DEWAN PENDIDIKAN MEREFLEKSI PEMBANGUNAN DAERAH SELAMA SATU PERIODE MASA KEPEMIMPINAN HML WALI KOTA BIMA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

DEWAN PENDIDIKAN MEREFLEKSI PEMBANGUNAN DAERAH SELAMA SATU PERIODE MASA KEPEMIMPINAN HML WALI KOTA BIMA

Sabtu, 25 Maret 2023

Kota Bima. Londa Post.- Sebagaimana kita ketahui. Hanya tinggal beberapa bulan atau tepatnya 26 September 2023, Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE (HML) akan memasuki Purna Tugas selaku Kepala Daerah. Sebagai wujud kemitraan Dewan Pendidikan Kota Bima dengan Pemerintah Kota Bima, Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima Drs.Abd.Azis, Mpd mengapresiasi dukungan penuh Pemkot Bima dalam kemajuan Pendidikan daerah ini.


Menurut Abd.Azis, sudah sepatutnya Pengurus Dewan Pendidikan Kota Bima ikut memaparkan refleksi pembangunan daerah selama satu periode masa kepemimpinan Walikota Bima HML tahun 2018-2023. " Refleksi pembangunan tersebut ditujukan untuk mengingat lika-liku perjalanan dan capaian pembangunan Kota Bima yang kami nilai sudah mewujudkan visi-misinya yakni menjadikan kota Bima hebat dan sejahtera melalui pintu sejumlah program serta komitmen yang dicanangkan di masa kepemimpinannya." Jelas Abd.Azis


Diketahuinya, meskipun proses pembangunan Kota Bima di masa kepemimpinan HML sempat terhambat akibat wabah pandemi covid-19 selama dua tahun lamanya, namun kendala dan hambatan tersebut tidak menyurutkan HML untuk terus maju dan berupaya hingga meraih berbagai prestasi yang membanggakan selama lima tahun masa kepemimpinannya.


" Berbagai capaian prestasi dan apresiasi yang membanggakan tersebut tidak terlepas dari peran serta dukungan dari berbagai pihak, mulai dari jajaran unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita hingga berbagai organisasi serta Pimpinan Awak Media masa yang bekerjasama dengan Pemkot Bima, terlibat langsung di dalamnya. " Paparnya


Menurut Abd.Azis, tugas seorang pemimpin bukan hanya ditujukan untuk memberikan kepuasan saja, akan tetapi yang terpenting ialah dapat menjadi solusi dari berbagai macam persoalan dan permasalahan yang muncul dengan menyuguhkan solusi terbaik untuk kemasalahatan rakyat banyak, dan itulah bisa dan sudah dilakukan oleh H.Muhammad Lutfi,SE selaku kepala Daerah. Ucapnya.


Berikut Catatan yang menurutnya Kehebatan Kepemimpinan Walikota Bima HML pada satu periode masa jabatanya 2018-2023 yaitu: Pemkot Bima meraih Penghargaan PEMDA yang memiliki komitmen tinggi penyelesaian penyusunan Dokumen Grand Design Pembangunan Kependudukan(GDPK), 5 pilar Kota Bima tahun 2020-2045. Penghargaan di terima langsung Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE dari Gubernur NTB di  Mataram.


- Prestasi selanjutnya, Pemkot Bima berhasil meraih peringkat ke-2 Monitoring Center For Prevention ( MCP ) KPK-RI se-Propinsi NTB. Prestasi ini berkat kesuksesan menyelesaikan 8 area indikator penilaian dalam mengelola Manajemen Pemerinrahan daerah. 


- Dengan hasil kerja keras dan mendapat apresiasi publik. Pemkot Bima meraih penghargaan Anugerah Penyiaran(KPID) 2022 dari Gubernur NTB. Kota Bima salah satu daerah pemenang KPID tingkat daerah se- Propinsi NTB tahun 2022.


- Suatu prestasi yang luar biasa, pada pembukaan Musrenbang Propinsi NTB Kamis 31 Maret 2022 di Hotel Lombok-Raya Mataram, Pemkot Bima meraih Peringkat Pertama kategori Kabupaten/ Kota Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) se-Propinsi NTB tahun 2021. Tropy penghargaan diterima Oleh Sekda Kota Bima H.Muhtar Landa, MH.


Lagi-lagi pada hari dan tanggal yang sama Kamis 31 Maret 2022. Pemkot Bima sabet juara Pertama ajang Digital Innovation Award 2022 saat acara siaran langsung Tv nasional MNC Kamis, di Center Hall Kebun Sirih Jakarta Pusat. Wali Kota Bima HML langsung disuguhkan Satu Plakat penghargaan diatas Podium. 


Baru - baru ini, Pemerintah Kota Bima memperoleh penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, bertempat di Balai Sudirman Jakarta, Selasa 14 Maret 2023.


Torehan Pembangunan diberbagai Sektor diantaranya; Pembangunan Rumah Sakit Umum Kota Bima, Sejumlah Puskesmas termewah, Mesjid Nur Alatif di-halaman Pemkot Bima, pengembangan Sayap Kantor Walikota Bima, Pembangunan Taman Ama Hami dan Taman Kodo, penataan keindahan wisata pantai Lawata sebagai salah satu pendongkrak PAD, pembangunan jalan Jembatan hingga Bendungan dan Saluran irigasi pertanian.


Pada jangka menengah menurut pandangan publik secara umum telah terwujud pada sektor pertanian, Pariwisata, pertumbuhan ekonomi melalui dana Kelurahan dan pelayanan publik. Pengembangan layanan berbasis Tekhnologi informasi dengan diresmikannya Commad Center oleh Walikota Bima sebagai salah satu program unggulan Pemkot Bima memberi pelayanan yang cepat dan mudah bagi warga masyarakat. Pemasangan Wifi gratis pada berbagai kelurahan.


Gedung Pendidikan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar dan Menengah hingga Perguruan Tinggi, tidak luput dari perhatian HML Walikota Bima untuk merenofasi dan pembangunan baru ruang kelas, juga telah Sukses mendirikan satu Perguruan Tinggi Islam negeri ( IAIN ) di Kota Bima.


PEMBANGUNAN Bidang Keagamaan. H.Muh.Lutfi,SE, sangat memprioritaskan  bantuan pembangunan Mesjid diberbagai Kelurahan dengan pagu dana yang cukup memadai. Puluhan miliar membantu penyelesaian pembangunan Mesjid Raya Al-Muwahidin Bima dan puluhan Milyar untuk pembangunan disejumlah Mesjid dan Musholla Kelurahan di daerah ini.


Secara Umum dapat dijelaskan Pagu Dana yang sudah disuguhkan untuk pembangunan Masjid dan Musholla, tahun 2021 sebesar 6,4 Mlyr dengan jumlah Masjid mushalla 64, ,thn 2022 sebesar 6,5 Mly dgn jumlah Masjid dan mushalla 74, serta tahun 2023 untuk 101 masjid dan mushalla nominal bantuan sebesar 12 Mlr (sumber bagian Kesra SetdakotBima). Ini dapat dinilai jauh dari kebijakan dan perhatian pemerintah daerah ini sebelumnya.


Kemampuan dan kesuksesan Walikota Bima dikendali HML ini, telah mampu melakukan komonikasi elok dengan pihak Petinggi  Kabupaten Bima terhadap pengalihan Seluruh Asset Pemkab Bima kepada Pemkot Bima yang ada diwilayah hukum Pemkot bima, yang pada Pimpinan Daerah sebelumnya belum berhasil dan bnyak aral hambatanya.


Sementara untuk Jangka Panjang program GML yang signifikan pemanfaatan kemaslahatan rakyat, merencanakan pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) dan pembangunan Dam Raksasa dikawasan Timur Kota Bima berfungsi sebagai penangkal arus banjir dan penampung air untuk menopang kesuksesan peningkatan bidang pertanian rakyat Kota Bima khususnya disaat musim kemarau.


Ini langkah maju Kota Bima dibawah kendali HML dalam menakhodai Daerah ini, semua komponen elemen masyarakatnya terlebih kalangan Birokrasinya seiring sejalan dalam mendukung program pembangunan daerah Kota Bima. Kemajuan dan kesuksesan program pembangunan daerah ini, tidak luput dari adanya Keharmonisan Eksekutif dan Legislatif yang sama-sama berkomitmen kuat memajukan Daerah ini.


Sebagai Wujud keterbukaan informasi pada Rakyat daerah ini, berikut dibawah ini Prioritas pembangunan yang sudah pasti dilaksanakan di tahun 2023 atau diakhir masa jabatan HML Walikota Bima____



Inilah Refleksi kami Dewan Pendidikan Kota Bima yang tidak hanya apresiasi kemajuan dunia Pendidikan atas torehan HML, namun berbagai derap langkah inovasinya dalam mensukseskan kemajuan pembangunan daerah ini, patut direspon positif bagi kita warga masyarakat. Semoga Kota Bima tetap jaya dibawah payung Motto," Maja Labo Dahu." Tutup Abd.Azis. ( Jev Londa ).