PELINDO BIMA DUKUNG PROGRAM PENGHIJAUAN PEMERINTAH DAERAH BIMA DENGAN BANTUAN 2.550 BIBIT POHON

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PELINDO BIMA DUKUNG PROGRAM PENGHIJAUAN PEMERINTAH DAERAH BIMA DENGAN BANTUAN 2.550 BIBIT POHON

Selasa, 10 Januari 2023



Bima. Londa Post.- Dalam rangka mendukung program kepedulian terhadap lingkungan, Pelindo Bima melakukan pencanangan Penghijauan di Jalur Pelabuhan. Program Penghijauan ini merupakan salah satu program jangka panjang yang akan dilaksanakan di wilayah kerja Pelindo Bima. Dalam hal menunjang kegiatan Penghijauan ini Pelindo Bima bekerjasama dengan Komunitas KSL Nataru.


Acara yang digelar 10 Januari 2023 Selasa pagi tadi, di hadiri oleh Kepala KSOP Kelas IV Bima, Kepala Dinas DLH Kota Bima, Kepala Dinas Pertanian Kota Bima, KPH Maria Donggomasa, Stakeholder Pelabuhan dan beberapa komunitas di Bima.


General Manager Pelindo Bima, Rahmat Sururi dalam sambutannya menyampaikan bahwa," Program TJSL ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) untuk Program Bantuan Penghijauan area jalur pelabuhan dan jalur panda, area Pantai Amahami dan Pantai Lawata dan target lainnya di perkebunan warga, ditahap ini kami mencanangkan penanaman sebanyak 2.550 pohon yang terdiri dari tanaman tabebuya, tanaman keras berupa kemiri, ketapang, trembesi dan beberapa jenis pohon buah seperti nangka, mangga, sawo, dan lainnya.


“Semoga melalui program penghijauan ini bisa memberikan manfaat dan dampak positif terhadap lingkungan, baik dari segi penataan maupun segi estetikanya. Hal ini juga merupakan upaya hubungan baik kami sebagai Perusahaan Negara dan Pemerintah daerah serta masyarakat sekitar. Juga saya mohon doa dan dukungannya, agar Pelindo semakin maju dan berkembang sehingga kami mampu terus berkontribusi positif dan bermanfaat untuk masyarakat,” imbuhnya.


Sementara itu, Kepala dinas DLH, Syarief Rustaman dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Bima atas sumbangsihnya melalui sejumlah program TJSL. Yakni memberikan banyak manfaat dari berbagai sisi baik itu dari segi pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, terutama upaya terhadap perubahan lingkungan ini, Jelasnya.


“Bantuan-bantuan TJSL ini merupakan bagian dari dukungan penuh Pelindo di Bima, dan upaya yang dilakukan merupakan sinergitas antara pemerintah daerah dan BUMN. Kami tentunya berterimakasih pada Pelindo atas bantuan – bantuan yang di berikan, tentunya ini sangat membantu program – program pemerintah dalam upaya meningkatkan nilai estetika dan menjaga lingkungan apalagi saat ini isu perubahan iklim merupakan hal yang menjadi isu program prioritas baik dikalangan internasional maupun skala nasional ,” jelas Syarief.


Diharapkan program penyerahan bantuan bibit pohon ini dapat dirasakan manfaatnya hingga ke generasi anak cucu, dan menjadi bagian upaya untuk mengurangi emisi gas karbon, menghalau banjir dan menjadikan lingkungan terlihat asri.


Aksi penghijauan ini sebagai wujud sinergi antara PT. PELINDO BIMA bersama dengan Pemda dan masyarakat setempat,  guna memberikan manfaat bagi lingkungan khususnya di sekitar wilayah jalur pelabuhan laut dan pantai.  Penanaman bibit pohon ini merupakan bentuk nyata Pelindo Bima dalam perwujudan pelestarian lingkungan melalui penghijauan dan untuk keberlanjutan kehidupan anak cucu di masa yang akan datang.(jev londa).