KEBIJAKAN PJ WALIKOTA BIMA BERI IJIN KONTEKS BONSAI DIHALAMAN KANTOR PEMKOT, DI SOROT BANYAK PIHAK

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

KEBIJAKAN PJ WALIKOTA BIMA BERI IJIN KONTEKS BONSAI DIHALAMAN KANTOR PEMKOT, DI SOROT BANYAK PIHAK

Jumat, 15 Desember 2023

 


Kota Bima. Londa Post.- Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum.MT dalam beberapa hari kedepan akan membuka Pameran dan Kontes Bonsai yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Bima. Hal ini dibuktikan persiapan tempat ajang kompetisi Bonsai di depan halaman Kantor Walikota bima sudah rampung.


Namun sejumlah pihak mempertanyakan, kenapa mesti diambil lokasi Halaman Kantor Walikota Bima untuk kegiatan ini, pada hal dari sejak dahulu Lokasi Pameran dan Konteks Bonsai daerah ini pihak PPBI melaksanakan di Area Asi Mbojo atau Taman Ria Raba. Bahkan masih banyak lokasi-lokasi lain yang layak dan strategis seperti di Lapangan Merdeka Bima, Lapangan Pahlawan Raba dan Eks Kantor Bupati Bima.


Lagi pula kegiatan Pameran dan Konteks Bonsai ini juga tidak ada esensi dalam rangka Memperingati Hari Jadi Kota Bima yang akan berlangsung di bulan April 2024 mendatang alias masih jauh waktunya. Publik mempertanyakan, apa gerangan yang mendorong Pj Walikota Bima memberi ijin digelarnya Konteks ratusan tanaman bonsai dengan jenis ukuranya terpampang dihalaman Kantor Walikota Bima tersebut.


Budiman,SH, DPW LSM Kipang NTB kepada Londa Post mengatakan; Semua kita pahami kontes dan pameran bonsai ini mendorong masyarakat untuk melestarikan alam dan lingkungan, menumbuhkan semangat untuk mencintai alam dan lingkungan hidup karena pohon sangat penting bagi kehidupan umat manusia. "  Namun jangan lupa pula Halaman Kantor Pemkot Bima, yang sudah ditata rapi, indah dengan ditumbuhi rerumputan yang dirancang bertahun-tahun, akan hancur diinjak ratusan pengujung Pameran Bonsai." Ucapnya.


Tidak hanya itu kata dia, saat ini musim hujan, tentu Pj Walikota Bima harus memahami dan Peka terhadap potensi kerusakan taman Halaman Kantor pasti terjadi, taman rumput yang dipelihara bisa rusak, karena nanti permukaan halaman akan bergelombang karena diinjak ratusan pengunjung." Lebih tidak lajimnya lagi dimanapun belum ada seperti ini, karena halaman depan Kantor adalah kewibawaan pemerintah, mestinya masih ada bagian samping kiri kanan atau ex kantor bupati Bima yang menjadi tempat dilaksanakanya kegiatan yang mengundang banyak orang siang malam ini, belum lagi tidak ada ketersediaan WC Umum disekitar area halaman Kantor Walikota Bima yang akibatnya kebersihan sulit dikontrol." Ucap Budiman.


Jaharuddin,SH salah seorang Tokoh masyarakat dan Pemerhati Pembangunan Daerah Kota Bima Kepada Londa Post mengatakan. Terkait kegiatan Pameran Bonsai oleh kelompok manapun adalah kegiatan positif. Namun perlu juga diperhatikan sikologi publik dalam hal penentuan lokasi Konteks tanaman hias ini." Kenapa sih harus dipaksakan didepan tiang bendera halaman Kantor Walikota dan tempat upacara atau apel pagi ASN, dibagian samping juga ada ex kantor Bupati Bima yang cukup luas bisa digunakan." Ucapnya.


Menurut Jaharuddin, Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum,MT belum memahami tugas pokoknya selaku Penjabat kepala daerah yang diangkat oleh Pemerintah Pusat." Pj walikota Bima mestinya menjawab apa kebutuhan masyarakat dibawah, saat ini rakyat kehilangan kepercayaan pada pemimpinnya yang tengah tersandung kasus korupsi di KPK, harusnya Pj walikota segera mengembalikan dan membangkitkan semangat kepercayaan rakyat pada pemimpinya. Bukan membangun Opini dengan janji-janji yang dinilai publik sulit diwujudkan.


Menurut dia, waktu pj walikota Bima tidak banyak. Program apa yang menyentuh langsung kemaslahatan rakyat harus ditunjukkan seperti percepat layanan air bersih dengan dibangunnya UPTD penanganan Air Bersih. Lakukan pemetaan wilayah dan titik titik rawan banjir dihadapi rakyat musim hujan ini, disamping penuntasan penurunan Stunting, inflasi dan sukses Pemilu di Kota Bima." Bila perlu gelar berulang kali pasar murah disamping kantor Pemkot Bima, ini yang menjadi fokus Pj Walikota Bima, bukan hal lain yang tidak esensial." Ucap jaharudin pada Londa Post 15 Desember 2023 jumat siang tadi.


SEKEDAR INFO PUBLIK. DI TAHUN 2022 lalu, tepatnya 11 Juli 2022. Pemkot Bima melaksanakan kegiatan Proyek Penataan Halaman (Landscape) Kantor Wali Kota Bima dengan pagu dana sebesar RP. 1. 980.239.000 dikerjakan oleh " CV. Berkah Idaman." Betapa hebatnya Walikota sebelumnya yaitu H.Muhammad Lutfi,SE, mencetuskan ide untuk menata cantik halaman Depan Kantor Walikota Bima. Ini semata-mata lambang kewibawaan PEMKOT BIMA. Lantas segampang ini Pj Walikota Bima menjadikan Halaman Depan Kantor yang ditata indah " sebagai obyek pamer dan lelang Tanaman Bonsai seperti saat ini. SUNGGUH SANGAT TIDAK LAJIM. (Jev londa).