TIDAK LEBIH 3 BULAN, KARIR MUH RUM TERUS CEMERLANG, DARI KADIS PERIJINAN, KADIS PU PR PROV NTB, HINGGA PJ WALIKOTA BIMA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

TIDAK LEBIH 3 BULAN, KARIR MUH RUM TERUS CEMERLANG, DARI KADIS PERIJINAN, KADIS PU PR PROV NTB, HINGGA PJ WALIKOTA BIMA

Minggu, 24 September 2023

 


Kota Bima. Londa Post.- Salah satu Pejabat di Jajaran Pemprov NTB yang melejit dan bernasib Mujur adalah Ir.H.Muhammad Rum. Pasalnya; tidak lebih dari 3 bulan deretan jabatan yang didudukinya cukup cemerlang di pusaran pejabat Propinsi dijuluki " BUMI GORA" ini.


Saya jufriadi salah satu Pimpinan media di Bima terus mengkawal progres Kehebatan Dinas DPMPTSP NTB dibawah komando Ir. H. Mohammad Rum, MT selaku kepala Dinas. Dan pada Edisi Jumat 9 Juni 2023, Media LONDA POST mengekspost beritanya " Dorong Perkembangan Investasi Di NTB, DPMPTS Hadirkan Vidio Promosi Investasi Disejumlah Kawasan".


Kepada Londa Post Kadis Rum mengatakan; Dalam mengembangkan atau menciptakan tempat wisata, Pemerintah berperan penting karena sektor pariwisata tidak dapat berkembang secara maksimal jika tidak ada campur tangan pemerinrah terutama dalam penyediaan fasilitas akses jalan, mencari wisatawan dan mempromosikan tempat wisata tersebut. Ucapnya.


Tidak hanya itu, proyek pembangunan kereta gantung pada Gunung Rinjani di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan segera terealisasi. Kepala Dinas DPMPTSP NTB, H. Muhammad Rum memastikan pembangunan kereta gantung Rinjani yang berlokasi di Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, berlangsung tanpa kendala. Total luas lahan yang disiapkan 500 hektare sebagai lokasi pembangunan kereta gantung, disertai dengan jalur kereta sekitar 10 kilometer.


Hal tersebut terungkap ketika Kepala DPMPTSP NTB, H. Muhammad Rum melakukan Rapat koordinasi di pimpin Sekretaris Daerah Pemprov NTB Drs. HL. Gita Aryadi bertempat di Ruang Rapat Sekda terkait percepatan investasi pembangunan kereta gantung, rabu (17/5/2023). Kereta gantung tersebut akan dibuat sepanjang 10 kilometer. Menurut Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, pembangunan kereta gantung Rinjani ini akan menelan anggaran sebesar Rp 2,2 triliun. Nantinya juga akan dibangun dua unit resort. 


Sedang dalam mengkawal Proses adminstrasi, proses investasi dan peran penting DINAS PMPTS mempromisi, sosialisasi informasi publik atas kegiatan mega proyek senilai 2,2 triliun ini. Kadis DPMPTS Ir. H.Muhammad Rum di- Mutasi dan dilantik menjadi Kepala Dinas Pekerja Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB, menggantikan Ridwansyah, yang purna tugas yaitu Rotasi Jajaran Pejabat Eselon II Pemprov NTB oleh Gubernur NTB, H. Zulkieflimasnyah pada Senin 3 Juli 2023 baru lalu.


Dinas PUPR Propinsi NTB Pada Jumat, 18 September, telah menyelenggarakan  Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pemanfaatan Infrastruktur PUPR di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan ini menjadi bagian dari tanggung jawab Pusat Pengembangan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Wilayah II, yang bertugas memantau, mengevaluasi, dan melaporkan pelaksanaan pembangunan infrastruktur PUPR serta mengelola data terkait di wilayah Nusa Tenggara. 


FGD ini difokuskan pada pembahasan mengenai kondisi eksisting, isu strategis dalam pengelolaan infrastruktur, dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun di Provinsi NTB dari tahun 2018 hingga 2022. Kegiatan bertema Kolaborasi Pemanfaatan Infrastruktur Pusat dan Daerah, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ir. H. Mohammad Rum, M.T, berperan sebagai narasumber utama.


Sedang gencarnya Ir. H. Mohammad Rum, M.T, menyampaikan mengemukakan isu-isu strategis terkait pemanfaatan infrastruktur, strategi pengelolaan yang efektif, serta rencana Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengoptimalkan manfaat infrastruktur yang sudah ada. Menguak nama Ir.H.Muhammad Rum di usulkan lagi oleh Gubernur NTB sebagai Calon Pj Walikota Bima.


Gubernur NTB Zulkieflimansyah resmi menetapkan tiga nama, yang akan diusulkan sebagai Penjabat (Pj) kepala daerah di Kota Bima dan Lombok Timur (Lotim). "Nama-nama kandidatnya sudah ada di meja Gubernur pada awal Agustus 2023, salah satunya Ir.H.Rum Kadis PU-PR Propinsi NTB untuk diusulkan menjadi Pj Walikota Bima. Disini kurang lebih 2 (dua ) bulan Ir.Muh Rum menduduki jabatan KADIS PU- PR dari mutasinya di Kadis DPMPTS Propinsi NTB.


Tak berselang lama Ir.H.Muhammad Rum Akhirnya ditetapkan sebagai Penjabat (PJ) Walikota Bima Oleh Mendagri RI dengan SK Nomor 100.2.1.3-3949 tanggal 22 September Tahun 2023 ditandatangani Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian, tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Bima NTB. Yang dipastikan dilantik di salah satu hotel di Mataram Lombok Selasa tanggal 26 September 2023 mengganti Kedudukan Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE Purna Tugas.


Nasib mujur diraih M.Rum tidak lebih dari 3 bulan di-orbitkan mengganti kedudukan 2 (dua) pejabat Purna Tugas: Dari Kadis DPMPTS menjadi Kadis PUPR menggantikan Ridwansyah, yang purna tugas. Kurang 3 bulan di-orbitkan lagi menjadi Penjabat Walikota Bima Pengganti kedudukan Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE juga Purna Tugas.


Apa gebrakanya Ir. H.M.Rum bagi Kemajuan Kota Bima yang sedang dilanda Persoalan baik Kasus yang dibidik KPK, Persoalan Rekruitmen JPT bermasalah hingga banjir melanda Kota Bima tiap musim hujan.  Kita tunggu saja. (Jev londa).