Dewan Pendidikan Kota Bima. Gelar Rakor Penyusunan Program Persiapan Bimtek 2023

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Dewan Pendidikan Kota Bima. Gelar Rakor Penyusunan Program Persiapan Bimtek 2023

Rabu, 10 Agustus 2022




Kota Bima. Londa Post.- Dewan Pendidikan Kota Bima menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penyusunan program bimtek Cipta Sekolah Ramah Anak untuk tahun 2023 yang dilaksanakan di aula Rapat Dewan Pendidikan Kota Bima pada 10 Agustus 2022 Rabu dini hari tadi.


Memperhatikan situasi dan kondisi akhir-akhir ini, terhadap maraknya perilaku anak-anak yang dinilai miris dengan perilaku melanggar hukum seperti terjadi korban main panah, narkoba dan sejenisnya. Mendorong Dewan Pendidikan Kota Bima untuk bersinergi dengan Pihak Dinas Pendidikan melaksanakan Bimtek khusus upaya menangkal bahaya panah dan narkoba terhadap anak usia Sekolah.


Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima Drs. Abd.Azis,MM kepada media ini mengatakan; Cipta Sekolah Ramah Anak (CSRA), diharapkan mampu menjamin anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya serta mendukung partisipasi anak tertuma dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran,dan pengawaasan. Tidak sedikit anak saat ini terlibat pada hal-hal yang melanggar hukum. Jelasnya


Untuk menghindari hal tersebut kata mantan Kadis Dikpora ini, dibutuhkan kepekaan semua elemen khususnya lembaga pendidikan bersinergi dengan pihak keamanan terkait guna mengedukasi anak terhadap bahaya narkoba, panahan dan tindakan yang mengarah pada sikap anak melanggar hukum. Paparnya.


Lebih jauh dikatakanya, peran aktif berbagai unsur sangat diharap dalam mendukung terselenggaranya Cipta Sekolah Ramah Anak." pada momentum bimtek nanti melibatkan para kasek dan dewan guru pembina Osis, dan wali murid dalam payung anggota komite sekolah dengan narasumber dari; Ketua Puspa Kota Bima, Kasat Narkoba Polres Bima Kota, Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bima dan perwakilan BNN." Paparnya.


Hal yang ditekankan dalam  bimtek dimaksud adalah upaya menangkal dan mencegah tindakan pelecehan seksual dan atau perilaku amoral. Karena dampak dari perilaku itu tidak hanya melanggar hukum, juga melanggar norma-norma sosial budaya daerah kita yang santun dan bermartabat. Jelas Abd.Azis.


Bimtek Cipta sekolah ramah anak menurut Abd.Azis akan sejalan dengan motto Kota Bima " Maja Labo Dahu," dimana karakter daerah (Kota Bima) sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat budaya daerah. Jelasnya.(jev londa).