FIGUR PENGGANTI ANTAR WAKTU PJ WALIKOTA BIMA HARUS PAHAM KARAKTERISTIK DAERAH, SEKDA MUHTAR LANDA COCOK

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

FIGUR PENGGANTI ANTAR WAKTU PJ WALIKOTA BIMA HARUS PAHAM KARAKTERISTIK DAERAH, SEKDA MUHTAR LANDA COCOK

Minggu, 19 Mei 2024

 


Kota Bima. Londa Post.- Dahsatnya kabar tersiar di tanah Bima, Pj Walikota Bima Ir.Mohammad Rum akan mundur dari Jabatanya dengan alasan ikut Kontestasi Pilkada Kota Bima 2024 mendatang mendapat respont positif banyak pihak di daerah ini. Dan barometer kepuasan publik atas kepemimpinanya telah terukur capai diatas 50 porsen lebih.

Namun dibalik pengunduran diri Pj Walikota Bima HM.Rum nantinya akan dilakukan Pengusulan ulang 3 nama calon pengganti  Pj Walikota Bima oleh Gubernur NTB dan DPRD Kota Bima untuk mengganti pj walikota Bima yang mengundurkan diri, yang selanjutnya di ajukan ke Mendagri Ri untuk dilakukan Verifikasi dan penilaian sekaligus penentu akhir salah satu 3 nama untuk direkom sebagai Pj Walikota Bima pengganti antar waktu.

Sebagaimana dukutip arahan mendagri Tito Karnavian yang mengatakan, penunjukan penjabat (pj) gubernur, bupati, walikota melalui proses yang panjang sebagaimana diatur dalam undang-undang. Proses itu dimulai dari penjaringan nama-nama calon. Pada tahap ini, klaim Tito, pihaknya mendengar usulan atau masukan dari masyarakat dan pihak-pihak lainnya.

Atas dasar ini" Media Londa Post" mencoba meminta isi hati dan suara masyarakat, para tokoh terkemuka tanah Bima, yang pada umumnya menyuarakan bahwa penjabat pengganti Pj Walikota Bima HM.Rum nantinya adalah Figur Putra Daerah yang memahami karakteristik dan budaya daerah. Kebetulan nama Sekda Kota Bima H.Muhtar Landa adalah figur calon pj walikota Bima yang diusulkan Rakyat melalui DPRD Kota bima senin 7 juli 2023 di Kemendagri RI dari 3 nama calon.

Berikut deretan Tokoh Bima-Kota Bima yang meminta agar Figur Sekda kota Bima Drs.H.Muhtar Landa yang memahami Karakteristik daerah, budaya daerah, hingga ruang lingkup kebirokrasian jajaran Pemkot Bima cocok menjadi pj walikota Bima pengganti antar waktu: 

1. Ir.H.M.Rum mantan Sekda Kota Bima, 2. Suhardin, S.Pd.M.Si (ketua PGRI Kota Bima,3. Drs. Abd.Azis,Mpd ( ketua Dewan Pendidikan Kota Bima, 4. Drs.H.Abd.Gawis (mantan Asisten 1 Pemkot Bima/purna tugas), 5. Mukhlis, M.E.S.E (dosen Univ.Nggusu Waru Bima/akademisi). 6. Casman,SH,MH (Praktisi Hukum senior tanah Bima), 7. Al-Ust. Anhar Zakariah ( tokoh ulama Bima), 8. Budiman ,SH DPW LSM kipang ntb dan 9. Ilhamudin,SH salah satu Pimpinan media masa Bima (wartawan). Serta dukungan sejumlah elemen masyarakat Kota bima lainnya dalam waktu dekat akan mengajukan surat pada Mendagri RI.

Sekedar info publik. Lembaga Legislatif Kota Bima pada 7 juli 2023 lalu, terdiri dari Ketua DPRD Alfian Indrawirawan,S.Adm, Sudirman DZ,SH Ketua Pansus, dan Taufiq H.A.Karim,SH Ketua Komisi II, sudah menyerahkan 3 nama Calon Pj.Walikota Bima kepada: Deputi Otonomi Daerah Kemendagri RI dan satu bundel diserahkan kepada Sekjen Kemendagri RI, ketiga nama tersebut nomor urut pertama Drs.Edy Suharmanto,M,Si, ke-dua, Ir.H.Muhammad Rum dan ke-tiga Drs.H.Muhtar Landa. 2 nama sudah direkom jadi Pj Kepala Daerah yaitu Edy Suharmanto dan Ir.Mohammad Rum. (Jev londa).