PJ WALIKOTA BIMA OPTIMIS, 16 KELURAHAN 2024 TERATASI LAYANAN AIR BERSIH

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PJ WALIKOTA BIMA OPTIMIS, 16 KELURAHAN 2024 TERATASI LAYANAN AIR BERSIH

Rabu, 10 Januari 2024

 


Kota Bima. Londa Post.- Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, Ir.H.Mohammad Rum,MT membuat terobosan baru dalam rangka solusi penanganan Air Bersih bagi sejumlah Kelurahan di Kota Bima. Strategi pertama adalah membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) baru untuk mengatasi krisis air bersih berkepanjangan disejumlah Kelurahan Daerah ini.


Dirinya (HM.RUM) menjadikan program prioritas pengadaan air bersih dan persampahan bagi masyarakat. Program pembentukan UPTD Pengelolaan Air bersih bagi masyarakat ini, Mohammad Rum melakukan koordinasi dengan pihak propinsi dan Kemendagri dan sudah disetujui Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi.


Sesuai Rillis Dinas Kominfotik Kota Bima hari ini Rabu 10 Januari 2024 siang tadi, Penjabat Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT meninjau Sumur Dalam Terlindungi sebagai wujud upaya nyata Pemerintah Kota Bima dalam rangka mengentaskan ketersediaan air bersih di Kota Bima. 


H. Mohammad Rum menyampaikan, penyediaan air bersih melalui program sumur dalam terlindungi ini merupakan langkah serius pemerintah Kota Bima guna menciptakan keadilan yang merata terhadap kebutuhan air bersih.


Ia mengaku program ini bersumber dari anggaran perubahan APBD Kota Bima tahun 2023 senilai Rp. 1,2 Miliar, mencakup bor sumur dalam, penyambungan pipa air minum ditiap-tiap kepala keluarga penerima manfaat serta penyediaan aliran listrik tenaga surya yang dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat.


Selain itu juga sambungnya, pada tahun 2024 ini pemerintah Kota Bima telah membentuk UPTD Air Bersih selama kurun waktu 3 bulan ia menjabat selaku Penjabat Wali Kota dengan mengalokasikan anggaran senilai 13 miliar dengan cakupan 16 kelurahan yang terdampak kekeringan saat musim kemarau.


"Penyediaan air bersih ini salah satu fokus saya sebagai penjabat Wali Kota. Dengan terbentuknya UPTD Air Bersih ini sebagai upaya nyata penyediaan air bersih bagi warga. Selain itu juga diharapkan dapat menjadi solusi terbaik. Insya Allah pada 2024 ini layanan air bersih di Kota Bima teratasi," ujar H. Rum saat meninjau pembangunan sumur dalam terlindungi di Lingkungan Wenggo kelurahan Penanae.


H. Mohammad Rum juga berharap kepada masyarakat penerima manfaat sebanyak 200 KK agar dapat merawat dan mengelola apa yang diberikan oleh pemerintah.


"Insya Allah kita pastikan untuk penyediaan air bersih di Kota Bima pada tahun 2024 tuntas melalui pembentukan UPTD Air Bersih," pungkasnya.


Program mulia ini mendapat Apresiasi masyarakat, karena setiap tahun terutama di musim kemarau ada sejumlah Kelurahan dan Puluhan ribu warga daerah ini kesulitan mendapat pasokan air bersih. Kini harapan warga terwujud dengan terbentuknya UPTD Pengelolaan Air bersih dibawah naungan dinas PUPR Kota Bima. (Jev londa).