Pulihkan Pertanian Pasca Banjir 2021, Kadis Pertanian Serahkan Bibit Padi Untuk Petani Kota Bima

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pulihkan Pertanian Pasca Banjir 2021, Kadis Pertanian Serahkan Bibit Padi Untuk Petani Kota Bima

Rabu, 12 Januari 2022

Kota Bima Londa Post. - Banjir yang melanda Kota Bima pada akhir tahun 2021 baru lalu, selain merendam pemukiman masyarakat, juga merendam dan merusak area persawahan milik masyarakat. Tercatat sampai dengan akhir tahun 2021, banjir telah merendam  lahan sawah seluas 70,04 Ha di  4 Kecamatan, dari luasan tersebut mengalami puso (gagal panen) sekitar 63% atau seluas 43,79 Ha. 


Pada 12 Januari 2022 Rabu dini hari tadi, dilakukan penyerahan bantuan benih padi oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Bima, yang didampingi Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Petugas dari BPTP Prop. NTB, Kepala BPP dan Penyuluh kepada para kelompok tani yang terdampak banjir.

Bantuan benih padi tersebut adalah hasil koordinasi Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kota Bima dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Prop. Nusa Tenggara Barat. Benih padi yang diserahkan tersebut adalah hibah benih hasil pengembangan yang dilaksanakan oleh BPTP NTB, yaitu terdiri dari 950 Kg varietas Inpari 45 Dirgahayu (BR) dan 250 Kg varietas Inpari 46 GSR TDH (BP), jadi total hibah benih tersebut sebanyak 1.200 Kg (1,2 Ton). 

Kabid. Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kota Bima Abdul Najir, S.Pt.M.M dikonfirmasi diruang kerjanya Rabu tadi mengatakan," langkah strategi yang ia tempuh untuk  membantu Warga Petani Pasca banjir melalui bangun komonikasi dengan Dinas terkait di Propinsi. " Yah. Sy lewat jaringan hp meminta BPTP NTB untuk secepatnya mengakomodir Usulan kami di Daerah, khususnya Nasib Petani Kota Bima utnk pengadaan bibit padi." Jelasnya.


" Alhamdulillah para petani yang lahanya rusak dan padi- padi mereka terbawa arus banjir, sudah bisa menanam kembali dari bibit yang diterimanya tadi, musim penghujan tentu sudah berjalan sejak oktober 2021, kini sejumlah petani yang terkena dampak lahannya harus segera menanam bibit tersebut. Jelasnya.


Kadis Pertanian Kota Bima Sulistiyanto, S.Pt dalam sambutannya mengatakan; Pemerintah Kota Bima mewakili kelompok tani penerima hibah menyampaikan ucapan terima kasih kepala Bapak Kepala BPTP NTB dan Ibu Irma Mardian selaku petugas lapangan dari BPTP NTB atas bantuan tersebut, dengan harapan semoga bantuan tersebut bermanfaat dan dapat mengganti kerugian yang dialami oleh petani akibat banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu. 


Tidak hanya itu, pihaknya apresiasi kepekaan bawahanya Kabid Tanaman Pangan dan Holti, untuk ekstra cepat mendatangkan bantuan dari Propinsi bibit padi untuk warga tani terdampak banjir di Kota Bima." Sinergitas antara Dinas Pertanian Kota Bima dengan Pihak BPTB -NTB yang sigap dan cepat menyalurkan bibit padi untuk warga petani yang lahanya terdampak, sungguh sangat mulia dan amat bermanfaat untuk Petani Daerah Kota Bima. Jelas kadis. ( Jev Londa)