PJ BUPATI BOMBANA EDY SUHARMANTO DISIAPKAN RUMAH JABATAN SELAMA BERTUGAS

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PJ BUPATI BOMBANA EDY SUHARMANTO DISIAPKAN RUMAH JABATAN SELAMA BERTUGAS

Senin, 27 November 2023

 



Rumah jabatan Bupati Bombana Sulawesi Tenggara, yang menjadi Pandopo Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto 



NTB. LONDA POST.- Dikutip dari LenteraSULTRA.COOM.  Minggu, 26 November 2023 menjadi hari terakhir bagi Burhanuddin menduduki posisi  sebagai Pj Bupati Bombana. Ia mendadak dicopot oleh Kemendagri, yang alasannya masih misterius hingga kini. Padahal, jabatan itu baru saja diampunya sejak Agustus 2023 lalu, untuk perpanjangan tahun kedua. Terpaksa, ia bersama istri, Fatmawati Kasim Marewa harus meninggalkan Bombana.


Keduanya pun suka tidak suka harus mengosongkan rumah jabatan yang dihuni selama bertugas. Minggu (26/11/2023) tengah malam, Penjabat (Pj) Bupati dan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana ini, resmi meninggalkan rumah dinas yang ditempatinya selama kurang lebih 15 bulan.


Burhanuddin dan Fatmawati Kasim Marewa bersama kerabatnya meninggalkan rumah dinas bupati di Kasipute sekitar pukul 24.00 Wita. Mereka bergegas menuju Kota Kendari dengan menumpangi lebih dari tiga unit kendaraan. “Tengah malam, Pj bupati dan keluarganya tinggalkan rujab,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Kasat Pol PP dan Damkar) Bombana, Rusman Idja, Senin pagi, 27 November 2023.


Rusman bilang, saat tinggalkan rumah dinas, Burhanuddin, istri dan keluarganya tidak lagi menumpangi mobil dinas. Pj bupati sudah memakai plat hitam. Sejak Minggu tengah malam, rumah jabatan bupati Bombana dipastikan sudah kosong. Personil satuan polisi pamong praja dan bagian aset ditugaskan menjaga gedung putih yang sempat dihuni Burhanuddin dan keluarganya selama hampir satu tahun setengah. “Sudah kosong, ada personil Pol PP ditugaskan menjaga rumah jabatan,” kata Rusman.


Sekitar empat jam sebelum meninggalkan rumah jabatan, Burhanuddin menggelar acara pamit di rumah jabatannya. Acara ini dihadiri tokoh masyarakat Bombana, istri sejumlah kepala dinas dan badan, beberapa kepala bagian dan staf. Sementara kebanyakan kepala OPD tidak membersamainya lagi, karena memilih menjemput dan menemani calon Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto.


Rusman menjelaskan, pasca Pj Bupati Bombana, Burhanuddin meninggalkan rujab, pihaknya sudah menyiapkan pengawalan kepada calon Pj Bupati Bombana. Mulai dari kendaraan patroli pengawalan (Patwal) hingga kendaraan dinas yang akan dipakai Edi Suharmanto. “Mobilnya yang baru. Termasuk yang lama,” kata Rusman.


Kurang lebih 15 bulan menjabat Pj Bupati, Burhanuddin memakai dua kendaraan dinas. Pertama mobil Mitsubishi Pajero Sport dakar. Mobil ini merupakan kendaraan dinas peninggalan Tafdil, Bupati Bombana sebelumnya. Sedangkan mobil dinas kedua adalah Hyundai Palisade. Kendaraan mewah seharga Rp 1,1 Miliar ini, baru terlihat dipakai  Burhanuddin, usai ditunjuk menjadi Pj Bupati diperiode kedua.


Sebagai mana diketahui, Burhanuddin diserahi amanah memimpin Bombana sejak Agustus 2022 lalu, untuk waktu setahun. Jabatannya kemudian diperpanjang pada Agusutus 2023 untuk setahun berikutnya, atau sampi Agustus 2024. Sayangnya, baru tiga bulan menerima amanah perpanjangan itu, ia mendadak dicopot tanpa ada dinamika yang mengemuka di publik.


Warga masyarakat Bima NTB, berharap agar Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto yang juga Putra Daerah Bima, mampu memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan rakyat Tanah Bombana. Doa Kami di tanah Bima selalu menyertaimu Bung EDy. Selamat bertugas. (jev londa)