Periode Ke - 2 Kepemimpinan DINDA- DAHLAN. Kinerja Diskominfo Kab Bima Tidak Optimal

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Periode Ke - 2 Kepemimpinan DINDA- DAHLAN. Kinerja Diskominfo Kab Bima Tidak Optimal

Rabu, 24 Agustus 2022



Bima. Londa Post.- Akhir-akhir ini peran Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Bima mulai disorot publik. Pasalnya; Selama periode ke-2 kepemimpinan Hj. Indah Dhamanyanti Putri,SE dan Wabup Drs.H.Dahlan,MM dipercaya rakyat nakhodai daerah ini, Dinas Kominfostik Kabupaten Bima tidak optimal perananya dalam mengelola Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini.


Pada hal, Diskominfo mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi, informatika, persandian, statistik dan tugas pembantuan yang diberikan. Hampir setiap moment penting yang terjadi didaerah ini, tidak pernah muncul dipublik info dan penjelasan dari Diskominfo dibanding Diskominfo Kota Bima dan daerah lain di negeri ini.


Betapa pentingnya peran PPID dalam Keterbukaan Informasi Publik, memberi info publik terhadap hal-hal kinerja Pemda yang berhubungan dengan rakyatnya. Hal ini agar selaras dengan UU No. 14 Tahun 2008. Seperti Evaluasi penanganan Covid-19, gonjang ganjing masalah penyerahan Barang Milik Daerah (BMD) Kab bima ke Kota Bima, momen penanganan sejumlah musibah bencana di daerah, kegiatan TP.PKK Pemkab Bima, hingga keberhasilan Daerah ini meraih Predikat WTP tidak pernah lahir info publik dari Diskominfo Kabupaten Bima.


Ada kesan publik, Dinas Kominfo Kabupaten Bima saat ini belum optimal Dalam melaksanakan tugasnya. Pada hal jelas-jelas marwah Tupoksinya seperti: Merumuskan bidang pengelolaan informasi publik, melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, serta pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati, sesuai tugas dan fungsinya. Rupanya pantauan Media Londa Post akhir ini tidak terlihat dilakukan Kominfostik Kab bima saat ini.


Penulis adalah pimpinan salah satu media daerah ini, terus dan selalu mengkawal dan bermitra baik dengan Pemkab Bima kurung waktu jauh sebelum Pemkab Bima dikendali IDP-DAHLAN. Sangat berharap perangkat daerah khususnya Diskominfo mengoptimalkan peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menciptakan keterbukaan informasi publik. 


Sesuai bidang tugasnya, Diskominfo Kabupaten Bima, diharapkan mempunyai persepsi yang sama, keharmonisan, dan kerjasama yang baik dengan media massa yang ada. Ini untuk menghindari rasa keragu-raguan terhadap informasi yang diperoleh publik. Semua informasi pemerintah yang sah adalah yang dikelola oleh dinas kominfo. Ini nafas UU No. 14 Tahun 2008 dijelaskan bahwa setiap Badan Publik diwajibkan untuk memberikan informasi yang serta merta dan bebas diberikan kepada masyarakat.


Publik harus mengetahui apa saja capaian dan kesuksesan Pemerintah daerah ini, tentunya barometer dan gudang informasi yang resmi dan syah diterima publik harus bersumber dari Diskominfostik di daerah. ( Rabu 24 agustus 2022. penulis. Jev londa ).