Drs. Abd.Azis,Mpd: Seluruh Elemen Daerah "Maja Labo Dahu" ini, Harus Menata Jati Diri, Merajut Hubungan dan Menciptakan Kemajuan Kota Bima

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Drs. Abd.Azis,Mpd: Seluruh Elemen Daerah "Maja Labo Dahu" ini, Harus Menata Jati Diri, Merajut Hubungan dan Menciptakan Kemajuan Kota Bima

Selasa, 21 Februari 2023


              Drs. Abd.Azis,Mpd. 
Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima


Kota Bima.- Londa Post. - Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima Drs.Abd Azis,Mpd menekankan pentingnya menjaga integritas dan jati diri ASN serta mampu menjaga marwah keberadaanya selaku Abdi negara dalam mewujudkan Kota Bima yang maju dan sejahtera.


Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), perlu diingatkan kembali jati dirinya. Seperti yang tertulis dalam namanya, Aparatur Sipil Negara selayaknya bukan sekedar hanya diketahui Abdi Negara atau Pegawai Pemerintahan, melainkan perlu memahami nafas keberadaanya bahwa ASN adalah pegawai Negara yang wajib menjunjung aturan Negara dan Daerahnya. Jelas Abd.Azis


Dalam upaya menata dan membangun jati diri itulah yang bisa menjadikan negara dan daerah ini bisa maju dan sejahtera. " elemen ASN dalam Bangsa ini, harus saling bersanding dan berbagi, seiring sejalan, mempererat tali silaturahmi, dalam meniti jembatan mencapai apa yang dicitakan oleh bangsa dan daerah kita ini." Ucapnya.


Seluruh elemen Daerah Kota Bima ini terutama para Pejabat Struktural dan Fungsional, harus menata jati diri, merajut hubungan dan menciptakan kedamaian daerah dalam rangka terselenggaranya Pemerintah daerah yang bersih, berwibawa serta utuhnya semangat persatuan dalam bingkai NKRI kita. Jelas Abd.Azis.


Saya mencoba mengangkat topik ini, berangkat dari statemen Kepala Daerah (Wali Kota) Bima pada acara Pelantikan Sejumlah Pejabat struktural dan Fungsional daerah ini pada 20 Pebruari 2023 Senin siang tadi yang saya kutip pada Pemberitaan sejumlah media daerah ini.


" Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) dalam arahannya, menyampaikan agar para pejabat yang memegang amanah memiliki rasa lebih takut kepada Allah. Sebab jabatan yang diberikan ialah sebuah amanah dan kepercayaan.


"Namun masih banyak orang yang tidak bersyukur, sudah diangkat, tetapi kurang bermoral dan mengabaikan. Saya sampai berfikir bahwa diri saya kurang cerdas, tidak bisa membedakan mana orang-orang yang pantas mengemban amanah dengan baik," ungkap Wali Kota Bima.


Tidak hanya itu Pernyataan Wali Kota Bima menurut Abd.Azis. Disetiap pelantikan, HML selalu menyampaikan pesan moral agar pejabat-pejabat terhindar dari perbuatan amoral, serta tidak melanggar kode etik ASN. Sebab apabila seorang ASN melanggar, maka akan dihukum sesuai UU yang berlaku.


" Kita seluruh elemen Daerah ini terutama jajaran ASN harus bersatu padu, menyamakan langkah, mendorong dan mendukung arah kebijakan Kepala Daerah sesuai Visi- Misinya memajukan Kota Bima untuk kesejahteraan rakyat." Ucapnya


Abd. Azis menekankan, pentingnya sinergi antara Eksekutif dan Masyarakat. Para Pejabat harus memahami tupoksi masing-masing, dan dalam pilar good governance, masyarakat harus didorong untuk kuat dan bersatu, dimana di dalamnya pilar-pilar good governance seperti transparansi, akuntabilitas dan partisipasi menjadi faktor utama pendorong penguatan masyarakat itu. Jelasnya.


Lebih jauh dikatakanya, Walikota Bima HML sudah semaksimal meningkatkan kapasitas pemerintah daerah, dengan sederet torehan penghargaan yang diraih, bahkan Kota Bima sudah mampu bersaing dengan daerah-daerah yang sudah lama terbentuk.


" Yang saya tahu selama kepemimpinan Wali Kota Bima HML, Sekarang ini banyak Perda yang mengatur transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat. Dan ini diperlukan Komitmen pejabat untuk saling sinergi dan harmonisasi, berkolaborasi edukasi publik, agar masyarakat tidak apatis dengan sebuah peraturan daerah. 


Dalam hal pengangkatan Jabatan Pejabat Struktural dan Fungsional di Kota Bima menurut Ketua Dewan Pendidikan ini, sesuai kematangan dan  kemampuanya melalui Seleksi Oleh Tim JPT dan Baperjakat." Tidak ada Nepotisme atau istilah Jual beli jabatan. Namun demikian, bagi yang belum terakomodir menduduki jabatan tentunya harus bersabar. Dan patut disadari, tidak semua kebijakan itu akan memuaskan semua pihak, pasti ada yang merasa tidak puas. Pungkasnya.


Tanpa berlebihan, pihaknya meminta agar para Pejabat yang sudah diberi amanah oleh HML saat ini, tentu tidak hanya loyal dalam menjaga polise dan kebijakan pimpinan Daerah, juga dirapkan timbal balik komitmen hati nuraninya mensukseskan HML untuk terus berkiprah  pada 5 tahun kedepan pengendali Roda Pemkot Bima ini. Harapnya. (jev londa).