SDN 5 RABANGODU UTARA GELAR RAKER PENYUSUNAN RKAS TAHUN 2023

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

SDN 5 RABANGODU UTARA GELAR RAKER PENYUSUNAN RKAS TAHUN 2023

Selasa, 27 Desember 2022




Kota Bima. Londa Post - Sekedar pemahaman publik, Pendidikan merupakan  salah satu bagian yang sangat penting dalam pembangunan sumber daya manusia, oleh sebab itu dalam rangka  peningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan, maka dipandang perlu adanya upaya yang dilaksanakan secara terencana, terarah, dan terpadu.


Hal ini dilakukan, untuk menyempurnakan kegiatan-kegiatan sekolah, sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan lebih optimal dan memenuhi harapan semua pihak yang berkepentingan (stakeholders). Upaya dan langkah itulah yang sudah dilakukan oleh SDN 5 Kota Bima yang merupakan SDN teladan daerah ini. 


Sesuai dengan Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan berkewajiban menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).


Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah adalah rencana biaya dan pendanaan program atau kegiatan untuk 1 (satu) tahun anggaran baik yang bersifat strategi ataupun rutin yang diterima dan dikelola langsung oleh sekolah. Penyusunan RKAS merupakan salah satu syarat dan alat ukur untuk dicairkannya Dana Operasional Sekolah (BOS) dan Biaya Operasional Pendidikan (BOP).


Bertempat di SDN 5 Raba Ngodu Utara telah terselenggara kegiatan rapat RKAS 2023. Jum'at (20/12/2022) baru lalu. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini dibuka secara langsung oleh Bapak Muhammad Humaidin ,MPd selaku Kabid Dikdas Dikbud Kota Bima. Kegiatan ini di Hadiri oleh Korwas, Kepala Sekolah SDN dan Guru Guru di SDN 5 Kota Bima.


Dalam penyusunan RKAS, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana. Sangat mungkin suatu program dibiayai dengan subsidi silang dari berbagai pos atau sumber dana. Dengan adanya penyediaan dan pengelolaan Dana BOS dapat berjalan sesuai yang dibutuhkan, harus dapat dilakukan secara tertib, efektif, efisien, dan ekonomis.


" Semoga dengan dilaksanakannya penyusunan RKAS secara bersama-sama dan terbuka ini diharapkan tidak terjadi masalah dikemudian hari karena keputusan RKAS disepakati oleh seluruh steakhold SDN 5 Raba Ngodu Utara Kota Bima. " papar Kasek SDN 5 Raba Suhardin, S.pd, M.Si. (Jev londa).