HADAPI SENSUS 2023, BPS KOTA BIMA GELAR BRIFING DI TAMAN KODO

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

HADAPI SENSUS 2023, BPS KOTA BIMA GELAR BRIFING DI TAMAN KODO

Rabu, 31 Mei 2023

 

Pengurus Taman Kodo Bung Damsur, bersama Koordinator Statistik (Koseka) Kec Rastim Muntari Marajuni dan sejumlah petugas BPS Saat berada di Lokasi Taman Kodo Kota Bima Usai Brifing. @@ Dok. Londa Post Selasa 31 Mei 2023.


Kota Bima. Londa Post.- Sebagaimana diketahui, Presiden RI  Ir. H.Joko Widodo mencanangkan Sensus Pertanian tahun 2023, Presiden Tegaskan Pentingnya Akurasi Data Sektor Pertanian karena sektor pertanian merupakan sektor yang memiliki peran yang sangat strategis maka, pelaksanaan sensus pertanian harus dilakukan untuk menghasilkan data yang akurat dan Sensus pertanian 2023 diselenggarakan serentak digelar selama dua bulan mulai 1 Juni hingga 31 Juli 2023.



Badan Pusat Statistik Kota Bima menyelenggarakan briefing dengan melibatkan sejumlah Petugas Sensus Pertanian tahun 2023, dengan mengambil tempat di Taman Kodo RasanaE Timur Kota Bima pada Selasa 31 Mei 2023 pagi tadi.


Acara ini dibuka dan dipimpin oleh Koordinator (Koseka) RasanaE Timur Muntari Marajuni dan di hadiri oleh puluhan petugas  Sensus BPS Pertanian Kota Bima dan Kabupaten Bima. 


Kepada Londa Post, koordinator statistik Rastim Muntari Marajuni mengatakan;  Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bima akan menyelenggarakan Sensus Pertanian 2023, untuk menjawab isu pertanian nasional dan global.



Tidak hanya itu saja kata dia, Sensus Pertanian 2023 akan menyelesaikan berbagai permasalahan pertanian dan pangan di Indonesia yang sedang terjadi sekarang juga khususnya di Kota Bima. Masalah tersebut diantaranya jumlah petani, usia petani, luas lahan petani, dan lain sebagainya. Ucapnya.


" Hasil dari Sensus Pertanian 2023, akan dimanfaatkan sebagai sumber pengambilan kebijakan oleh pemerintah melalui regulasi dan lembaga-lembaga terkait." Jelasnya.


Menurut dia, Sensus Pertanian 2023 ini, merupakan kegiatan rutin sepuluh tahunan dari BPS yang memiliki maksud untuk memberikan gambaran aktual mengenai kondisi pertanian Indonesia terkini. Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 ini, didukung oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997, tentang statistik.


" Secara serentak Sensus BPS Pertanian tahun 2023 dimulai pada tanggal 1 juni hingga 31 Juli 2023, dengan itu kami sejumlah petugas Sensus BPS menggelar Briving dalam rangka pemantapan persiapan dan strategi sebelum turun lapangan Esok. Jelas Muntari.


Ditanya mengenai lokasi Taman Kodo tempat brifing, pihaknya senyum lebar." Iyah mas, Taman Kodo Cukup Unik. Disamping nuansanya Sejuk, juga panorama alamnya yang indah, lokasinya tertata rapi, juga diapit lereng pegunungan menambah nyaman suasananya, dan kami peserta brifing terkesan nyaman dan tenang dalam mencetuskan ide-ide dilokasi Taman Kodo ini." Ucapnya.


Dilain pihak salah seorang pengurus Taman Kodo Kota Bima Damsur alias Dhamar Daeng Syur kepada Londa Post mengatakan; Fungsi Taman Kodo akhir-akhir ini tidak hanya sebagai media edukasi, atau sarana penunjang berolahraga dan ruang terbuka hijau bagi masyarakat, juga tempat lokasi brifing petugas Birokrasi dilapangan terutama diwaktu pagi hari. Ucap Dhamar.


Saat ini kata Damsur, pihaknya bersama penjaga Taman mengoptimalkan fungsi taman Kodo ini, baik kebersihanya, kenyamannya, juga sarana pendukung seperti lancarnya ketersediaan air yang sangat penting bagi para tamu yang datang." Sudah beberapa hari air masih macet disebabkan ada kendala kerusakan Mesin pompa air." Ucap Dhamar didampingi Bung Anton Penjaga Taman Kodo di lokasi Taman Kodo 31 Mei 2023 Selasa siang tadi. (Jev londa).