PJ WALIKOTA BIMA DINILAI SUDAH TAK SANGGUP TERTIBKAN PKL, SEJUMLAH LOKASI PKL DIBIARKAN SEMBRAWUT

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PJ WALIKOTA BIMA DINILAI SUDAH TAK SANGGUP TERTIBKAN PKL, SEJUMLAH LOKASI PKL DIBIARKAN SEMBRAWUT

Selasa, 16 April 2024

 


Kota Bima. Londa Post.- Sungguh banyak pihak menyesalkan kinerja Pj Walikota Bima yang dinilai tidak sanggup menertibkan kegiatan usaha Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di sejumlah titik di daerah ini. Pada hal keberadaan Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum sejak pelantikan 26 September 2023 lalu (6 bulan berjalan), sudah semestinya ada perubahan keindahan Kota Bima. Penertiban PKL adalah prioritas Walikota sebelumnya yang harusnya dilanjutkan oleh seorang Penjabat Walikota.

Seperti keberadaan PKL di per-empatan jalan Utama Ir.Sutami Raba, dikawasan lapangan pahlawan Raba, termasuk PKL sebelah barat Puskesmas Mpunda. Jika kita lirik PKL di Per-empatan jln Ir.Surami Raba, tampak deretan lokasi PKL yang banyak pihak menilai mengganggu lintasan kendaraan umum dan memberi kesan pandangan tidak elok bagi warga terutama wisatawan asing yang masuk di Kota Bima.

" Keberadaan Rumah Sakit Usaha Pribadi (RS.Dr Agung) saja sudah cukup mengganggu pengguna jalan, ditambah lagi keberadan Usaha PKL dikawasan per-empatan jalan itu mestinya Pemkot Bima khususnya Pj Walikota Bima harus tertibkan PKL tersebut." Jelas H.Ramli tokoh warga Kota Bima.

Menurut H.Ramli, semestinya pemerintah dalam hal ini Dinas Koperindag, DLH dan Satpol.PP setempat, harus sterilkan tempat itu karena Lintasan Jalan Utama. Anehnya deretan usaha PKL itu dekat sekali dengan kediaman Pj Walikota Bima." Saya sering lihat Pak Pj walikota Bima yang laksanakan shalat menuju Mesjid melewati Usaha PKL warga ini, namun tidak pernah di gubris." Ucap Aji Ramli kepada Londa Post saat di Lokasi 16 April 2024 Selasa Pagi tadi.

Kadis Koperindag dan Kadis DLH Kota Bima Ir.Tafsir dikonfirmasi, belum memberikan tanggapan. Sementara Plt Kasat Pol-PP Drs.H.Alwi Yasin,M,Si dikonfirmasi mengatakan; Pihaknya mengaku belum bisa bertindak sebelum OPD terkait soal PKL itu." Sebagai Kasat Pol.pp, meminta kepada OPD terkait menjadikan atensi khusus keberadaan PKL yang dinilai mengganggu kepentingan umum dan keindahan Kota terutama Dinas Koperindag dan DLH untuk melakukan tindakan lebih lanjut, baru kami Satpol PP tindaklanjut." Jelas Kasat.

Sebagai Informasi Publik. Saat ini Slogan Kota Bima sudah diganti oleh Pj Walikota Bima Ir.H.Rum menjadi Kota Bima Gemilang. Rum mengatakan, slogan yang diusung pada masa kepemimpinannya ini merupakan rangkaian dari visi yang dipakai saat kepemimpinan eks Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dengan tagline NTB Gemilang. Rupanya slogan ini muluk-muluk yang tidak mampu diwujudkan. Terbukti..sederet kepincangan seperti Penataan PKL, pengamanan Asset daerah, dan kebersihan kota Bima, jauh dari apa yang diharapkan rakyat Kota Bima selama 6 bulan Pj Walikota memimpin daerah ini.

BAGAIMAN BISA PJ WALIKOTA BIMA BISA LOLOS DI-AJANG EVALUASI KINERJA PJ TRIWULAN PERTAMA OLEH KEMENDAGRI RI JANUARI 2024 LALU, SEDANG SEDERET INDIKATOR YANG TIDAK JAUH DARI TUGAS PEMBANGUNAN, PEMERINTAH DAN KEMASYARAKATAN  DINILAI PUBLIK JAUH DARI HARAPAN. Kita tunggu evaluasi kinerja Pj Walikota Bima Triwulan Ke-II oleh Kemendagri RI beberapa hari kedepan. (Jev londa).