KETUA DPRD DAN KETUA PANSUS DEWAN RESMI SERAHKAN 3 NAMA CALON PJ WALIKOTA BIMA PADA KEMENDAGRI RI

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

KETUA DPRD DAN KETUA PANSUS DEWAN RESMI SERAHKAN 3 NAMA CALON PJ WALIKOTA BIMA PADA KEMENDAGRI RI

Senin, 07 Agustus 2023

Kota Bima. Londa Post.- Gembar gembor beredar luas diseputar kawasan Tanah Bima bakal calon Plt Walikota Bima belakangan ini yang menyimpan misteri. Siapa sosok pejabat yang bakal di-usung Ketua DPRD Kota Bima menduduki Jabatan Penjabat atau Pelaksana tugas (plt) Walikota Bima pengganti HM.Lutfi,SE yang berakhir masa tugasnya di bulan September 2023 mendatang.



Dari sejumlah edisi Pemberitaan media LONDA POST sebelumnya, ada sejumlah nama yang beredar bakal menduduki jabatan strategis Top eksekutif petinggi daerah ini. Diantaranya nama Drs. Edy Suharmanto, M.Si yang kini menduduki Jabatan: Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran di Kementerian Dalam Negeri RI. Drs. H.Muhtar Landa,MH Sekda Kota Bima, Ir.H.Mohammad Rum,MT yang kini menjabat Kepala Dinas PU PAR  Propinsi NTB, serta nama Drs. HM Nasir, MM (HMN) kini menjabat Asisten 1 Provinsi Sulawei Barat.



Ke- empat nama pejabat birokrasi yang juga putra terbaik daerah ini memiliki kelebihan, integritas dan komitmen tinggi memajukan daerahnya lebih khusus Kota Bima. Namun belakangan ini, dan hari ini Senin 7 Agustus 2023, pantauan media LONDA POST dilapangan menunjukkan; Tiga nama yang mengerucut dan sudah diserahkan Dokumenya pada Kemendagri RI oleh Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan,S.Adm, didampingi Ketua Pansus Penjaringan Pj.Walikota Bima Sudirman, DZ,SH,MH, serta Ketua Komisi II DPRD Kota Bima TaufiQ H.A.Karim, SH.


Dari sejumlah suara dan harapan Tokoh politik, toga toma, hingga anggota serta Pimpinan Legislatif Kota Bima dihimpun Londa Post, menyebut tiga nama tersebut diatas sangat cocok mengendalikan roda pemerintah Kota Bima menduduki jabatan Penjabat Walikota Bima untuk masa waktu 1 tahun delapan bulan dari efek Pemilu - Pilkada tahun 2024 mendatang. Apakah Drs. Edy Suharmanto, M.Si ? atau Ir. H.Muhammad Rum ?, ataukah Sekda Kota Bima Drs.H.Muhtar Landa. Semua bergantung garis nasib mereka sesuai Janji Allah SWT siapa yang dikehendaki Kemendagri RI sebagai Takdir penentunya.


Dalam wawancara via Hp Londa Post dengan Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan,S.Adm mengatakan; Pihaknya pada Senin 7 Agustus 2023 Siang tadi, sudah menyerahkan Dokumen 3 nama Pj.Walikota Bima kepada Kementerian Dalam Negeri RI dari hasil seleksi yang sudah dirangkum Panitia Khusus (Pansus) penjaringan calon Pj melalui usulan anggota Dewan hingga sejumlah Komisi serta usulan masyarakat berkompeten.


" Kami bertiga yaitu saya sendiri Ketua DPRD, Sudirman DZ,SH Ketua Pansus, dan Taufiq H.A.Karim,SH Ketua Komisi II, sudah resmi menyerahkan 3 nama Calon Pj.Walikota Bima kepada: Deputi Otonomi Daerah Kemendagri RI dan satu bundel diserahkan kepada Sekjen Kemendagri RI, ketiga nama tersebut nomor urut pertama Drs.Edy Suharmanto,M,Si, ke-dua, Ir.H.Muhammad Rum dan ke-tiga Drs.H.Muhtar Landa." Ucapnya.


Ditanya apa harapan pihak legislatif terhadap Pihak kemendagri RI atas 3 nama yang diusulkan tersebut; Dae Pawan sapaan akrab Ketua DPRD Kota Bima ini mengungkapkan, pada prinsipnya DPRD tidak bisa lebih jauh intervensi kebijakan Kemendagri RI dalam menetapkan siapa yang harus ditunjuk selaku Pj.Walikota Bima. Namun, kami dan kita berharap yang terbaik diantara ke-tiganya, tentu memahami dan mengenal karakteristik dan budaya Bima, terutama komitmen kuat memajukan daerah terutama keamanan, kenyamanan serta kesuksesan jalanya hajat Nasional Pemilu 2024 mendatang." Ucap Dae Pawan.


Sekedar info Publik. Undang -Undang memberikan prerogatif kepada Presiden, untuk gubernur kemudian didelegasikan kepada Mendagri untuk bupati dan wali kota. Tentu semua ini kita harus menerima apapun keputusan, yang penting Penjabat (pj) Walikota Bima menjalankan tugasnya untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat. (Jev londa).