Pendidikan Karakter Siswa Jadi Fokus Utama Program Dewan Pendidikan Kota Bima Tahun 2022

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pendidikan Karakter Siswa Jadi Fokus Utama Program Dewan Pendidikan Kota Bima Tahun 2022

Kamis, 07 April 2022


Drs. Abd. Azis, MPd. 
Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima NTB



Kota Bima. Londa Post.- Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kota Bima, ketua Pengurus Dewan Pendidikan Kota Bima Drs.Abdul.Azis, MPd diawal tahun 2022 ini akan melakukan gebrakan gemilang untuk mendorong kemajuan mutu pendidikan di daerah ini.



Pasalanya; Sesuai fungsi dan Tugas Dewan Pendidikan PP no.17 2005 Permendikbud no.8/2018, permendikbud riset dan tekhnologi no.40/2021 Dewan Pendidikan adalah mitra kerja Dikbud, yang tidak hanya mengawasi dan memberi pertimbangan untuk kemajuan Pendidikan di daerah, juga dukungan tenaga, sarana dan prasarana serta pembenahan karakter anak didik  harus menjadi tugas Dewan pendidikan.



Kepada Londa Post Abdul Azis mengungkapkan; Program utamanya diawal tahun 2022 ini adalah meningkan mutu pendidikan dalam skala makro, karena tugas Dewan Pendidikan lebih kepada mengawasi dan memberi masukan kepada Pemerintah daerah khususnya Dinas pendidikan terkait. Ungkapnya.



Dijelaskanya, tugas Dewan pendidikan tidak hanya mengawasi SD, SMP, juga menjadi pengawas bagi Lembaga-lembaga pendidikan, dan ini fokus dewan pendidikan Kota Bima pada Pendidikan Karakter siswa yang berwawasan kebangsaan dan nilai-nilai moral. Ungkapnya.




"Saat sekarang ditengah masyarakat marak terjadi ancaman busur panah yang dilakukan oleh orang tidak dikenal, usut punya usut diduga dilakukan oleh anak dibawah umur yang statusnya masih SMP dan SMA. Ungkapnya.



Pendidikan karakter ini kata Mantan Kadis Dikbud Kota Bima ini, sebagai upaya memperbaiki mental dan karakter anak-anak didik. " Anak tidak hanya diajarkan untuk bisa membaca dan menulis, juga ahlaknya harus diperkuat, diantaranya menjauhi Narkoba dan perilaku melanggar hukum." Tegasnya.



Program pendidikan karakter ini menurut dia, sangat efektif dan sungguh diharapkan para orang tua siswa, mungkin nantinya bisa kita buat Pertemuan umum dengan menghadirkan narasumber seperti Dari Kodim 1608 Bima, Polres Bima Kota, jika perlu Wali Kota Bima. Jelasnya.



Semua ini kata Abdul Azis, semata-mata menyangkut kemajuan mutu pendidikan di daerah yang lebih baik dan nyata." Saat ini Kami Dewan Pendidikan sedang menyusun program itu dan jadwalnya, semakin cepat makin bagus, dalam rangka terwujudnya karakter siswa yang berwawasan kebangsaan. Jelas Abd.Azis di ruang kerjanya Dewan Pendidikan Kota Bima 7 Pebruari 2022. ( jev londa).