3 NAMA CALON PJ WALIKOTA BIMA DIUSULKAN DPRD 2023, 2 SUKSES 1 DIPASTIKAN PENGGANTI H.M.RUM UNDUR DIRI

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

3 NAMA CALON PJ WALIKOTA BIMA DIUSULKAN DPRD 2023, 2 SUKSES 1 DIPASTIKAN PENGGANTI H.M.RUM UNDUR DIRI

Minggu, 19 Mei 2024

 


Kota Bima. Londa Post.- Ke- tiga putra terbaik tanah bima tersebut adalah: Drs. Edy Suharmanto,M.Si, Ir.Mohammad Rum,MT dan Drs. Muhtar Landa,MH. 3 figur birokrasi ini sebelumnya awal Juni 2023 lalu, diusulkan rakyat kota bima bakal menduduki calon Penjabat (pj) Walikota Bima pengganti HM.Lutfi,SE yang berakhir masa tugasnya 26 September 2023 lalu.

Inilah 3 nama diusulkan DPRD Kota Bima 7 Juli 2023 pada Irjen Kemendagri RI, bakal Calon Pj Walikota Bima (dok.londapost)


Dari sejumlah edisi Pemberitaan media LONDA POST sebelumnya, 3 Tokoh birokrat tanah bima ini sama-sama layak untuk menduduki jabatan strategis Top eksekutif petinggi daerah ini, karena memang ke-tiganya berpengalaman dibidang pemerintahan, dan dikenal masyarakat luas.

Ke- 3 figur inilah yang di ajukan Ketua DPRD Kota Bima dan Ketua Pansus Dewan pada Mendagri RI Senin 7 juli 2023 lalu untuk dipilih satu dari mereka menduduki jabatan Pj Walikota Bima, Seperti Drs. Edy Suharmanto, M.Si yang kini menduduki Jabatan: Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran di Kementerian Dalam Negeri RI. Drs. H.Muhtar Landa,MH Sekda Kota Bima, Ir.H.Mohammad Rum,MT yang kini menjabat Kepala Dinas PU PAR Propinsi NTB.

Rupanya rakyat kota Bima melalui perwakilanya di legislatif memilih Tiga nama ini dan mengerucut hingga diserahkan Dokumenya pada Kemendagri RI oleh Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan,S.Adm, didampingi Ketua Pansus Penjaringan Pj.Walikota Bima Sudirman, DZ,SH,MH, serta Ketua Komisi II DPRD Kota Bima TaufiQ H.A.Karim, SH pada Kemendagri 7 juli 2023 lalu.

Dari sejumlah suara dan harapan Tokoh politik, toga toma, hingga anggota serta Pimpinan Legislatif Kota Bima dihimpun Londa Post, menyebut tiga nama tersebut diatas sangat cocok mengendalikan roda pemerintah Kota Bima menduduki jabatan Penjabat Walikota Bima untuk masa waktu 1 tahun delapan bulan dari efek Pemilu - Pilkada tahun 2024.

Dalam wawancara Londa Post dengan Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan,S.Adm saat itu; Pihaknya pada Senin 7 Agustus 2023, sudah menyerahkan Dokumen 3 nama Pj.Walikota Bima kepada Kementerian Dalam Negeri RI dari hasil seleksi yang sudah dirangkum Panitia Khusus (Pansus) penjaringan calon Pj melalui usulan anggota Dewan hingga sejumlah Komisi serta usulan masyarakat Kota Bima berkompeten.

" Kami bertiga yaitu saya sendiri Ketua DPRD, Sudirman DZ,SH Ketua Pansus, dan Taufiq H.A.Karim,SH Ketua Komisi II, sudah resmi menyerahkan 3 nama Calon Pj.Walikota Bima kepada: Deputi Otonomi Daerah Kemendagri RI dan satu bundel diserahkan kepada Sekjen Kemendagri RI, ketiga nama tersebut nomor urut pertama Drs.Edy Suharmanto,M,Si, ke-dua, Ir.H.Muhammad Rum dan ke-tiga Drs.H.Muhtar Landa." Ucapnya.

Dan dari 3 nama diusulkan DPRD Kota Bima tersebut, nama Ir.Mohammad Rum mendapat Rekom kemendagri untuk menjabat Pj walikota serta sukses dilantik di Mataram pada 26 September 2023 sekaligus serah terima jabatan dengan H.Muhammad Lutfi,SE Purnatugas Walikota Bima 26 September 2023. Sementara Drs.Edy Suharmanto,M,Si dilantik menjadi Pj Bupati Bombana Sulwesi Tenggara (Sultra) pada Senin 27 Nopember 2023 nenggantikan Ir. H. Burhanuddin M.Si.

Pihak DPRD Kota Bima kepada Mendagri berharap untuk sosok figur yang menduduki pj Walikota Bima, tentu memahami dan mengenal karakteristik dan budaya Bima, terutama komitmen kuat memajukan daerah, keamanan daerah, kenyamanan serta kesuksesan jalanya hajat Nasional Pemilu dan Pilkada Kota Bima 2024 mendatang." Ucap Dae Pawan.

Dari fakta tersebut diatas, Pj Walikota Bima Ir.Mohammad Rum, sudah berjalan 8 bulan Pj Walikota Bima dipastikan akan mengundurkan diri dari Pj Walikota Bima dengan Alasan Calon Pilkada 2024, maka rakyat Kota Bima HANYA ADA 2 PILIHAN MEMINTA PADA MENDAGRI RI dalam merekom Pj Walikota Bima Pengganti Antar Waktu Ir.Moh Rum yaitu:

1. Sosok figur Pengganti pj Walikota Bima, harus memahami dan mengenal karakteristik dan budaya Bima, terutama komitmen kuat memajukan daerah, keamanan daerah, kenyamanan serta kesuksesan jalanya hajat Nasional pilkada serentak termasuk Pilkada Kota Bima 2024.

2. Menarik Sdr. Edy Suharmanto Pj Bupati Bombana Sultra dipindahkan menjadi Pj Walikota Bima. Mengingat nama sdr Edy suharmanto adalah salah satu figur diusulkan DPRD Kota Bima dari 3 nama calon pj walikota bima pada Mendagri RI 7 juli 2023 lalu, DAN ATAU," MENGANGKAT SEKDA KOTA BIMA DRS. H.MUHTAR LANDA,MH tanpa usulan ulang untuk menggantikan Pj Walikota Bima Ir.Mohammad Rum yang mengundurkan diri, karena nama Sekda Kota Bima juga salah satu yang sudah diusulkan DPRD Kota Bima dari 3 nama diminta Mendagri sebelumnya. (Jev londa).