Disdukcapil Kab Bima, Gelar Rekam e-KTP Warga Dan Pelajar SMA Di Kecamatan Lambu

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Disdukcapil Kab Bima, Gelar Rekam e-KTP Warga Dan Pelajar SMA Di Kecamatan Lambu

Sabtu, 10 September 2022


Bima. Londa Post.- Kalau pekan Sebelumnya 6 September 2022 baru lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima melakukan layanan jemput bola perekaman e-KTP bagi warga dan siswa SMA di Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. Kini pada Sabtu 10 September 2022, kembali melakukan kegiatan yang sama dalam rangka percepatan perekaman KTP elektronik atau e-KTP bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bima khususnya seluruh Siswa pada Lembaga Pendidikan SLTA yang berusia 17 tahun atau lebih di Desa Mangge Kecamatan Lambu Kabupaten Bima.


 Yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah anak SMA yang berusia 17 tahun atau lebih, dengan berkoordinasi langsung dengan pihak sekolah sehingga siswa dapat langsung mendatangi tempat perekaman. Kegiatan ini diupayakan tidak mengganggu kegiatan belajar siswa dengan ketersediaan lokasi dan tempat oleh pihak sekolah. Demikian dikatakan Kadis Dukcapil Kabupaten Bima Salahudin,SH,M.Si pada Londa Post 10 September 2022 Sabtu dini hari tadi.




Menurut mantan Kadis Salahuddin,  sasaran utama yang ditargetkan adalah Siswa SLTA. “Siswa SMA/SMK yang telah mencapai umur 17 tahun kami upayakan dengan pelayanan jemput bola. Perekaman ini akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan sehingga diharapkan 100 % siswa yang berusia 17 tahun sudah memiliki KTP elektronik,” ucapnya.


Adapun prasarat kelancaran perekaman e-KTP Siswa, yang perlu disiapkan oleh siswa agar mendapatkan pelayanan hanya perlu membawa kartu keluarga (KK) sebagai bukti jati diri sudah terdaftar di keluarganya namun belum memiliki KTP elektronik. Ungkapnya.




Tim dari Disdukcapil yang melakukan perekaman di Desa Mangge Kec. Lambu Sabtu dini hari tadi agak kesulitan untuk melakukan aktifitas  perekaman disebabkan Sinyal / jaringan yang terhambat. Hal ini disebabkan kawasan permukiman penduduk setempat dikelilingi gunung. Tidak ada Signal sehingga seluruh alat kelengkapan perekaman dibawa di atas bukit yang lebih tinggi dengan bantuan listrik alternatif mesin Genset. Papar Kadis.


Namun demikian kata kadis ini, bukanlah hambatan yang membuat Tim kami terhalang melakukan aksi melayani warga, sinergi dengan Camat dan Kades serta Para Kasek setempat terus dibangun. " Tim terus semangat bahkan disaat waktu bersamaan, tim yang lain melakukan Foto pada SD dan SMP se Kec. Lambu untuk mendapatkan Kartu Identitas Anak atau KIA bagi siswa di bawah umur 16 tahun ke bawah." Ungkap kadis.




Adapun Tim reaksi cepat dalam rangka percepatan perekaman KTP elektronik atau e-KTP bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bima di Disdukcapil setempat: Kadis Salahuddin,SH,M.Si selaku penanggungjawab, Kabid Dafduk Ahyar, SP, M.Si,  Kabid PIAK Anwar, ST, MT,      ADB Muhammad Amin ST,MT,                Yansh,SSTP dan operator. Tim ini terus bekerja keras hingga memastikan 100% siswa dan warga terlayani untuk rekam e-KTP dan kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Bima. Jelas Kadis Salahudin.  (Jev londa).