ADA APA DENGAN PEMKOT BIMA, LELANG JABATAN DIPAKSAKAN, PJ. WALIKOTA DISERAHI UNTUK MELANTIK, APAKAH MAU ?

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

ADA APA DENGAN PEMKOT BIMA, LELANG JABATAN DIPAKSAKAN, PJ. WALIKOTA DISERAHI UNTUK MELANTIK, APAKAH MAU ?

Rabu, 09 Agustus 2023

 



Kota Bima. Londa Post.- Sudah Jatuh, tertimpa tangga pula. Itulah kiasan Pujangga yang pas ditujukan Kepada Pemerintah Kota Bima saat ini, yang dinilai publik terlalu memaksakan kehendak untuk melaksanakan Gelar Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) diawal Agustus tahun 2023 ini.


Pada Pengumuman Pansel tahap awal suratnya nomor.003/Pansel-Kota Bima/VII/2023 tanggal 13 Juli 2023 ditanda tangani Ketua Pansel Plh.Sekda Drs.H.Muhammad Fakhrunraji,M.E, ada 6 (enam) OPD yang disiapkan direbut para pejabat Pelamar lelang Jabatan diantaranya : (1) Dinas SATPOL.PP (2) Badan Riset 
dan Inovasi Daerah, (3) Staf Ahli
bidang Perekonomian 
dan Pembangunan, (4) Dinas Tenaga 
Kerja, (5) Dinas Kelautan 
dan Perikanan, serta (6) Dinas 
Pengendalian
Penduduk dan KB Kota Bima.


Namun hingga hari penutupan Selasa 7 Agustus 2023, 3 (tiga) kursi calon Pimpinan OPD tercatat kurang Pejabat yang mendaftar atau belum terpenuhi syarat karena pelamar tidak lebih dari 2 hingga 3 orang sesuai yang ditetapkan syarat minimal 3 orang yaitu; 1. Calon Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Kota Bima,
2. Calon Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bima, dan 
3. Calon Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima.



Atas hambatan ini. Ketua Pansel mengeluarkan Surat pengumuman Perpanjang jadwal pendaftaran tgl 8 Agustus 2023 Sampai dengan tgl 16 Agustus 2023 dengan surat Nomor :
005/PANSEL-KOTA BIMA/VIII/2023 tentang Perpanjangan Jadwal Pendaftaran 
Seleksi Terbuka Pengisian JPTP
Pemkot Bima Tahun 2023 masih ditandatangani Plh Sekda
Ketua pansel
Drs. H. Muhammad Fakhrunraji, M.E, Walaupun sudah 9 hari Sekda Devinitif Drs.H.Muhtar Landa aktif kembali dari tugas dinasnya selaku Petugas Haji TPHD Kota Bima di Kota Mekkah Saudi Arabia. 


Lantas bagaimana nasib 6 (enam) orang Pejabat Yang nantinya diumumkan selaku Pemenang  Lelang dan Proses pelantikannya Sesuai Skedul Pansel ?..Simak dibawah ini.


Sesuai Skedul daftar perincian waktu yang direncanakan Pansel JPT Pemkot Bima bahwa tgl 30 Agustus Penyampaian Laporan 
Pansel Kepada Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE, dan tanggal 31 Agustus 2023 Pengumuman 6 Pejabat Hasil Seleksi menduduki Jabatan Kepala Dinas, dan tanggal 3 Nopember 2023 Pelantikan 6 orang Pejabat yang sukses hasil proses seleksi JPT sekarang ini oleh Penjabat (Pj) Walikota Bima, karena Walikota Bima HML sudah 1 bulan berakhir jabatanya yaitu tanggal 26 September 2023.


Kepala BKPSDM Kota Bima Drs. A. Wahid dikonfirmasi Londa Post membenarkan Skedul Pansel JPTP tersebut." Rencananya tanggal 3 Nopember digelar Pelantikan 6 orang Pejabat hasil Seleksi JPT saat ini." Ucapnya. Ditanya apakah Pj.Walikota Bima bersedia melantik ke 6 pejabat ini, pihaknya enggan berkomentar banyak. " Yah mau gimana lagi, itu tergantung Penjabat Walikota Bima bisa iya bisa tidak, yang pasti kami berkewajiban melaksanakan seleksi  JPTP untuk mengisi kekosongan Pimpinan OPD." Ucap Wahid.


Sekedar Publik Ketahui. Saat sekarang ditahun 2023, sederet Penjabat (Pj) Bupati dan Walikota di diberbagai Propinsi Indonesia, melaksanakan pelantikan puluhan Pejabat baik pejabat eselon 4, 3 hingga pejabat eselon 2 di masing-masing daerahnya. Di mana, pelantikan Pejabat Pimpinan OPD telah melalui proses dan tahapan seleksi JPT pratama yang dilakukan oleh Panselnya. Tentu saja Penjabat (Pj) Walikota Bima akan menggelar seleksi JPT Perdana kepada pejabat jajaran Pemkot Bima untuk melaksanakan Kerja dan Kinerja Konkrit mendampinginya dalam memajukan Kota Bima ini. (Jev Londa).