SUNGGUH MALANG NASIB PEMKOT BIMA, BANYAK SKPD KOSONG TAK ADA PIMPINAN

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

SUNGGUH MALANG NASIB PEMKOT BIMA, BANYAK SKPD KOSONG TAK ADA PIMPINAN

Sabtu, 04 Mei 2024


Kota Bima. Londa Post.-  Kekosongan jabatan di lingkungan Pemkot Bima berlangsung lama. Separoh OPD dijabat rangkap oleh seluruh Asisten dan staf ahli. Hal diakibatkan lambanya pergerakan Pj Walikota Bima Ir.HM.Rum melakukan pembenahan birokrasi jajarannya sejak awal kehadiranya. Lagipula posisi pj walikota Bima masih devinitif selaku Kadis PUPR Pemrof NTB yang dinilai kurang fokus terhadap tugasnya selaku pengendali roda Pemkot Bima.

Kota Bima saat ini termasuk satu daerah di Indonesia yang terkena aturan masa moratorium mutasi dan pelantikan pejabat struktural, seperti tertuang dalam UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. UU itu mengatur tentang larangan kepala daerah yang mengikuti Pilkada untuk memutasi atau melakukan promosi pejabat dalam rentang waktu enam bulan menjelang dan setelah Pilkada. Sementara di sisi lain, ada sejumlah jabatan strategis di Pemkot Bima yang kosong.

Catatan Media LONDA POST, Setidaknya ada sekitar 11 (Sebelas) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemerintah Kota Bima NTB saat ini yang belum ada pejabat devinitif termasuk 1 Camat, dijabat Oleh pelaksana tugas (Plt). Dari 11 SKPD tersebut, ada 5 OPD dijabat Rangkap oleh Pejabat Eselon II yang ada.

11 SKPD saat ini di pimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) yaitu: Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dijabat oleh Jamaluddin yang merangkap Sekretaris DKP. Sementara Plt Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Hj.Dewi Triyani, S.Sos.M.Si, OPD Disnakertrans Kota Bima Plt Abdul Haris,SE, M.Si, baru saja di jabat plt Staf Ahli H.Sukarno,SH, Staf Ahli Bidang Perekonomian keuangan, saat ini Kosong. Yang sebelumya dijabat Ahmad Mufrad, S.Sos yang telah dibatalkan oleh KASN baru lalu. Sementara Satpol PP dijabat rangkap asisten 1 selaku Plt. Sementara Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) ditunjuk Plt dari Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Drs. M. Nor A. Masjid. 

2 OPD Jabatan lowong diakhir tahun 2023 baru lalu, dikarenakan pejabat setempat Purna tugas 31 Desember 2023, diisi oleh 1 pejabat eselon 2 rangkap jabatan yaitu: Asisten II dijabat rangkap asisten III Drs.M.Saleh.

Untuk jabatan lowong mulai 1 mei 2024 dikarenakan pejabat purna tugas diantaranya: 1. Kepala BKPSDM dijabat Plt Kepala Inspektorat DRS.H.M.FAKHRUNRAJI,ME, Kadis Perhubungan dijabat Plt. H.Ahmadin, S.Sos, dan Camat Rasanae Timur Plt di Jabat rangkap Kabag Tatapem Setda Kota Bima Ahsanu Rahman,SH,MH.

SEKEDAR INFO PUBLIK DARI BIDIKAN RADAR LONDA POST, menunjukkan:  Dalam beberapa hari kedepan, Untuk jabatan Asisten II, Asisten III dan Kabag Kesra setda Kota Bima kosong dikarenakan menunaikan ibadah Haji. Sementara Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum sedang mempersiapkan pengunduran diri dari jabatanya Pj Walikota Bima untuk maju bertarung di Pilkada Kota Bima Nopember 2024 mendatang. APAKAH PJ WALIKOTA BIMA MASIH FOKUS URUSAN 3 BIDANG TUGASNYA, PEMERINTAHAN, PEMBANGUNAN DAN KEMASYARAKATAN. SILAKAN PUBLIK MENILAI. (Jev londa).