PKBM RIDHO ILLAHI LEWIRATO, GELAR UJIAN SEMESTER GENAP TAHUN 2023-2024

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PKBM RIDHO ILLAHI LEWIRATO, GELAR UJIAN SEMESTER GENAP TAHUN 2023-2024

Sabtu, 09 Maret 2024

 Kegitan Mid Semester PKBM Ridho Illahi Lewirato Kec.Mpunda 9 Maret 2024 (Dok.Londa Post)



Kota Bima.Londa Post.- Puluhan Warga Masyarakat Semangat Mengikuti Ujian Semester Genap pada salah satu PKBM di Kota Bima. Pantauan langsung Media "Londa Post" dilapangan menunjukkan, tercatat puluhan warga masyarakat yang menuntut ilmu di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) RIDHO ILLAHI Kelurahan Lewirato, Kecamatan Mpunda Kota Bima bertempat di SDN 40 Kota Bima.


Ujian Mid Semester Genap PKBM Ridho Illahi dilaksanakan Sabtu- Minggu tanggal 9-10 Maret 2024 dengan mengambil tempat di SDN 40 Kota Bima. Ujian ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat, karena kerinduan untuk mendapatkan ijazah setara sekolah formal segera terwujud. Masyarakat peserta ujian berasal dari berbagai latar belakang profesi, dan juga karyawan swasta.


Kepala PKBM Ridho Illahi Kota Bima Rusbianti,S.Sos mengungkapkan, masyarakat binaanya sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan Ujian Mid Semester genap di PKBM tersebut, hal ini disebabkan mereka akan mendapatkan ijazah sebagai salah satu syarat agar diterima bekerja di instansi pemerintah dan swasta.

“Selama proses belajar kurang lebih 1 tahun mereka sangat bersemangat, karena setelah itu mereka mendapatkan ijazah,” terangnya.

Dijelaskan Rusbianti, berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 butir 10, menyatakan, PKBM sebagai salah satu satuan pendidikan nonformal dan wadah berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat untuk menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi, dan budaya.

“Jadi PKBM diatur dan dilindungi Undang-undang. Karena itu masyarakat tidak perlu ragu untuk belajar di PKBM,” terangnya.

Selain itu untuk pelaksanaan ujian Mis Semester genap saat ini, PKBM Oi Ni'u dibawah Pimpinan Srikartiningsih alias Ibu Lulu, yang berasal dari Kecamatan RasanaE Barat juga ikut bergabung. 

“Kami berusaha untuk terus mengembangkan lembaga kami dalam hal mutu / kualitas dengan tujuan agar tercapai kepuasan dari siswa dan orang tua sehingga kami dapat menjadi lembaga terdepan, untuk membina warga,” jelasnya.


Pada proses kegiatan Ujian Semester kali ini, ikut dihadiri Penilik Dikbud Kota Bima Drs.Abd.Haris dan juga Pimpinan LSM Formasi NTB M.Haddi,SH. Pimpinan Lembaga yang memiliki sepak terjang dibidang pencegahan tindak pidana Korupsi daerah ini M.Haddi kepada Londa Post, mengapresiasi kiprah PKBM Ridho Illahi. 


" Saya acungi jempol kiprah PKBM Ridho Illahi yang tidak hanya antusias warga belajar mengikuti mid Semester, juga Pimpinan lembaga PKBM Ridho Illahi Ibu Rusbianti,S.Sos punya nawaitu dan komitmen kuat mewujudkan cita-cita negara mencerdaskan masyarakatnya, dan dana bantuan Kemendikbud RI dikucurkan untuk operasional Lembaga PKBM-nya berjalan sesuai asas manfaat." Jelas Bung Haddi.


Sekedar Info Publik daerah ini. PKBM Ridho Illahi dengan program Kesetaraan Paket A,B dan C pada akhir tahun 2022 lalu, adalah salah satu PKBM di Kota Bima yang cukup kreatif dan inovatif membawa warga belajar sukses dalam ketrampilan Tata Busana. Ini berkat tekad kuat Pimpinan PKBM Ridho Illahi menerapkan pendidikan kecakapan Kerja (PKK) pada warga belajarnya. Sehingga pada september 2022 pihak Dikbud  Kota Bima menunjuk PKBM Ridho Illahi Lewirato sebagai pusat percontohan kegiatan PKK dan diresmikan langsung oleh Sekretaris Dikbud Kota Bima Taufikurrahman, Spd,M.AP. ( Jev Londa).