Mengenal Secara Dekat Profil Drs. Edy Suharmanto, M.Si, Calon Kuat Pj.Walikota Bima 2023-2025

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Mengenal Secara Dekat Profil Drs. Edy Suharmanto, M.Si, Calon Kuat Pj.Walikota Bima 2023-2025

Selasa, 22 Agustus 2023

 


Kota Bima. Londa Post.- Gembar gembor sejumlah nama beredar luas diseputar kawasan Tanah Bima bakal menduduki Tahta Pemimpin Kota Bima selaku Penjabat (Pj) Walikota mulai terkuak pantauan LONDA POST di pekan akhir setelah HUT RI KE- 78 tahun 2023 ini. Publik mulai menyorot dan membidik satu nama Putra daerah terbaik yang digadang-gadang menjadi orang nomor Wahid Top Eksekutif di jajaran Kota bermotto " Maja Labo Dahu" ini. Ia adalah Drs. Edy Suharmanto, M.Si yang kini menduduki Jabatan: Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran di Kementerian Dalam Negeri RI.


Sekedar Ulasan Londa Post untuk Publik: Usulan kandidat penjabat (Pj) kepala daerah diajukan oleh gubernur dan DPRD, namun Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Presiden RI mendelegasikan Kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk menetapkan Pj bupati dan wali kota Hal tersebut disampaikan Mendagri M.Tito Karnavian, melalui keterangan tertulisnya sejak Mei 2022 lalu. “Usulan Pj kepala daerah yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah diatur sesuai dengan mekanisme UU dan asas profesionalitas," kata Tito.


Hal ini menurut pandangan Publik, usulan Gubernur dan DPRD setempat terkait Pj.Gubernur, Bupati dan Walikota bukanlah Surat Sakti dan atau Takdir penentu seseorang bisa ditetapkan sebagai Pj.Kepala Daerah dikarenakan Pihak Kemendagri RI juga diberi ruang Peraturan yang ada untuk mengusulkan 3 nama Calon Pj Kepala Daerah diberbagai Tingkatan sekaligus Penentu Penetapan Penjabat Kepala Daerah dari Seleksi Timsus dari Kemendagri itu sendiri.


Lantas Bagaimana dan Siapa Drs.Edy Suharmanto,M.Si ini ?..Mari kita mengenali secara Dekat Profil Putra Daerah ini yang dihimpun Londa Post untuk bahan Pengenalan Keluarga Besar Tanah Bima ini. Melalui perwakilan Rakyat di Legislatif Kota Bima dan sudah diusulkan ke- Kementerian Dalam Negeri RI Senin 7 Agustus 2023 baru lalu, melalui Pintu Deputi Otonomi Daerah Kemendagri RI dan satu bundel diserahkan kepada Sekjen Kemendagri RI oleh Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan,S.Adm didampingi Sudirman DZ,SH Ketua Pansus, dan Taufiq H.A.Karim,SH Ketua Komisi II DPRD Kota Bima, nama BUNG EDY sapaan Akrabmya diurutan Pertama dari 3 nama diusulkan.


Profil Bung Edy, lahir di Bima 31 Desember 1966, Agama Islam, Jabatan Sekarang, Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri-RI, Pangkat/Golongan Pembina Utama Muda Gol. IVc. Saat ini beralamat Kunciran Mas Permai Blok K20 no 26 Rt 07/01 Kota Tangerang-Propinsi Banten.


Riwayat Jabatan/ Pekerjaan: 1. Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri-RI. 2. Kepala Sub Direktorat Sarana Prasarana dan Informasi bencana Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran. 3. Kepala Sub (kasub) Direktorat penyelesaian kebijakan pada direktorat produk Hukum Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri-RI. 4. Kasub Direktorat Fasilitas pendataan Penduduk pada Direktorat pendataan Penduduk Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil.


5. Kasub Tata Opersional dan Standarisasi Pol.PP pada Direktorat Pol.PP dan Linmas. 6. Kasub Direktorat Operasional dan Sarana Prasarana Pol.PP Direktorat Pol. dan Linmas  Ditjen Bina Administrasi  Kewilayahan  Kemendagri -RI. 7. Kasub Direktorat Peningkatan Kapasitas SDM POL PP Direktorat Pol.PP dan Linmas Ditjen Pemerintahan. 8. Kasi Fasilitas Konvensi Internasional pada Subdit Perlindungan Hak-hak Sipil dan Ham Direktorat Ketentraman Ketertiban dan Linmas. 9.Kasi Informasi dan Kesiagaan pada Subdit Perlindungan masyarakat Ditjen Ketentraman Ketertiban dan Linmas. 10. Kasi Fasilitas Pencegahan dan penangkalan Wilayah pada Subdit Pencegahan Penangkalan Ditjen Trantib.


Riwayat Diklat Struktural: 1. Diklat Pim II angkatan tahun 2022 di Jakarta. 2. Diklat Pim Tk.III tahun 2008 di Jakarta. 3. Diklat Pim IV 2005 di Semlak. Untuk Diklat Fungsional yaitu Manajemen Proyek angkatan II tahun 2003 dijakarta di selenggarakan oleh DEPDAGRI. RIWAYAT PENGHARGAAN dan TANDA JASA: 1. Pada tahun 2014 meraih  Satya Lencana Pengabdian 20 tahun dari Kemendagri RI. 2. Tahun 2002 meraih penghargaan Satya Lencana Pengabdian 10 tahun dari Depdagri - RI.


Berikut Nama- nama Keluarga Bung Edy. Nama Istri: Aeni Mutmainnah,S.Pd, lahir di Kota Mataram 17-04- 1973, Pekerjaan PNS. Berikut nama-nama 3 buah hatinya yaitu; 1. Fitriana Maghfiran, lahir di Jakarta 28 oktober 1998, Pekerjaan ASN. 2 Muhammad Fadel Azka, lahir di Jakarta 27 Agustus 2005, dan terakhir bernama Hanif Mutawali lahir di Jakarta 15 Agustus 2010.


Berikut nama Sang Ayah dan Ibu Bung Edy. Sang Ayah bernama H.Jamaluddin, lahir di Tanah Wera Kabupaten Bima 31 Desember 1942, Sementara Sang Ibu bernama Hj.Jubaedah, lahir di Tanah Dodu RasanaE Timur Kota Bima pada 01-01- 1952. Sang Ibunda beliau yang  dikenal bersahaja di Tanah Wera dan Dodu Bima NTB ini telah meninggal Dunia. Semoga Arwah Almarhumah mendapat Tempat yang layak disisi Allah SWT. Amin Ya Rabb. (Jev Londa).