Pemkot Bima Masuk Nominasi Penilaian Aplikasi " SIRAPP " Dari Kementerian PAN- RB Tahun 2022

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pemkot Bima Masuk Nominasi Penilaian Aplikasi " SIRAPP " Dari Kementerian PAN- RB Tahun 2022

Senin, 06 Juni 2022

 

 Syahruddin,SH. Kadis DP3A KOBI NTB

Kota Bima. Londa Post. - Pemerintah Kota Bima diajang inovasi Syistem informasi rumah aspirasi pemberdayaan perempuan (Sirapp) tercatat daerah masuk nominasi oleh Kementerian PAN-RB Republik indonesia tahun 2022. Hal ini berkat keseriusan Pemerintah Kota Bima dibawah kendali H.Muhammad Lutfi,SE dalam memajukan Kota Bima.


Kepala Dinas P3A Kota Bima Syahruddin,SH kepada Londa Post mengatakan; Inovasi Aplikasi SIRAPP bertujuan untuk melaporkan kasus-kasus kekerasan anak dan perempuan yang terjadi dimasyarakat dan untuk melaporkan kejadian-kejadian bencana dan kerusakan infrastruktur pemerintah yang ada di kota Bima. Ungkapnya.


Kementerian PAN-RB pada tanggal 2 juni 2022 baru lalu, mengeluarkan pengumuman kompetisi daerah-daerah nominasi pelayanan publik tahun 2022 nomor: B/248/PP.00.05/2022, Salah satunya Pemerintah Kota Bima untuk ajang kompetisi nominasi inovasi SIRAPP 2022.


" Saya dari Dinas DP3A Kota Bima berharap bahwa kita (kota Bima) saat ini, sedang berada pada posisi menuju 99 dari ratusan daerah pesaing. Setelah itu masuk pada 45 besar nominasi SIRAPP se-Indonesia." Dengan itu sangat diharapkan dukungan Stakeholder untuk memanfaatkan aplikasi ini, melaporkan kejadian-kejadian yang muncul dimasyarakat, sehingga dapat ditindak kanjuti OPD-OPD lainya atas pengaduan- pengaduan masyarakat." Jelasnya.


" Adapun SIRAPP ini, Dinas DP3A Kota Bima telah sosialisasikan pada 12 rumah aspirasi di Kota Bima sebagai wadah untuk tempat aktifitas masyarakat termasuk OPD, tempat pertemuan oleh OPD maupun masyarakat yang terkait permasalahan kekerasan perempuan dan anak, juga wadah kegiatan dan aktifitas masyarakat yang bertalian dengan program rumah aspirasi. Jelas Syahruddin.


Lebih jauh Kadis DP3A katakan, aplikasiI Sirapp merupakan pendekatan pelayanan secara online yang terkait dengan pengaduan masyarakat yang terjadi dalam lingkunganya, sehingga dengan cepat dapat ditindaklanjuti oleh OPD terkait dan Pengaduan atas munculnya tindak kekerasan perempuan dan anak melalui aplikasi SIRAPP ini dengan cepat tepat dan akurat penanganan kasus yang masuk melalui sirapp. Jelasnya.


Harapannya kata dia, aplikasi SIRAPP ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,    DP3A akan menyebarluaskan aplikasi sirapp pada seluruh kelurahan untuk meraih top 99 inovasi adanya pengaduan yang masuk dan menindaklanjutinya sampai dengan penyelesaianya. Jelas kadis diruang kerjanya 6 juni 2022 Senin dini hari tadi (jev londa).