PRESTASI STQH KOTA BIMA TERUS MENURUN DRATIS, PLH SEKDA EVALUASI KINERJA LPTQ

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PRESTASI STQH KOTA BIMA TERUS MENURUN DRATIS, PLH SEKDA EVALUASI KINERJA LPTQ

Senin, 26 Juni 2023




Kota Bima. Londa Post.- Sorotan Publik terkait menurunnya kuwalitas  dan Prestasi Kota Bima diajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) serta Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) di Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat dua tahun berturut-turut belakangan ini, membuat Plh Sekda Kota Bima DRS.H.M.FAKHRUNRAJI,ME melakukan evaluasi kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Bima.


" Sebagai Plh Sekda Kota Bima, saya merasa terpanggil melakukan Evaluasi dan mendorong Pengurus LPTQ Kota Bima, agar melaksanakan tugas serta fungsi sesuai dengan organisasi. “Jangan jadikan program LPTQ sebagai musiman akan tetapi jauh sebagai pengembangan Al-Qur'an di Daerah kita ini,” ucapnya.


LPTQ yang merupakan lembaga resmi yang secara khusus untuk mengajarkan dan mengembangkan berbagai cabang ilmu tentang Al-Qur'an dan Hadis, baik dalam seni menulis, memahami isi kandungan, serta seni membaa Al-Qur'an, tidak berjalan dengan baik di Kota Bima alias tidak jelas keberadaanya.


Sebagaimana diberitakan media LONDA POST sebelumnya, LPTQ Kota Bima ini diketuai Sekda Kota Bima selaku Ketua Umum dan Sekretaris Umum adalah Kabag Kesra, tidak melakukan revitalisasi pengurus setelah meninggalnya H.Ramli, Ahmad,M.Ap selaku ketua 1 sekaligus pengurus Harian LPTQ Kota Bima.


Pada Hal, Ketua Harian LPTQ yang merupakan Roh keberadaan LPTQ. Karena ketua Harian yang akan melaksanakan program pengembangan Tilawatil Qur'an sekaligus penggerak LPTQ. Sementara Sekda dan Kabag kesra yang karena jabatannya hanya selaku ex officio dalam kelembagaan LPTQ ini.


Tidak hanya itu, hampir seluruh pengurus SLPTQ Kota Bima selama 3 tahun belakangan ini Fakum dengan berbagai program kegiatan, seperti melaksanakanTraining center dalam meningkatkan kemampuan serta tambahan keterampilan khusus dan pengalaman pada duta-duta STQ Kota Bima sebelum dikirim selaku Peserta Ajang Lomba STQH dan MTQ di Jenjang Lomba Tingkat Propinsi hingga Tingkat Nasional.


Sementara itu, Kepala Baznas Kota Bima, H. Nurdin Mansyur, S.Sos, MM yang juga selaku Koordinator Pelatihan pada LPTQ Kota Bima dikonfirmasi  Londa Post 25 Juni 2023 Minggu kemarin mengatakan; Pihaknya enggan berkomentar banyak, yang pasti dirinya mengaku tidak pernah dilibatkan." Dalam hal TC dan pelatihan peserta STQ sudah 3 tahun saya tidak pernah dilibatkan, makanya saya tidak mengetahui perkembangan prestasi Peserta STQ Kota Bima." Ucap H.Nurdin.


Sekedar Info Publik; Kota Bima sebelumnya meraih juara 1 dan juara Umum 7 Kali berturut-turut lomba STQ dan MTQ ditingkat Propinsi bahkan prestasi dibanggakan ditingkat nasional. Sebelumnya dua tahun berturut-turut Kota Bima menempati urutan terendah yaitu;  STQ Tingkat Propinsi tahun 2022 diurutan ke-5 dari 10 Kabupaten Kota di NTB dan mencengangkan lagi, pada Lomba STQH XXVII 2023 tingkat Propinsi NTB di Lapangan Sangkareang Kota Mataram Kota Bima berada di urutan ke- 7. Ini menunjukan bahwa Kota Bima dinilai daerah lain, kurang memiliki SDM yang bisa diandalkan pada Lomba STQH dan MTQ di Tingkat yang lebih tinggi. (Jev Londa).