RIMPU MANTIKA LOLOS KARISMA EVENT NUSANTARA DARI 110 TAMPILAN EVENT UNGGULAN TAHUN 2024

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

RIMPU MANTIKA LOLOS KARISMA EVENT NUSANTARA DARI 110 TAMPILAN EVENT UNGGULAN TAHUN 2024

Minggu, 28 Januari 2024

 

Tampak Pj Walikota Bima H.Mohammad Rum,ST,MT hadir saat Peluncuran KEN 2024 pada Sabtu (27/1) di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.


Kota Bima. Londa Post.- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, salah satu program unggulan untuk menarik kunjungan wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara ke berbagai daerah di Tanah Air. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, meluncurkan KEN 2024 pada Sabtu (27/1) di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Rimpu Mantika atau dikenal rakyat Tanah Bima merupakan rangkaian pakaian yang menggunakan dua lembar (dua ndo`o) sarung, kedua sarung tersebut untuk bagian bawah dan bagian atas. Lolos Karisma Event Nusantara pada acara Louncing sekaligus peluncuran Karisma Even Nusantara (KEN) Tahun 2024 diselenggarakan di Taman Mini Indonesia tepatnya di gedung Sasana Budaya Jakarta Sabtu Kemarin.

Kegiatan diawali dengan tampilan atraksi seni dan budaya dari berbagai daerah dan dihadiri oleh perwakilan dari 110 daerah yang diundang khusus untuk Louncing KEN tersebut. Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Bima H. Mohammad Rum, MT yang didampingi oleh Muhammad Natsir, M. Pd Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bima. 

Loncing event yang dibuka langsung oleh Menteri  Parekraf/Baparekraf Indonesia Bapak Sandiaga Salahudin Uno dan sejumlah pejabat teras nasional. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa KEN 2024 telah melalui proses kurasi yang sangat ketat selama 3 Bulan. memiliki filosofi dan harapan yang kuat bagi kemajuan nasional dan mendapat respon yang sangat positif dari berbagai negara di dunia.

Betapa tidak; Dalam beberapa tahun terakhir KEN selalu memberikan kontribusi nyata bagi bangkitnya budaya Indonesia dan memberikan keuntungan bagi bangkitnya ekonomi nasional. Lebih lanjut disampaikan bahwa Tahun 2024 melalui KEN ditargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru, penguatan promosi melalui media sosial serta memperkuat jejaring dan ekosistem event. Ada 110 event yang lolos tahun 2024 dengan Tema "Budaya Indonesia Panggung Dunia". Salah satunya adalah Festifal Rimpu Mantika dari Kota Bima. 

Mendukung hal tersebut Walikota Bima dalam statemennya menyampaikan selamat kepada Kadis Pariwisata dan seluruh stake holder yang terlibat. Lebih lanjut Beliau menyatakan bahwa setelah melalui kerja yang cukup yang akhirnya kita mencatat sejarah baru bahwa festifal rimpu Mantika lolos menjadi Karisma Event Nusantara. Tentu saja kita berharap agar kemasan festifal tahun ini dapat disajikan lebih atraktif, meriah dan menampilkan simbol simbol budaya dengan kemasan yang lebih menarik dan berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

Rakyat Tanah Bima, khususnya Kota Bima  wajib mengetahui bahwa  Budaya "rimpu" yang hidup dan berkembang sejak masyarakat Bima menerima islam yang dibawa oleh orang-orang Sulawesi melalui hubungan antara kerajaan Bima dengan Goa. Rimpu merupakan cara berbusana yang mengandung nilai-nilai khas yang sejalan dengan kondisi daerah yang bernuansa Islam (Kesultanan atau Kerajaan Islam). Oleh karenanya Budaya RIMPU MANTIKA MASUK Event Nasional dari 110 Daerah yang hadir pada acara KEN di Jakarta Sabtu Kemarin. Hal ini sejalan dengan Komitmen Pj Walikota Bima H.M.Rum menumbuh kembangkan nilai budaya Daerah Bima "Rimpu Mantika" aset bagi keberadaan Pariwisata Kota Bima.  (Jev Londa).