MEMALUKAN !..PANTAS KOTA BIMA TERJUN BEBAS URUTAN TERAKHIR LOMBA STQ TINGKAT PROPINSI NTB, INI ALASANYA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

MEMALUKAN !..PANTAS KOTA BIMA TERJUN BEBAS URUTAN TERAKHIR LOMBA STQ TINGKAT PROPINSI NTB, INI ALASANYA

Senin, 14 Agustus 2023





Kota Bima. Londa Post.- Sebagaimana pemberitaan " Media Londa Post" Sebelumnya. Betapa geramnya Sorotan Publik anjloknya kuwalitas  dan Prestasi Kota Bima diajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) serta Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) di Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat dua tahun berturut-turut ini, adalah lampu merah bagi Walikota, khususnya Sekda Kota Bima dan Kabag Kesra Setda Kota Bima untuk SEGERA mundur mengendalikan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an dan Hadis (LPTQH) daerah bermotto "Maja labo Dahu" ini.



Pasalnya; Kota Bima NTB yang dikenal Dunia Kota Ke- 2  Bumi Serambi Mekah selain Propinsi Aceh, dengan Qariq dan Qari'ahnya menorehkan prestasi juara 1 MTQ tingkat Nasional dan Internasional ditahun 80-an, dengan sederet Para Kiyai kawakan dan mumpuni, juga Daerah Bima dengan ribuan Mesjidnya. Namun belakangan diajang Lomba Seleksi Tilawah Qur,an dan Hadis (STQH) diberbagai jenjang tingkatan mengalami kemerosotan prestasi dan anjlok ke rangking ke- 5 hingga ke- 7 STQ tingkat Propinsi NTB tahun 2022-2023



Umum publik mengetahui. Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) bukan lembaga yang berkonsentrasi pada kegiatan musabaqah saja. Tetapi, juga LPTQ harus menjadi lembaga yang menaungi semua kegiatan pembelajaran Al-Qur'an, untuk melahirkan dan membentuk generasi Kota Bima yang Qur'ani. Dan juga LPTQ ini adalah lembaga tersendiri yang independen dengan tetap bergandengan dengan lembaga pemerintah.



Faktanya yang terjadi 2 (dua) tahun belakangan ini atau sejak meninggalnya Almarhum Tgh. H.Ramli, Ahmad, S.Ag (25 Juli 2021) selaku ketua Harian Pengurus LPTQ Kota Bima, roda organisasi keagamaan daerah ini fakum tanpa progres yang jelas. Hal ini dikarenakan; Ketua Umum LPTQ Kota Bima adalah Sekda dan Sekretaris Umum adalah Kabag Kesra Setda Kota Bima. Ini membuktikan, Pemkot Bima tidak memberi ruang pada pimpinan-pimpinan Lembaga keagamaan, Tokoh Akademisi dan Tokoh-Tokoh Agama daerah ini mengendalikan LPTQ ini.


Banyak kalangan menilai dan geram menyaksikan kondisi ini. Rupanya Pemkot Bima melalui LPTQ tidak punya Target, tidak ada Pra Persiapan sebelum menghadapi ajang STQ dengan pengalaman kegagalan di urutan ke-5 STQ Propinsi NTB tahun 2022. Pejabat daerah ini lebih banyak berpidato kemajuan infrastruktur keagamaan dari pada mendapatkan emas dan meraih prestasi di ajang Lomba keagamaan dimata daerah lain. Sekda dan Kabag Kesra mestinya cukup selaku pengendali yang karena jabatan selaku koordinator, serahkan pada Umat yang berkompeten urusan keagamaan. ( Sekda dan Kabag Kesra secara teknis, adalah ketua dan sekretaris ex officio yang karena jabatanya saja, bukan terjun langsung mengatur dan menggoreng pekerjaan Ketua Harian LPTQ.


Bagaimana mungkin Kota Bima bisa meraih prestasi STQ dan MTQ disemua jenjang tingkatan, sementara pengurus harian LPTQ Kota Bima tidak direvitalisasi. Pada hal, Ketua Harian LPTQ yang merupakan Roh keberadaan LPTQ. Karena ketua Harian yang akan melaksanakan program pengembangan Tilawatil Qur'an sekaligus penggerak LPTQ.


LAGI DAN LAGI-LAGI Sekretaris Daerah Kota Bima selaku ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Bima memimpin  Rakor Persiapan Pelaksanaan Kegiatan MTQ ke-XVI Tingkat Kota Bima Tahun 2023, di hadiri oleh seluruh Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag, Camat dan Lurah se-Kota Bima bertempat di Aula Kantor Wali Kota, Jum'at, 11 Agustus 2023. Pada hal semestinya diberbagai daerah lain justru Ketua Harian LPTQ yang berperan aktif olah fikir melakukan rapat-rapat dan rencana strategis urusan kesuksesan MTQ di daerah. Ada Apa Kota Bima ini ?.



Asisten Bidang pemerintahan dan kesehjahteraan Setda Kota Bima Drs. H.Alwi Yasin dikonfirmasi Londa Post terkait kefakuman LPTQ Kota bima mengatakan; Pihaknya mengakui ada kelemahan yang terbangun beberapa tahun terakhir ini terkait kiprah LPTQ." Waktu kegiatan istigasah saya mencoba konfirmasi pada beberapa pengurus LPTQ Kota Bima, memang benar belum ada Ketua Harian LPTQ Kota Bima hingga saat ini sejak tahun 2021." Ucap Asisten via hp Londa Post 13 Agustus 2023 Minggu kemarin.


Kaitan Perubahan, perkembangan dan Kemajuan Bidang Keagamaan Di Kota Bima ini, Publik amat berharap pada Penjabat (Pj) Walikota Bima dalam waktu dekat, untuk secepatnya menfasilitasi terbentuknya Pengurus Harian LPTQ Kota Bima terutama Posisi Ketua Harian yang merupakan Roh keberadaan dan kemajuan LPTQ suatu daerah terutama LPTQ Kota Bima yang 2 (dua) tahun dengan dua kali terjun bebas tanpa kendali, jatuh terpuruk dimata daerah lain di negeri ini. (Jev londa).