Dewan Pendidikan Dorong Kepala dan Komite Sekolah Bahu-membahu bangun Kualitas Pendidikan

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Dewan Pendidikan Dorong Kepala dan Komite Sekolah Bahu-membahu bangun Kualitas Pendidikan

Jumat, 14 Oktober 2022

 


Kota Bima. Londa Post - Dewan Pendidikan Kota Bima (DPKB) kembali melakukan kunjungan kerja diseluruh lembaga pendidikan yang ada dengan membagi tim binaan pada masing-masing kecamatan se-Kota Bima. Program sebar Kunker Tim DP ini bertujuan mewujudkan layanan dan kualitas pendidikan yang lebih baik di Kota Bima.


Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima Drs. Abd Azis, M.Pd, menegaskan, pentingnya sinergitas dan kolaborasi antara Dinas Pendidikan dalam hal ini kepala sekolah dengan komite sekolah. Dua lembaga ini, diinstruksikan bekerja sama saling bahu-membahu Mewujudkan layanan pendidikan Yang baik dan berkualitas.


“Kepala sekolah dan komite sekolah punya tanggung jawab besar. Keduanya saling melengkapi, saling mensuport agar proses belajar berjalan dengan baik,” kata Abd. Azis saat kunker disalah satu SDN di Kota Bima. Dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 pasal 3 ayat (1) sangat jelas jika komite sekolah bertugas mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Jelasnya.


Selain itu kata dia, Komite sekolah juga bertugas memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait, kebijakan dan program sekolah, Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RAPBS/RKAS). “Termasuk juga pengawasan kinerja sekolah, serta menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orang tua siswa dan masyarakat,” kata Ketua Dewan Pendidikan.


Mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima ini menegaskan, tupoksi komite sekolah sangat besar. Kepala sekolah dan komite tidak boleh saling mendahului. “Kalau memahami topuksi masing-masing  maka kepsek dan komite bisa membangun pendidikan dengan baik, tapi kalau kepala sekolah mau ambil tugasnya komite, maka tunggu kehancurannya, begitu pula sebaliknya,” tegas Abd. Azis.


Lebih jauh Abd.Azis katakan; pihaknya berharap agar apapun persoalan yang ada di Sekolah sebijak mungkin bisa diselesaikan disekolah tanpa harus melaporkanya ke-atas, baik ditingkat Dinas hingga petinggi Daerah." Tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan jika kita memiliki niat tulus untuk membangun pendidikan ditempat masing-masing, melalui musyawarah mufakat berlandaskan kekeluargaan. Demikian Paparan Ketua DP. Kota Bima saat kunker ke salah satu SDN awal Oktober 2022 baru lalu. (Jev londa).