KEPEMIMPINAN IDP BUPATI BIMA DAN HML WALIKOTA BIMA, SUKSES PERTAHANKAN PREDIKAT WTP KEHEBATANYA MENGELOLA KEUANGAN DAERAH

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

KEPEMIMPINAN IDP BUPATI BIMA DAN HML WALIKOTA BIMA, SUKSES PERTAHANKAN PREDIKAT WTP KEHEBATANYA MENGELOLA KEUANGAN DAERAH

Jumat, 12 Mei 2023

Bima-Kota. Londa Post.- Sungguh luar biasa Capaian KABUPATEN BIMA DAN KOTA BIMA MERAIH DAN MEMPERTAHANKAN PREDIKAT WTP berturut-turut 5 hingga 9 tahun bagi 2 (dua) daerah di kawasan Timur Propinsi yang dijuluki Bumi Gora ini (NTB).


Tidaklah gampang meraih WTP apalagi bertahan terus menerus tiap tahun bagi suatu daerah. Opini WTP bermanfaat dalam mengawal tata kelola keuangan yang baik. Opini WTP diberikan oleh BPK dengan empat kriteria yaitu kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundangan, efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI), dan kecukupan pengungkapan.


Pemerintah Kabupaten Bima di bawah kepemimpinan Bupati Hj. Indah Dhamayanti Putri dan Wakil Bupati H. Dahlan M.Noer kembali mempertahankan Predikat  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan  Provinsi NTB.


Penyerahan piagam dari BPK tersebut berlangsung Jumat (12/5) oleh Kepala BPK Perwakilan NTB Ade Iwan Ruswana, SE,M.M. Ak, CA, CSFA di mana kepada Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri SE yang hadir bersama Ketua DPRD Kabupaten Bima Muhammad Putera Ferryandi, S.IP di Auditorium Lantai III kantor BPK setempat. 


Bupati Bima yang juga hadir bersama Wakil Bupati Drs.H Dahlan M.Noer,  Inspektur H.Abdul Wahab Usman SH, M.Si dan Kepala BPKAD Adel Linggi Ardi, SE dalam penjelasan setelah penerimaan piagam WTP tersebut menyampaikan. Predikat WTP tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bima Tahun 2022. 


Penghargaan ini diraih saat pemerintahan Dinda-Dahlan memasuki tahun ketiga Periode II memimpin Kabupaten Bima setelah pada periode I juga berhasil mempertahankan 5 Kali WTP.


Kesempatan yang sama juga diraih Pemerintah Kota Bima dibawah kendali Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE bersama Wakil Walikota Bima Ferry Sofyan,SH. Pemerintah Kota Bima pada tahun 2023 berhasil mendapatkan penilaian dan pemeriksaan tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2022 dengan capaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Provinsi NTB.


Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD tersebut diterima secara langsung oleh Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE didampingi Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan, S.Adm, bertempat di Jalan Udayana No. 22 Auditorium Kantor BPK RI Provinsi NTB, Kota Mataram pada Jum’at, 12 Mei 2023.


Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE didampingi Asisten 3 Setda Kota Bima Drs. Adisan, Kepala Inspektorat Kota Bima Drs. H. Azhari, M.Si, Kepala BPKAD Kota Bima dan Kepala Bidang Akuntansi BPKAD Kota Bima Hj. Suhadah, SE., MM.


Sekedar info publik. Manfaat dari Predikat WTP bagi suatu daerah ini cukup dalam. Sebab, ini adalah pagar pengaman bagi semua agar setiap APBD, setiap rupiah betul-betul terasa manfaatnya oleh rakyat. Kesesuaian dengan standar akuntansi Pemerintahan (SAP) berarti laporan keuangan telah disusun dengan regulasi yang baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban. 


Dari beberapa manfaat diperolehnya opini WTP, pada akhirnya predikat opini WTP merupakan  wujud pertanggungjawaban tata kelola keuangan daerah yang tranparan dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan perekonomian di daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dan inilah sudah mampu diwujudkan oleh BUPATI BIMA HJ. INDAH dan WALI KOTA BIMA H. M.LUTFI. (Jev londa).