SIAP-SIAP ! PJ WALIKOTA BIMA DALAM WAKTU DEKAT AKAN MEROMBAK KABINET PERDANANYA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

SIAP-SIAP ! PJ WALIKOTA BIMA DALAM WAKTU DEKAT AKAN MEROMBAK KABINET PERDANANYA

Rabu, 18 Oktober 2023

 



Kota Bima. Londa Post.- Memperhatikan kondisi yang berkembang dijajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, salah satunya efek dari pelantikan Jpt oleh Walikota Bima sebelumnya yang mengarah pada dinamika kontroversi publik daerah ini. Rasanya Pj Walikota Bima Ir.H.Muhammad Rum,ST,MT memandang perlu untuk segera mengambil langkah-langkah konkrik menetralisir serta melakukan penyesusian atas perkembangan yang ada.


Sebagaimana disampaikan mantan Petinggi Dinas PUPR Propinsi NTB ini pada sejumlah media beberapa waktu lalu, pihaknya selaku Pejabat yang berpengalaman di lembaga birokrasi sangat telaten memahami, memilih dan memilah ASN yang harus didudukkan pada porsi sesuai kompetensinya menjadi seorang pejabat.


Pada berita Media Londa Post sebelumnya. Gembar gembor pembatalan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait
rotasi dan mutasi Pegawai Negeri Sipil Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Bima. Senin, 25 September 2023 oleh Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE (mantan Walikota Bima) beberapa waktu lalu, kini rekom dimaksud sudah diterima Pj Walikota Bima.


Dikabarkan Surat rekomendasi KASN tersebut, ditujukan kepada pj Wali Kota Bima, berikut penjelasan nama-nama sejumlah pejabat Jpt yang dibatalkankan pelantikannya dan di sarankan untuk seleksi ulang JPT guna mengisi kekosongan. 


Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) satu-satunya lembaga berwenang menjaga netralitas Pegawai ASN; melakukan pengawasan atas pembinaan profesi ASN; dan melaporkan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Manajemen ASN kepada Presiden. Berdasarkan hasil pengawasan, KASN itulah merekomendasikan kepada pj walikota Bima dibatalkan Proses seleksi hingga pelantikan Jpt di jajaran Pemkot Bima, karena dinilai cacat Formil.


Atas Rekomendasi Pembatalan pelantikan puluhan ASN termasuk 4 Pejabat hasil seleksi JPT tersebut, LONDA POST mengkonfirmasi kepada Penjabat Walikota Bima Ir.H.Muhammad Rum,ST,MT pada Senin 16 Oktober 2023 baru lalu dan mendapat jawaban; Pada prinsipnya  Pj Walikota Bima menjaga kondusifitas daerah terutama jajarannya yang ada.


Ditanya apa saja point-point krusial dalam rekomendasi KASN, pihaknya enggan menjelaskan." Pokoknya Pak Jev wartawan Londa Post Tunggu saja Pelantikan  yah ditunggu saja Pelantikan ASN yang akan digelar nanti." Jelas H.Rum Via Hp Londa Post.


Ditilik dari hasil konfirmasi Londa Post dengan Pj Walikota Bima tersebut. Dapat disimpulkan bahwa Pj Walikota Bima akan mengajukan permohonan persetujuan Mutasi dan Rotasi Kabinetnya ke Kemendagri atas dibatalkanya SK Pelantikan Oleh Walikota Bima sebelumnya.


Setelah mendapat rekomendasi Mutasi dan Rotasi di Kemendagri, akan lebih lanjut meminta lagi rekomendasi KASN dan BKN sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan tata cara Pengisian Jabatan Tinggi Pratama. Tentunya Pj Walikota Bima tidak akan terburu-buru, konsultasi dengan KASN dan BKN harus dilakukan. Agar tidak terulang pelanggaran atau kesalahan yang sama. Dan dipastikan dalam waktu dekat pj walikota Bima Ir.H.Muhammad Rum akan menggelar Perombakan Kabinet perdananya. (Jev Londa).