INTERVENSI LAPANGAN PJ WALIKOTA BIMA GENCAR TEKAN INFLASI TEROBOSAN PASAR MURAH

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

INTERVENSI LAPANGAN PJ WALIKOTA BIMA GENCAR TEKAN INFLASI TEROBOSAN PASAR MURAH

Jumat, 12 Januari 2024

 


Kota Bima. Londa Post.- Jelang Pelaksanaan Evaluasi kinerja Pj Kepala Daerah khususnya Pj Walikota Bima oleh Mendagri RI 15 Januari 2024 di Jakarta pekan depan, H.M Rum gencar intervensi lapangan memimpin langsung penanganan Inflansi melalui operasi Pasar dan Pasar Murah.

Sesuai jadwal Evaluasi kinerja Pj Kepala Daerah Triwulan Pertama oleh Mendagri Ri, Penjabat Wali Kota Bima sedianya digelar pada 15 Januari 2024 bersama 5 kabupaten/kota se Indonesia. Saat itu nanti, seluruh Pj Bupati dan Pj Walikota akan memaparkan capaian program kerjanya dihadapan Tim Evaluasi.

Dan yang menonjol biasa ditanyakan Tim evaluasi Mendagri  adalah seputar capaian Kinerja Penurunan Inflasi Daerah, penanganan Stunting, serta Pengamanan Pemilu 2024 termasuk indeks netralitas ASN didaerah menghadapi Pemilu 2024 mendatang. 

Pada 12 Januari 2024 Kamis kemarin, Penjabat Wali Kota Bima melakukan inspeksi langsung di Komplek Pasar Amahami sebagai bagian dari operasi pasar yang digelar untuk mengawasi dan memastikan stabilitas harga bahan pokok. Dalam sidaknya, beliau secara langsung memantau perkembangan harga bahan pokok dan berdialog dengan pedagang serta pengunjung pasar Amahami.

Operasi pasar ini digelar dengan melibatkan Perum Bulog Cabang Bima dan beberapa OPD terkait serta Bagian Ekonomi Setda Kota Bima yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Bima. Operasi pasar ini menggelar berbagai komoditas bahan pokok dengan harga terjangkau guna menekan laju inflasi di Kota Bima.

Terungkap berbagai keluhan yang disampaikan oleh beberapa pedagang dan pengunjung terkait kondisi harga bahan pokok yang dirasa masih belum stabil dan mengalami kenaikan harga. Selain itu juga beberapa pedagang mengeluhkan kondisi infrastruktur jalan dan sistem drainase di komplek pasar amahami yang masih belum optimal.

Pj. Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT, memberikan respon tegas terhadap keluhan mengenai kenaikan harga bahan pokok, terutama cabai, bawang merah, beras, dan telur. Beliau menyatakan kepedulian dan berkomitmen untuk menanggulangi masalah tersebut dengan langkah-langkah konkret.

Pj. Wali Kota Bima berkomitmen untuk mengintensifkan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga. Selain itu, berkoordinasi erat dengan Perum Bulog Cabang Bima dan komunitas pertanian untuk mencari solusi jangka panjang terkait produksi dan distribusi bahan pokok.

Selain itu, HM. Rum juga menguraikan solusi jangka pendek yang bisa dilakukan secara swadaya oleh masyarakat untuk menjaga stabilisasi harga bahan pangan melalui upaya pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam komoditas pertanian penyumbang inflasi seperti cabai merah dan sayuran. (Jev londa).

Berikut data terbaru Harga Sembako Kota Bima minggu ke-dua januari 2024. Dok Londa Post dari Dinas Koperindag Kota Bima.