Dewan Pendidikan Kota Bima : Kasek Harus Sinergi Dengan Komite Sekolah Demi Kemajuan Pendidikan

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Dewan Pendidikan Kota Bima : Kasek Harus Sinergi Dengan Komite Sekolah Demi Kemajuan Pendidikan

Sabtu, 01 Oktober 2022

 


Kota Bima. Londa Post.- Dalam rangka keberlangsungan kesuksesan proses pendidikan di satuan lembaga sekolah, dibutuhkan sinergi dan kerjasama antara kepala sekolah dan komite sekolah setempat demi kemajuan pendidikan yang berkualitas.


Demikian disampaikan Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kota Bima Drs.Abd. Azis,MM saat kunjungan lapangan disejumlah SDN beserta Tim binaan di Wilayah Kecamatan Asakota Kota Bima 1 Oktober 2022 Sabtu tadi. Adapun sejumlah SDN kunjungan kerja Tim DP Kota Bima Awal Oktober 2022 diantaranya; SDN No.13 Kolo, SDN 34 Bonto, dan SDN 68 Kolo Kecamatan Asakota.

 

Pantauan langsung Media Londa Post dilapangan menunjukkan; pada pertemuan antara Dewan Pendidikan Kota Bima dengan Kasek dan guru-guru setempat, Ketua DP Kota Bima menekankan pentingnya peranan Komite Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan disekolah.


Dalam arahannya Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima Drs. Abd. Azis, MM mengatakan; Sesuai dengan Permendikbud nomor 75 tahun 2016 tentang komite sekolah bahwa komite sekolah harus ada di setiap satuan pendidikan. “Fungsi dan peran komite sekolah adalah bersama kepala sekolah memetakan kebutuhan-kebutuhan yang ada di sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Jadi, peran komite sekolah saat ini berbeda dengan dahulu, kalau dulu hanya sebagai legalitas saja. Tetapi sekarang komite sekolah bersama kepala sekolah bisa merencankan program untuk kemajuan sekolah." ungkap Abd. Aziz.


Menurut dia, ada perbedaan dengan Permendikbud nomor 44 tahun 2002 tentang Komite Sekolah, ada beberapa hal penyempurnaan terkait fungsi dan peran sekolah.  Sekarang ini, komite sekolah memiliki peran yang sama dengan kepala sekolah yaitu saling bersinergi dan mendukung untuk kemajuan pendidikan. Jelasnya.


Dikatakanya, Dewan Pendidikan Kota Bima memiliki tugas melakukan pembinaan dan komunikasi dengan komite sekolah dan kepala sekolah untuk mendengar langsung aspirasi dan keluh kesah tentang persoalan pendidikan seperti halnya Guru Tidak Tetap (GTT), standart pelayanan nasional, zonasi dan sebagainya. “Hasilnya, nanti akan dikaji plus minusnya. Kami juga akan mengawal program pemerintah agar kualitas pendidikan bisa menyebar di tiap kecamatan." Jelasnya.


Abd. Azis menambahkan, Dewan Pendidikan Kota Bima memiliki tugas untuk menampung aspirasi masyarakat, mitra kerja Dinas Pendidikan, memberikan masukan kepada Dinas Pendidikan dan Walikota, menampung keluhan-keluhan dari kepala sekolah dan komite sekolah. Termasuk turut serta menyelesaikan persoalan-persoalan masalah pendidikan. “Contohnya, ada penyimpangan perilaku yang dilakukan siswa SMP. Kita fasilitasi untuk penyelesaian masalahnya agar tidak dibawa ke ranah hukum sehingga masa depannya bisa diselamatkan. Kalau sekarang dia salah atau khilaf, harus kita lakukan pembinaan. Ungkapnya.


Mantan Kadis Dikbud Kota Bima ini menekankan; Sekolah Sebagai tempat menimba ilmu, sepantasnya Pihak sekolah harus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak. Salah satu cara menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan adalah dengan menumbuhkan kehidupan pergaulan yang harmonis dan kebersamaan antar peserta didik dengan tenaga pendidik, orang tua serta masyarakat. Tindakan ini juga sebagai bentuk pencegahan Perundungan atau Bullying di lingkungan anak-anak. Paparnya. (Jev londa).