PJ WALIKOTA BIMA BERLAMA LAMA TINGGAL DI HOTEL SEBAGAI RUMAH DINAS, ADA POTENSI KERUGIAN KEUANGAN NEGARA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PJ WALIKOTA BIMA BERLAMA LAMA TINGGAL DI HOTEL SEBAGAI RUMAH DINAS, ADA POTENSI KERUGIAN KEUANGAN NEGARA

Selasa, 05 Desember 2023

 


Hotel Mutmainnah Kota Bima, Rumah Dinas Pj Walikota Bima NTB Ir.H.Mohammad Rum,MT


Kota Bima. Londa Post.- Banyak elemen menilai dan membayangkan saat ini " Kota Bima bagai Jatuh tertimpa tangga," sulit bangun untuk berdiri tegak apalagi merangkak dan berjalan menuju lorong kemajuan. Pasalnya; Ditengah prahara dugaan kasus Korupsi dan Nepotisme yang melilit mantan Walikota Bima HM.Lutfi yang kasusnya sedang ditangani KPK, termasuk sedang proses penyidikan sejumlah saksi baru dari puluhan saksi-saksi sebelumnya, tertayang pula " SOROTAN MASYARAKAT SOAL PJ WALIKOTA BIMA HM.RUM" yang berbulan-bulan tinggal di Hotel Mutmainnah sebagai rumah dinasnya adalah Pemborosan keuangan APBD.


Tiswan Surya Ningrat,SH,MH, yang juga salah satu Tokoh Partai Politik Berlambang Beringin Kota Bima ini, kepada Londa Post mengungkapkan; Pihaknya menyesalkan kebijakan Pj Walikota Bima yang memiliki jangka waktu pendek dan terbatas tidak memiliki "Sense of crisis" atau kepekaan kondisi ekonomi masyarakat Kota Bima yang PAD-nya kecil dan APBD- nya minim.


" Sebagai Pj walikota Bima, seharusnya hemat dan efisien dan efektif untuk tidak menyewa Hotel sebagai rumah Dinasnya, lebih baik membatu pengadaan air bersih warga yang sulit terjangkau saat musim hujan ini, lagi pula sewa hotel adalah syistim harian 1,7 juta perhari jika dihitung 1 bulan 51 juta rupiah dan ini sudah berjalan 80 hari sejak tanggal 27 September 2023." Ucapnya.


Tidak hanya itu kata dia, dengan syistem harian pembayaran Hotel Mutmainnah rumah dinas Pj walikota Bima, patut dipertanyakan darimana sumber anggarannya untuk pembayaran harian sementara proses pencairan Gu bagian umum bukan setiap hari." Ini patut dipertanyakan, lagi pula potensi kerugian negara karena sewa harian, sementara kacamata publik menyoroti selama satu bulan ada sekitar 10 hari akumulasi Pj Walikota Bima tidak berada di Hotel karena tugas luar daerah, kendati 10 hari pj walikota Bima tidak menempati hotel tetap saja dibayar, ini APBD dirugikan." Ucapnya.


Yang lebih mirisnya lagi kata Tiswan, rumah dinas Plt Walikota Bima yang sudah ada sebelumnya yaitu di Gedung (Kamar bola) sudah dialihkan menjadi Kantor Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Bima, sehingga rumah dinas Pj Walikota Bima malah menyewa Kamar Hotel Mutmainnah yang mewah untuk dijadikan sebagai rumah dinas jabatan Pj Walikota Bima." Mestinya Pj Walikota Bima menyarankan Sekda dan bagian umum untuk pengadaan kontrak rumah warga untuk rumah dinas sementara pj walikota Bima, dan disisi lain pula dapat dipertanyakan apakah Renovasi rumah pribadi Pj walikota Bima saat ini sumber anggaranya darimana ?, ini adalah bagian dari sorotan publik." Ucapnya.


Pihaknya meminta kepada DPRD Kota Bima untuk segera memanggil pihak terkait dijajaran pemkot Bima guna mempertanyakan sampai Kapan Pj Walikota Bima tinggal di hotel melayani publik." Dan Untuk ke-dua kali Saya minta Pada Pihak DPRD Kota Bima yang secara kelembagaan melakukan EVALUASI SECARA KRITIS KINERJA PJ WALIKOTA BIMA PER 3 BULAN, ini wajib DPRD, karena ini berpotensi merugikan keuangan daerah,  termasuk sejauh mana kiprahnya yang dapat diwujudkan untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan daerah oleh Pj Walikota Bima saat ini." Ucap Tiswan.


Pada berita media Londa Post sebelumnya, Ketua Komisi II DPRD Kota Bima yang membidangi anggaran Taufik H.Karim,SH kepada Londa Post mengatakan; Pihaknya mempertanyakan Pj Walikota Bima berlama-lama menempati Hotel dalam bentuk sewa harian sebagai Pandopo kediamannya." Mestinya pihak eksekutif mencari solusi menyewa rumah diluar ketimbang Hotel, dan setahu saya masih banyak rumah-rumah dikawasan Pusat kota ini yang layak dijadikan rumah sewa Pandopo sementara pj walikota Bima." Ucapnya.


Menurut dia, keberadaan Pj menempati sebuah hotel, akan menyulitkan rakyat bertemu dengan Pj kepala daerahnya." Kalau kalangan pejabat eksekutif atau legislatif tak masalah bersilaturrahmi dengan pj di hotel, tapi jika rakyat bawah sungguh enggan menemui Pj di hotel untuk menyampaikan langsung aspirasinya sekaligus silaturrahmi dengan pemimpin daerahnya." Jelas Taufik.


Kabag Umum Setda Kota Bima, Rosnah,S.Sos dikonfirmasi mengatakan, pihaknya membenarkan pj walikota Bima saat ini masih tinggal di Hotel Mutmainnah." Pak Pj walikota masih tinggal dihotel mutmainnah, karena rumah pribadi beliau sedang tahap renovasi, terkait sampai kapan pak pj menempati Hotel dimaksud, silakan tanyakan pak sekda." Ucap Rosnah. (Jev londa).