Disambut Meriah, Putri Wapres RI Hadiri Malam Peta Kapanca Pernikahan Warga Dodu Kota Bima

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Disambut Meriah, Putri Wapres RI Hadiri Malam Peta Kapanca Pernikahan Warga Dodu Kota Bima

Rabu, 17 April 2024

 

Kota Bima. Londa Post.- Usai Jadi Narasumber Kegiatan Talkshow di STIE Bima, Putri Wapres RI Prof. Dr. Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin, menghadiri acara Peta Kapanca di RT 07 RW 03 Kelurahan Dodu, Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima pada Rabu malam 17 April 2024.


Kehadiran Putri Wakil Presiden RI ini, mendapat pengawalan dari Paspampres dan sejumlah aparat TNI-POLRI yang ada di Bima. Diberitakan sejumlah media Regional bahwa kehadiran Ibu Prof Nur Azizah ini serangkaian undangan acara Peta Kapanca pernikahan adik kandung Ketua Umum DPP Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI), Syamsul Hidayah bernama 'Rofaidah Al Islamiyah,S.pi. putri dari Pasangan Juraidin,S.Sos - St.Hawa,SE.


Prof Dr. Nur Azizah hadir di Dodu didampingi sejumlah Istri Pejabat diantaranya: Istri Pj. Walikota Bima Hj. Dewi Wahyuni,SE, Istri Wakil Bupati Bima, Istri Ketua DPRD Kota Bima, Istri Dandim 1608 Bima, Istri Kapolres Bima Kota, Istri Wakil Ketua DPRD Kota Bima.


Sambutan tunggal mewakili keluarga istri Pj Walikota Bima Hj.Dewi Wahyuni,SE memaparkan; Tradisi Peta Kapanca ini adalah budaya turun temurun yang melekat di tanah Bima. Kegiatan sakral ini, dilaksanakan satu hari sebelum prosesi akad nikah atau resepsi pernikahan.


" Dalam bahasa Daerah Bima, “Peta” berarti melumat dan “Kapanca” berarti Daun Pacar. Makna dari tradisi Peta Kapanca ini, yakni melumatkan daun pacar pada kedua telapak tangan calon pengantin wanita." Jelas Umi Dewi sapaan akrab Ketua TIM.PKK Kota Bima ini.


Kita berharap agar tradisi Peta Kapanca jangan pernah pudar, karena Tradisi Peta Kapanca sebagai warisan budaya kita harus kita lestarikan dan pertahankan, apalagi dalam beberapa hari kedepan, Kota Bima dihadapkan pada acara Festival Rimpu, tentunya Budaya Rimpu bagi kaum hawa adalah warisan Budaya daerah Bima yang semakin tahun diera sekarang semakin di kenal dunia karena masuk nominasi ajang budaya daerah ditingkat nasional beberapa waktu lalu." Jelas Umi Dewi.


Pantauan Media Londa Post dilapangan menunjukkan; Terlihat tatapan Putri Wapres Terkesimak menyaksikan acara Peta Kapanca ini, karena sebelum memasuki acara inti didahului syair-syair dan zikir bernuansa Islami yang serentak dibacakan oleh para gadis Remaja Grup Marawis Dodu, belum lagi sambutan penuh hangat dan kekeluargaan oleh ratusan ibu-ibu atas kehadiran Ibu Prof Nur Azizah yang hadir di-area lapangan Voly Ball Dodu tempat acara ini berlangsung.


Kehadiran Putri Wapres atas undangan Syamsul Hidayah ini, tidak sekedar hadir pada acara Peta Kapanca pernikahan adik kandungnya di Dodu Bima, namun lebih dari itu." Saya ingin memperkenalkan secara langsung budaya Bima kepada Siti Nur Azizah Putri Wapres RI baik kebudayaan Peta Kapanca bagi gadis melepas lajangnya, juga kebudayaan lain yang masih terpateri di tanah Bima. " ucap Putra Bima yang dipercaya selaku Ketua Umum DPP Barisan Muda Wirausaha Indonesia ini. 

Sekedar info Publik, Acara Resepsi Pernikahan "Rofaidah Al Islamiyah,S.pi," Putri dari Juraidin,S.Sos dan Ny.  St.Hawa,SE ini, akan digelar di Paruga Nae Kota Bima Kamis 18 April 2024. (Jev Londa).