamanan Pemilu 2024 di Kota Bima." Ucap Dae Pawan.


Dalam waktu dekat ini, pihaknya sudah menerima surat permohonan RDP dari sejumlah ASN." Dalam waktu dekat, kami pihak legislatif akan memanggil sejumlah ASN yang merasa dirugikan saat Mutasi yang dilakukan Pj Walikota Bima baru lalu, mereka menganggap Mutasi dan rotasi yang dilakukan Pj Walikota Bima Ir.HM.Rum melampaui kewenangan melanggar aturan yang ada, tanpa dipayungi rekom dan atau surat tertulis dari Mendagri RI, juga kami DPRD tidak pernah diajak urung rembuk sebagai wujud kemitraan yang ada."Ucap Ketua DPRD.


SEKEDAR INFO PUBLIK. PANTAU SEJUMLAH ELEMEN RAKYAT BAHWA 3 KALI UPACARA HARI BESAR NASIONAL SELAMA 2 BULAN PJ WALIKOTA BIMA MENJABAT. TIDAK PERNAH SEKALIPUN MEMIMPIN UPACARA DIANTARANYA: 1. UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER 2023 DIPIMPIN OLEH ASISTEN 1 DRS.H.ALWI YASIN,M,Si (2). UPACARA HARI PAHLAWAN 10 NOPEMBER 2023 BARU LALU DIPIMPIN OLEH SEKDA KOTA BIMA DRS.H.MUHTAR LANDA,MH, (3). HARI SABTU 25 NOPEMBER 2023 HARI GURU NASIONAL KE-78 TAHUN 2023 DIPIMPIN OLEH SEKDA DRS. H.MUHTAR LANDA,MH. PJ WALIKOTA IR. HM RUM, SEDANG ADA DILUAR DAERAH. (jev londa).