SDN 05 Kota Bima Gelar Ujian Sekolah Berbasis Online

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

SDN 05 Kota Bima Gelar Ujian Sekolah Berbasis Online

Rabu, 20 April 2022


Kota Bima. Londa Post.- Sungguh suatu kemajuan yang luar biasa gagasan Kasek Sdn 05 Kota Bima dalam pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tahun 2021-2022 sekarang ini. Pasalnya; US SDN 05 beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang tidak menggunakan ujian sekolah dengan online.


Kasek SDN 05 Kota Bima Suhardin, Spd, Msi mengatakan; Pada  tahun pelajaran 2021-2022 ini SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima menggelar Ujian Sekolah (US) berbasis web, dengan menggunakan fasilitas Android dan crombook. Sebelumnya US selalu dilakukan dengan berbasis tulis/kertas. Ungkapnya.


Hal ini dilakukan kata dia, karena secara proses dan hasil jauh lebih efektif dan efisien. Peserta US tahun ini sebanyak 89 orang, terdiri atas 41 laki-laki dan 48 orang perempuan. US terdiri dari ujian praktik dan ujian tertulis. US praktik telah dilaksanakan pada tanggal 11 s.d 16 April yang lalu untuk mata pelajaran PAI, PJOK, MULOK Bahasa Indonesia dan IPA. Jelasnya.


Lebih jauh suhardin katakan, ujian tertulis mulai tanggal 18 sampai 23 April 2022 mendatang, tahun ini penyelenggaraan  US diserahkan sepenuhnya kepada sekolah, maka mulai persiapan administrasi, penyusunan soal maupun pengawasannya dilakukan sendiri oleh sekolah. 


" Alhamdulillah, tahun ini benar2 mulai diberikan secara penuh kewenangan dan  otonomi sekolah yang sebenarnya sudah bertahun-tahun menjadi keinginan sekolah dan kebijakan pemerintah pusat." Ungkapnya.

Ujian sekolah dengan syistim online menurut Kasek Suhardin, sangat membantu, dikarenakan guru tidak perlu lagi repot membuat predeksi jawaban guna mempredeksi nilai para siswa.


Karena pada dasarnya ujian sekolah berbasis online ini sangat membantu karena efektif dan efisien, para siswa akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Jelas Suhardin.


Pihaknya berharap, peran serta orang tua siswa sangat dibutuhkan pihak sekolah, karena ujian sekolah berbasis online ini, tentu membutuhkan sarana dan prasarana penunjang yang memadai seperti: Laptop, Computer atau hp bagi siswa yang tidak memiliki Laptop. Ujarnya.


Ujian sekolah berbasis online ini kata dia, adalah inovasi langkah maju dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, dengan harapan terciptanya sumberdaya siswa yang memiliki kualitas serta intelektualitas yang tinggi menghadapi perkembangan tekhnologi saat ini. Jelas Kasek Suhardin yang juga Ketua PGRI Kota Bima ini. ( Jev Londa ).