" JALAN NERAKA " PENGHUBUNG KOTA - KABUPATEN

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

" JALAN NERAKA " PENGHUBUNG KOTA - KABUPATEN

Kamis, 12 Mei 2022



Kota Bima. Londa Post.- Warga Dodu, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima NTB memberi istilah jalan lintasa Dodu- Sape disebut " Jalan Neraka". Situasi dan Kondisi terkini jalan lintas Dodu-Wawo dan Sape Kabupaten Bima, semakin hari semakin memprihatinkan. Pantauan terkini Media Londa Post Kamis 12 Mei 2022 siang dini hari tadi  rusak parah.


Kerusakan jalan sudah merambah di sepanjang as dan bahu jalan mulai dari tanjakan Ina Hami Perbatasan pintu masuk Dodu, hingga Depan Perusahaan Air Minum Kemasan " Mori " Dusun II Kelurahan Dodu. Kerusakan parah diakumulasi sekitar 1,5 Km.


Jalan lintas Dodu hanya dilirik dan diperbaiki pada saat tahun terakhir Pemerintahan H.Qurais H.Abidin memimpin Kota Bima 2017-2018). Namun Selama Kepemimpinan Pemkot Bima dikendali Pemerintahan LUTFI-FERY kurun waktu hampir 4 tahun ini, tidak pernah disentuh perbaikanya. Entah apa penyebab Pemkot Bima tidak memperbaiki jalan ini.


Kota Bima yang konon disebut Kota Segi Tiga Emas, jalur lintas Pariwisata Komodo, Tanah Toraja Dan Pulau Dewata menyimpan misteri " Jalan Neraka " diliwati wisatawan dari arah Barat P.Dewata Bali, Pantai Hu'U Dompu yang hendak menuju Wisata Uma Lengge Wawo Kabupaten Bima dan Wisata Komodo akan melintasi Jalur Dodu-Wawo Sape.


Jalan lintas Dodu yang sudah berwujud Jalan Neraka, tidak ada celah bagi pengguna jalan ini lolos dari terpaan kesusahan meliwati jalan ini, bergelombang dan berlobang hingga patah-patah pada bagian tengah dan bahu jalan.


Berbagai upaya dan cara mengetok pintu pemangku kebijakan Daerah ini telah dilakukan. Usulan Lewat Musrenbang, permintaan sejumlah Tokoh Setempat Lewat Media ini, hingga Proposal langsung diajukan Oleh Kepala Kelurahan Dodu utk Kebijakan prioritas perbaikan jalan ini, belum juga terkabulkan.


Sebelum memasuki bulan September 2022 (penghujan) tahun ini, besar harapan Warga Dodu dan pengguna jalan asal Wawo-Sape, DPRD Kota Bima Komisi III bergandengan tangan dengan Eksekutif segera turun tangan sigap atasi jalan ini. Kalaupun pembahasan APBD Murni Pemkot bima di Agustus 2021 tidak mengkafer perbaikan jalan Dodu, semoga bisa diperioritaskan pada pembahasan APBDP april 2022. Ungkap Hamdan dan Wahyudin tokoh warga Dodu kepada Londa Post Di Dodu 12 Mei 2022 Kamis dini hari tadi.


Keberhasilan suatu Daerah yang dijuluki Kota Pariwisata dengan segudang Inovasi Pembangunan, adalah Daerah yang bisa menyuguhkan senyum dan nafas lega bagi kehadiran tamu yang melintasi daerahnya. Bukan mengelus dada dan goleng kepala dari menahan derita terpaan "Jalan Neraka rusak parah dilintasinya. Ujar Jev Adi warga Dodu. ( Tim londa Post ).