MONEV PENILAIAN SUMATIF, DEWAN PENDIDIKAN KOTA BIMA TURUN DIBERBAGAI SEKOLAH

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

MONEV PENILAIAN SUMATIF, DEWAN PENDIDIKAN KOTA BIMA TURUN DIBERBAGAI SEKOLAH

Kamis, 11 Mei 2023


Kota Bima. Londa Post.- Tim Monitoring dan evaluasi Sumatif, Dewan Pendidikan Kota Bima tahun 2023 mulai eksis turun diberbagai Sekolah SDN - SMPN se Kota Bima guna pelaksanaan kegiatan Monev Sumatif akhir semester (SAS) kelas 6 bagi SDN dan Kelas 9 bagi SMP tahun 2022-2023.



Sejumlah Sekolah telah dikunjungi Tim selama dua hari yaitu Senin dan Selasa 8-9 Mei 2023 kemarin. Adapun Tim Mon ev dari Dewan Pendidikan Kota Bima yang turun diantaranya Drs H.M.Sidik dan Abd.Majid,Spd. Keduanya menyambangi Sdn 72,  SDN 26, SMPN 4, SMON 5 dan sdn 30 Kota Bima.


Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima Drs. Abd. Azis,Mpd  kepada Londa Post mengatakan; Monitoring dan evaluasi (Monev) ini telah dijadwalkan Dewan Pendidikan Kota Bima serta sejumlah anggota Tim Monev akan tersebar di 5 (lima) Kecamatan se Kota Bima. Ucapnya.

 

Monitoring dan evaluasi ini menurut Abd.Azis, berkenaan dengan pelaksanaan penilaian sumatif akhir jenjang SD maupun SMP. Penilaian sumatif merupakan penilaian yang bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Jelasnya.


“Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan.” Penilaian sumatif dapat dilakukan dengan memberikan kuis atau ujian harian untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para siswa dalam memahami materi yang sudah disampaikan.


Setelah tes selesai, guru menganalisis hasil tes tersebut dan memberikan nilai akhir bagi setiap siswa. Dan inipun sangat pula diharapkan monitoring dan evaluasi dari Dinas Pendidikan Kota Bima kepada satuan pendidikan agar proses penilaian sesuai aturan dan kebijakan pendidikan, mengingat tes atau ujian sumatif berbeda dengan penilaian sumatif.


Pihaknya berharap Kegiatan monitoring dan evaluasi penilaian sumatif dari Dinas Pendidikan Kota Bima, juga diikuti bersama koordinator wilayah kecamatan (Korwilcam).


Pantauan LONDA POST dilapangan, hari ini Kamis 11 Mei 2023, Tim Monev dari Dewan Pendidikan Kota Bima turun ke Monev di SDN 8 PenanaE, SDN 36 Nggarolo, SDN 37 Kendo, SDN 71 Wenggo, dan SDN 24 Rabangodu Utara. (jev Londa).