2 KALI TUNDA SELEKSI JPT, BUKTI SOLIDNYA ASN PEMKOT BIMA CEGAH NEPOTISME DI AJANG LELANG JABATAN

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

2 KALI TUNDA SELEKSI JPT, BUKTI SOLIDNYA ASN PEMKOT BIMA CEGAH NEPOTISME DI AJANG LELANG JABATAN

Kamis, 17 Agustus 2023


 
Kota Bima. Londa Post.- Judul berita Londa Post diatas bukan tidak beralasan atau mengada-ngada. 4 (empat) kali media ini mengkawal lewat Pemberitaan proses kegiatan lelang jabatan atau Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di jajaran Pemerintah Kota Bima awal Agustus tahun 2023 ini. Dan baru kali ini dalam sejarah Pemkot Bima, Seleksi Calon Kepala Dinas OPD ditunda hingga 2 (dua) kali diakibatkan ASN Calon Pejabat tidak berminat SAAT INI mengikuti Lelang Jabatan Kursi Kepala Dinas.


Pantauan Londa Post dilapangan menunjukkan; Seleksi JPTP awalnya dibuka akhir Juli 2023 dan ditutup pada Selasa tanggal 7 Agustus 2023 untuk merebut 6 (enam) OPD yang disiapkan para pejabat Pelamar lelang Jabatan diantaranya : (1) Dinas SATPOL.PP (2) Badan Riset 
dan Inovasi Daerah, (3) Staf Ahli
bidang Perekonomian 
dan Pembangunan, (4) Dinas Tenaga 
Kerja, (5) Dinas Kelautan 
dan Perikanan, serta (6) Dinas 
Pengendalian
Penduduk dan KB Kota Bima


Namun hingga hari penutupan Selasa 7 Agustus 2023, 3 (tiga) kursi calon Pimpinan OPD tercatat kurang Pejabat yang mendaftar atau belum terpenuhi syarat karena pelamar tidak lebih dari 2 hingga 3 orang sesuai yang ditetapkan syarat minimal 4 orang yaitu; 1. Calon Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Kota Bima,
2. Calon Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bima, dan 
3. Calon Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima.


Atas hambatan ini. Ketua Pansel mengeluarkan Surat pengumuman Perpanjang jadwal pendaftaran tgl 8 Agustus 2023 Sampai dengan tgl 16 Agustus 2023 dengan surat Nomor :
005/PANSEL-KOTA BIMA/VIII/2023 tentang Perpanjangan Jadwal Pendaftaran 
Seleksi Terbuka Pengisian JPTP
Pemkot Bima Tahun 2023 ditandatangani Ketua pansel
Drs. H. Muhammad Fakhrunraji, M.E. Sekaligus DAFTAR Skedul perincian jadwal Pelaporan PANSEL ke Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE hasil Seleksi hingga Pengumuman dan Pelantikan Pejabat Lolos Seleksi yaitu 30 Agustus sampai 31 Agustus 2023 Hari Pelantikan, kecuali 1 OPD yaitu Kadis PPKB yang diberi tugas oleh Pansel untuk dilantik PENJABAT (Pj) Walikota Bima tanggal 3 Nopembet 2023


Namun ternyata Kondisi minat ASN sampai hari penutupan putaran ke-2 Rabu tanggal 16 Agustus 2023 untuk mengikuti kompetisi lelang Jabatan makin mencengangkan. Daftar SKEDUL Pansel-pun sudah meleset dan waktu Pelaksanaan seleksi JPTP digeser lagi sampai 1 minggu kedepan, dikarenakan Pelamar 2 OPD tidak memenuhi syarat minimal 4 orang yaitu; OPD Nakertrans pelamar hanya 3 orang, dan Satpol.PP juga 3 orang yang seharusnya aturan baru saat ini minimal 4 orang.


Kepala BKPSDM Kota Bima Drs. A. Wahid dikonfirmasi Londa Post membenarkan Skedul Pansel JPTP tersebut pasti berubah lagi." Rencananya tanggal 31 Agustus digelar Pelantikan 5 orang Pejabat hasil Seleksi JPT saat ini dan 1 orang tanggal 3 Nopember." Ucapnya. Namun oleh karena syarat minimal peserta masih kurang, maka Seleksi JPT diundur lagi hingga 1 minggu kedepan dengan sendirinya Skedul Pengumuman dan Pelantikan akan berubah pula." Ucap Abd.Wahid pada Londa Post Via Hp 17 Agustus 2023 Kamis Sore tadi.


Sekedar Publik Ketahui. Kurangnya minat ASN mengikuti lelang Jabatan dijajaran Pemkot Bima ini, dipicu Issu sebelumnya yang tersiar bahwa seleksi pengisian jabatan Tinggi Pratama jajaran Pemkot Bima saat ini, dinilai syarat dengan nepotisme dan kepentingan tertentu. " Saya sudah mengantongi nama-nama sejumlah Pejabat yang akan menduduki jabatan kosong di Jajaran Pemkot Bima sebelum digelar pelaksanaan Seleksi Jpt Agustus 2023 ini, percuma saja yang lain mau optimis lolos seleksi Calon Kepala Dinas." Ucap Wahyudi Ardianyas,SH kepada Londa Post.


2 (dua) kali penundaan Waktu Pendaftaran Calon Kepala Dinas di jajaran Pemkot Bima saat ini, mengundang sorotan Publik " Seleksi JPTP OPD Kota Bima dinilai terlalu di-Paksakan" banyak kalangan memuji Sikap ASN Jajaran Pemkot Bima yang tidak berminat dan rasa Pesimis mengikuti Seleksi Calon Pejabat Kepala Dinas Daerah ini." Hebat ASN Jajaran Pemkot Bima yang tidak berminat ikut Seleksi JPTP saat ini, menunjukkan Ksatrianya Sebagai ASN yang memiliki SDM tinggi secara tidak langsung mencegah dugaan Praktek Nepotisme dalam rekruitmen Calon Kepala Dinas di Daerah "Maja Labo Dahu" ini." Ucap  Muhammad salah seorang  tokoh masyarakat Kota Bima. (Jev londa).