BERKAT PERJUANGAN DAN DOA, JALAN NERAKA LINTAS DODU BAKAL DISULAP BAGAI JALUR MENUJU SURGA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

BERKAT PERJUANGAN DAN DOA, JALAN NERAKA LINTAS DODU BAKAL DISULAP BAGAI JALUR MENUJU SURGA

Rabu, 01 Februari 2023


Kota Bima. Londa Post.- Kondisi terkini jalan lintas Dodu-Wawo dan Sape Kabupaten Bima rusak parah. Kian hari Kerusakan jalan tersebut semakin memprihatinkan. Jalan lintas Dodu diperbaiki pada tahun 2018 silam. Jalan ini-pun masih jadi misteri. Jangankan warga setempat, kalangan pejabat daerah ini, Anggota DPRD Kota Bima dan Anggota DPRD Propinsi yang diwawancara LONDA POST, banyak yang tidak mengetahui Status jalan Neraka ini milik Pemkot Bima atau milik Propinsi NTB selaku penanggungjawabnya.


Berkali-kali pertanyaan, desakan warga, Pemerintahan Kelurahan Dodu hingga Media Londa Post mengetok pintu Ruangan para pejabat terkait, anggota Legislatif daerah ini sejak tahun 2020-2022. Hanya ada satu jawaban yang diperoleh,"  BELUM ADA ANGGARAN DAN soal STATUS JALAN DODU-SAPE," belum ada kejelasan masuk wewenang Pemkot atau Pemprof NTB.


Dengan kondisi jalan yang amat memprihatinkan ini, mendorong dan menggetarkan hati seorang pemimpin daerah ini H.Muhammad Lutfi,SE Wali Kota Bima mengambil kebijakan langkah program prioritas perbaikan diawal tahun 2023 ini, melakukan gebrakan Perbaikan total Jalan yang dianggap Jalan Neraka oleh puluhan ribu pengguna jalur ini. Jalan Dodu bakal disulap menjadi Jalan Surga bagi Pengguna kendaraan dikawasan Timur Kota Bima.


Informasi dan kepastian dimulainya pekerjaan proyek perbaikan jalan Lintas Dodu- Sape diawal tahun 2023 ini, dijelaskan oleh Perwakilan Dinas BAPPEDA Kota Bima saat gelar acara Musrenbang Kel Dodu 25 Januari 2023 Rabu baru lalu, dan pernyataan Salah seorang Kasi terkait di Bina Marga PUPAR Kota Bima 1 Pebruari 2023 Selasa Siang tadi." Untuk pengerjaan Jalan Lintas Dodu-Sape saat ini sedang kami proses tender, mohon warga setempat bersabar," Ucap Bung Edy sapaan akrabnya pada Londa Post di Dinas PU-PAR Selasa siang tadi.


Sekedar info publik. Jalan lintas Dodu-Sape, saat ini dilintasi ribuan kendaraan roda dua setiap hari. Keramaian kendaraan terpantau dari pagi hingga jam 10 malam. Pengguna jalan ini tidak hanya warga setempat, juga warga Kabupaten Bima pulang pergi hanya satu-satunya jalan ini jalur alternatif percepat lintasan pengguna kendaraan menuju tujuanya. Kalau tidak segera mendapat perbaikan, akan berbahaya bagi warga setempat dan pengguna jalan lainya yang melintasi jalur itu.


" Kami warga Dodu sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kota Bima saat ini khususnya Bapak H.Muhammad Lutfi,SE walikota Bima yang sudah mewujudkan harapan masyarakat untuk memperhatikan jalan Dodu yang rusak parah ini," ucap Faruk Maulana tokoh dan Aktivis Pemuda Dodu didampingi sejumlah tokoh masyarakat setempat saat diacara Musrenbang di Aula Kantor Kelurahan Dodu baru lalu.


Kepala Kelurahan Dodu Kecamatan RasanaE Timur Kota Bima Yahya M.Amin,SE dikonfirmasi Londa Post mengatakan; Pihaknya sudah mengajukan proposal pada oktober 2022 dan sudah langsung bertemu Walikota Bima untuk upaya perbaikan jalan Dodu. " Bapak Walikota Bima sudah acc proposal yang kami ajukan dan akan dikerjakan awal tahun 2023 ini. tentunya pengguna jalan harus bersabar terutama warga Dodu." jelas Lurah Dodu. 


Jalur Lintas Dodu. Adalah Jalur alternatif yang juga digunakan oleh wisatawan Komodo, Bali dan Tanah Toraja. Betapa hebatnya Kota Bima yang dijuluki  Kota Segi tiga Emas lintas wisatawan ini, jika Jalur lintas Dodu disulap jadi jalan Surga bagi puluhan ribu kendaraan melewatinya setiap hari.( Jev Londa ).